loading...

Manfaat Daun dan Buah Mengkudu Sebagai Obat Alami Berbagai Penyakit

Posted by

Manfaat Daun dan Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Mengkudu atau keumeudee ( aceh ) ; pace, kemudu, kudu ( jawa ) ; cangkudu ( sunda ) ; kodhuk ( madura ) ; tibah ( bali ) berasal tempat asia tenggara, tergolong didalam famili rubiaceae. nama lain untuk tanaman ini yaitu noni ( hawaii ), nono ( tahiti ), nonu ( tonga ), ungcoikan ( myanmar ) serta ach ( hindi ).

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1500 m. tinggi pohon mengkudu meraih 3-8 m, mempunyai bunga bongkol berwarna putih. buahnya adalah buah majemuk, yang tetap muda berwarna hijau mengkilap serta mempunyai totol-totol, serta saat telah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional, penduduk aceh memakai buah mengkudu sebagai sayur serta rujak. daunnya juga dipakai sebagai di antara bahan nicah peugaga yang kerap nampak sebagai menu harus buka puasa. dikarenakan itu, mengkudu kerap ditanam di dekat tempat tinggal di pedesaan di aceh. disamping itu mengkudu juga kerap dipakai sebagai bahan obat-obatan.

Asal-usul Mengkudu

Asal usul mengkudu tidak lepas dengan keberadaan bangsa polinesia yang menetap di kepulauan samudra pasifik. bangsa polinesia diakui datang dari ( asia tenggara ). pada th. 100 sm, bangsa yang populer berani mengembara. tanpa karena yang jelas mereka menyeberangi lautan meninggalkan tanah air mereka. ada kesan beberapa pengembara itu di kecewakan oleh satu perihal serta maksud menghindari diri dari kehidupan pada mulanya. sesudah lama mengembara, mereka hingga di lebih kurang polinesia, yakni kepulauan di lebih kurang pasifik selatan. beberapa petualang tersebut segera jatuh hati waktu lihat indahnya panorama, situasi pantai, serta pulaunya.

Uniknya, mereka seakan sudah menyiapkan diri untuk beralih ke pulau lain. perihal ini dapat dibuktikan karenanya ada sebanyak tumbuhan serta hewan yang turut dibawa, dikarenakan dikira mutlak untuk menjaga hidup. sebagian tumbuhan asli, layaknya pisang, talas, ubi jalar, sukun, tebu, serta mengkudu, dibawanya. diantara yang dibawa itu, tetap ada yang berbentuk stek serta tunas. di antara tumbuhan itu, yaitu mengkudu, dikira barang keramat. sejak 1500 th. lantas masyarakat kepulauan yang saat ini dimaksud hawaii itu mengetahui mengkudu dengan sebutan noni. mereka menduga tumbuhan bernama latin morinda citrifolia tersebut mempunyai banyak faedah. mereka memandangnya sebagai hawaii magic plant, dikarenakan buah ini diakui dapat menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Pohon
Pohon mengkudu tidak demikian besar, tingginya pada 4-6 m. batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, serta mempunyai akar tunggang yang tertancap didalam. kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, berbelah dangkal, tidak berbulu, anak cabangnya bersegai empat. tajuknya suklalu hijau selama th.. kayu mengkudu gampang sekali dibelah sesudah dikeringkan. dapat dipakai untuk penopang tanaman lada.

Daun
Mengkudi berdaun tidak tipis mengkilap. daun mengkudu terdapat berhadap-hadapan. ukuran daun besar-besar, tidak tipis, serta tunggal. memiliki bentuk jorong-lanset, berukuran 15-50 kali 5-17 cm. pinggir daun rata, ujung lancip pendek. pangkal daun berupa pasak. urat daun menyirip. warna hiaju mengkilap, tidak berbulu. pangkal daun pendek, berukuran 0, 5-2, 5 cm. ukuran daun penumpu beragam, berupa segitiga lebar. daun mengkudu bisa dimakan sebagai sayuran. nilai gizi tinggi dikarenakan banyak memiliki kandungan vit. a. yg tuturnya dapat mengobati ambein

Bunga
Bunga tersusun majemuk, perbungaan bertipe bongkol bulat, bertangkai 1-4 cm, tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh normal. bunga banci, mahkota bunga putih, berupa corong, panjangnya dapat meraih 1, 5 cm. benang sari tertancap di mulut mahkota. kepala putik berputing dua. bunga itu mekar dari kelopak berupa layaknya tandan. bunganya putih, harum.

Buah
Buah majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang menyatu serta bongkol dibagian dalamnya ; perubahan buah bertahap ikuti sistem pemekaran bunga yang diawali dari sisi ujung bongkol menuju ke pangkal ; diameter 7, 5-10 cm. permukaan buah majemuk layaknya terbagi didalam sekat-sekat poligonal ( sisi banyak ) yang berbintik-bintik serta berkutil, yang datang dari sisa akan buah tunggalnya. warna hijau saat mengkal, menyambut masak jadi putih kekuningan, serta selanjutnya putih pucat saat masak. daging buah lunak, tersusun dari buah-buah batu berupa piramida dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari mesokarp. daging buah banyak memiliki kandungan air yang aromanya layaknya keju busuk atau bau kambing yang timbul dikarenakan pencampuran pada asam kaprat ( asam lemak dengan sepuluh atom karbon ), c10 ), asam kaproat ( c6 ), serta asam kaprilat ( c8 ). dianggap ke-2 senyawa paling akhir berbentuk antibiotik aktif.

Kandungan dan khasiat buah mengkudu

Zat nutrisi : dengan total mengkudu adalah buah makanan bergizi lengkap. zat nutrisi yang diperlukan tubuh, layaknya protein, viamin, serta mineral mutlak, ada didalam jumlah cukup pada buah serta daun mengkudu. selenium, di antara mineral yang ada pada mengkudu adalah antioksidan yang hebat. beragam type senyawa yang terdapat saat mengkudu : xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dan lain-lain.


Manfaat Buah mengkudu bagi kesehatan
Terpenoid. zat ini menolong didalam sistem sintesis organic serta pemulihan beberapa sel tubuh.
zat anti bakteri. zat-zat aktif yang terdapat didalam sari buah mengkudu itu bisa mematikan bakteri pemicu infeksi, layaknya pseudomonas aeruginosa, protens morganii, staphylococcus aureus, bacillus subtilis, serta escherichia coli. zat anti bakteri itu juga bisa mengontrol bakteri pathogen ( mematikan ) layaknya salmonella montivideo, s. scotmuelleri, s. typhi, serta shigella dusenteriae, s. flexnerii, s. pradysenteriae, dan staphylococcus aureus.
Scolopetin. senyawa scolopetin amat efisien sebagi unsur anti peradangan serta anti-alergi.
Zat anti kanker. zat-zat anti kanker yang ada pada mengkudu sangat efisien melawan beberapa sel abnormal.

Xeronine serta proxeronine. di antara alkaloid mutlak yang terdapt didalam buah mengkudu yaitu xeronine. buah mengkudu cuma memiliki kandungan sedikit xeronine, namun banyak memiliki kandungan bahan pembentuk ( precursor ) xeronine dengan kata lain proxeronine didalam jumlah besar. proxeronine yaitu sejenis asam nukleat layaknya koloid-koloid yang lain. xeronine diserap beberapa sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur susunan serta wujud sel yang aktif.

Daun Mengkudu bermanfaat meredakan ambeien atau wasir serta meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Bagi penderita ambeien, sari daun mengkudu cukup cepat mengempiskan wasir yang membengkak. Manfaat itu akan dirasakan setelah mengonsumsi daun mengkudu.
  • mengonsumsi rebusan daun mengkudu juga sangat baik saat kondisi tubuhnya loyo karena kecapaian. minum rebusan mengkudu saat wasir kumat., khasiatnya cepat dan manjur..
  • Rebus dua lembar daun mengkudu dengan dua gelas air untuk konsumsi sekali. Setelah mendidih dan didinginkan, rebusan diminum untuk dua kali.
  • Sari daun mengkudu juga memi¬liki manfaat seperti halnya buah mengkudu. dari berbagai catatan kandungan mengkudu diketahui manfaat daun untuk mengobati beberapa penyakit.
  • Penyakit yang bisa disembuhkan dari olahan daun mengkudu di antaranya untuk demam, disentri, pusing, muntah dan mual, melancarkan pencernaan, sampai kejang usus. “Biasanya penggunaan dengan minum rebusan, tergantung untuk penyakit apa de¬ngan takaran beda-beda.
  • Sebagai obat penghantar kesembuhan ambeien, daun mengkudu memiliki senyawa yang bisa mempercepat pengempisan bengkak dan mengerutkan luka. Kandungan tersebut merupakan salah satu sifat anti radang dari bahan alami.
Selain itu, daun mengkudu banyak dijadikan bahan tambahan untuk racikan jamu pelangsing tubuh. daun mengkudu bisa dipadu dengan daun kemuning Jawa, temu giring, dan jeruk nipis. Sesuai takaran masing-masing bahan ditumbuk dan diberi air matang. Minum air sarinya dua kali sehari.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:22

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.