loading...

Macam macam Jenis Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Posted by

Berbagai Macam Jenis Pisang, Ciri ciri dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Jenis Pisang Tanduk

Kekhasan dari pisang tanduk ini ialah bentuk buahnya yang besar panjang dan melengkung seperti tanduk. Panjangnya dapat mencapai 30 cm. Pisang ini tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah. Berat per buah mencapai sekitar 300 g. Kulit buah tebal berwarna kuning kemerahan berbintik cokelat. Daging buah berwarna merah kekuningan, rasanya manis sedikit asam, dan aromanya kuat.

Menyehatkan saluran cerna Pisang mengandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Pisang juga mengandung pektin, yang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki efek antasid, yang membantu mencegah kekambuhan penyakit maag. Rutin makan pisang juga membantu mengurangi risiko kanker lambung. Jika Anda memiliki masalah pada lambung, cobalah tambahkan pisang ke dalam menu diet Anda, untuk membantu mengatasi masalah pencernaan.

Sumber kalium terbaik Makan pisang adalah cara termudah untuk tubuh kita memeroleh kecukupan potasium. Kandungan potasium pada pisang memberikan efek menenangkan pada pikiran yang sedang suntuk. Tingkat stres yang tinggi cenderung akan menguras kadar potasium dalam tubuh manusia. Dengan makan pisang, kita dapat membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan stres.

Meningkatkan fungsi ginjal Potasium pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi ginjal. Ketika tubuh Anda mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Kondisi ini akan membuat ginjal Anda tetap berfungsi baik, di samping juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.

Memperkuat tulang
Pisang memiliki kandungan prebiotik yang disebut fructooligosaccharide. Fructooligosaccharide memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih mudah. Hal itu berarti bahwa pisang akan membantu tubuh Anda menyerap kalsium, sehingga memberikan Anda dengan tulang yang kuat. Bahkan, kandungan potasium pada pisang dapat membantu mencegah hilangnya kalsium, yang berarti bahwa Anda memiliki risiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.

Turunkan tekanan darah Dokter sering menganjurkan pasien dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk menambahkan lebih banyak pisang kedalam diet mereka. Mengapa? Karena kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam pisang merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

Meningkatkan energi
Pisang kaya kandungan karbohidrat sehat yang berperan membantu meningkatkan energi. Makan pisang saat sarapan atau setelah latihan yang berat dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan energi tanpa harus mengonsumsi minuman manis.

Menyehatkan pengelihatan Makan pisang setiap hari dapat memberikan manfaat besar bagi penglihatan. Makan sedikitnya tiga porsi buah per hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan yang terkait dengan usia atau biasa disebut degenerasi makula. Seseorang yang mengonsumsi tiga atau lebih porsi buah per hari 36 persen lebih rendah untuk menderita degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi sehari. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai mengonsumsi pisang untuk mencegah kehilangan penglihatan lebih lanjut.

Memengaruhi mood
Pisang memiliki triptofan, senyawa asam amino yang membantu tubuh memproduksi serotonin. Neurotransmiter ini membantu Anda untuk merasa tenang dan menstabilkan suasana hati (mood) secara alami.

Jenis Pisang Nangka

Ciri pisang nangka, Pisang ini kulit buahnya tetap berwarna hijau walaupun sudah matang. Kulit buah ini agak tebal. Buahnya berukuran besar, panjangnya dapat mencapai 28 cm. Bentuk buah melengkung. Walaupun berukuran agak besar, pisang – yang berasal dari Malang, Jawa Timur, – ini hanya berbobot 150-180 g per buah. Daging buah berwarna kuning kemerahan dengan rasa manis sedikit asam dan aroma harum.

Manfaat jenis pisang nangka

Buahnya merupakan produk utama pisang. Pisang dimanfaatkan baik dalam keadaan mentah, maupun dimasak, atau diolah menurut cara-cara tertentu. Pisang dapat diproses menjadi tepung, kripik, ‘puree’, bir (Afrika), cuka, atau didehidrasi. Daun pisang digunakan untuk menggosok lantai, sebagai alas ‘kastrol’ tempat membuat nasi ‘liwet’, dan sebagai pembungkus berbagai makanan. Serat untuk membuat kain dapat diperoleh dari batang semunya. Bagian-bagian vegetatif beserta buah-buah yang tidak termanfaatkan digunakan sebagai pakan ternak; bagian-bagian vegetatif itu khusus dimanfaatkan jika pakan ternak dan air sulit diperoleh (batang semu itu banyak mengandung air).

Tanaman pisang (atau daun dan buahnya) juga memegang peranan dalam upacara-upacara adat, misalnya di Indonesia, untuk upacara pernikahan, ketika mendirikan rumah, dan upacara keagamaan setempat. Dalam pengobatan, daun pisang yang masih tergulung digunakan sebagai obat sakit dada dan sebagai tapal dingin untuk kulit yang bengkak atau lecet. Air yang keluar dari pangkal batang yang ditusuk digunakan untuk disuntikkan ke dalam saluran kencing untuk mengobati penyakit raja singa, disentri, dan diare; air ini juga digunakan untuk menyetop rontoknya rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

Cairan yang keluar dari akar bersifat anti-demam dan memiliki daya pemulihan kembali. Dalam bentuk tepung, pisang digunakan dalam kasus anemia dan casa letih pada umumnya, serta untuk yang kekurangan gizi. Buah yang belum matang merupakan sebagian dari diet bagi orang yang menderita penyakit batuk darah (haemoptysis) dan kencing manis. Dalam keadaan kering, pisang bersifat antisariawan usus. Buah yang matang sempurna merupakan makanan mewah jika dimakan pagi-pagi sekali. Tepung yang dibuat dari pisang digunakan untuk gangguan pencernaan yang disertai perut kembung dan kelebihan asam.

Panen dan Pasca Panen

Panen Buah pisang dipanen ketika masih mentah. Tingkat kematangan diperkirakan dari adanya siku-siku pada individu buah; buah yang penampang melintangnya lebih bulat berarti lebih matang. Sewaktu berat buah meningkat dengan cepat sejalan dengan menghilangnya siku-siku pada buah, buah pisang juga menjadi lebih rentan terhadap kerusakan selama pengangkutan, dan buah itu tidak dapat bertahan lama, karenanya harus dipetik lebih awal. Untuk memanen pisang diperlukan 2 orang, si pemanen dan si pengumpul. Si pengumpul menyandang bantalan bahu untuk menahan jatuhnya tandan setelah si pemanen menusuk batang pisang dengan parang, sehingga bagian atas pohon beserta tandannya merunduk.

Diperlukan satu galah bambu untuk menopang tandan sampai menyentuh bantalan di bahu: Setelah tandan itu merendah dengan cara begitu, si pemanen memotong gagang tandan dengan menyisakan sebagian gagang yang masih berada pada tandan, yang digunakan sebagai pegangan. Tandan-tandan itu kemudian diangkut dengan hati-hati ke ruangan pengepakan melalui sistem kabel atau dengan gerobak yang ditarik oleh traktor.

Penanganan pasca panen Tandan yang telah dipanen kemudian dipotong menurut sisiran, dan bekas-bekas bunga pada sisiran itu dibuangi, sisiran dicuci, disortir, dan dipak dalarn kotak-kotak karton. Sebagai tambahan, buah pisang itu diperlakukan dengan fungisida untuk menghindari busuknya sisiran buah itu.

Daya simpan pisang mentah berkisar antara 21-30 hari pada suhu 13-15° C. Kalsium karbida (CaC2) atau larutan etefon dapat digunakan untuk mematangkan buah tua-mentah. Pada perlakuan kalsium karbida, buah pisang dikenai bahan ini selama 24-36 jam dalam sebuah wadah tertutup, sedangkan pada perlakuan etefon, pencelupan selama 5 menit sudah cukup efektif.

Pada pengusahaan secara komersial besar-besaran digunakan gas etilena. Pisang diperlakukan selama 24 jam dalam kamar tertutup yang berisi etilena dan suhunya dipertahankan 14-18° C. Setiap 24 jam sekali kamar dibuka untuk ventilasi sampai buah-buah pisang itu mencapai warna yang disenangi konsumen.

Jenis Pisang Kepok

Bentuk buah pisang kepok agak gepeng dan bersegi. Karena bentuknya
gepeng, ada yang menyebutnya pisang gepeng. Ukuran buahnya kecil,
panjangnya 10-12 cm dan beratnya 80-120 g. Kulit buahnya sangat tebal
dengan warna kuning kehijauan dan kadang bernoda cokelat.

Ada dua jenis pisang kepok, yaitu pisang kepok kuning dan pisang kepok
putih. Secara kasat mata dari luar bentuk pisangnya hampir sama. Hanya
nanti saat daging buahnya diiris, baru terlihat kalau kepok kuning
berwarna kekuningan, sedangkan kepok putih lebih pucat. Rasa kepok
kuning lebih manis, sedangkan yang kepok putih lebih asam. Itu kenapa
orang enggan mengkonsumsi pisang kepok putih, dan menjadikannya
makanan burung. Padahal nilai gizi yang terkandung sama saja dengan
keluarganya yang kuning itu.

Berbeda dengan pisang ambon dan pisang raja yang sering dijadikan buah
meja, maka pisang kepok kuning enak dikonsumsi setelah diolah. Daging
buahnya manis. Bahkan buahnya yang masih mengkel, belum terlalu masak,
sudah enak kalau dikukus.

Hidangan yang memanfaatkan pisang kepok kuning juga beragam, dari
pisang goreng pasir, kolak pisang, gethuk pisang, carang gesing,
hingga pisang epe. Semuanya lezat.
Dunia industri membudidayakan pisang kepok kuning ini untuk tepung,
kripik, cuka, bir, dan puree.

Selain buahnya, pohon pisangnya sendiri punya banyak manfaat. Daun dan
batang pisang sangat berperan untuk upacara-upacara adat. Daunnya
dimanfaatkan juga untuk pembungkus hidangan. Serat pelepah pisangnya
bahkan dapat dijadikan kain dan bahan kerajinan. Dan hati pohon
pisang, yaitu bagian tengah batang pisang, bagus buat pakan ternak.
Dari sentra informasi IPTEK juga disebutkan bahwa tanaman pisang
kepok memegang peranan penting dalam pengobatan tradisional. Daun
pisang yang muda, yang warnanya masih hijau pupus dan tergulung itu
digunakan sebagai obat sakit dada dan sebagai tapal dingin untuk kulit
yang bengkak atau lecet. Air yang keluar dari pangkal batang yang
ditusuk digunakan untuk disuntikkan ke dalam saluran kencing untuk
mengobati penyakit raja singa, disentri, dan diare; air ini juga
digunakan untuk menyetop rontoknya rambut dan merangsang pertumbuhan
rambut. Cairan yang keluar dari akar bersifat anti-demam dan memiliki
daya pemulihan kembali.

Manfaat Pisang Kepok

Buah yang belum terlalu matang bagus untuk diet penderita penyakit
batuk darah (haemoptysis) dan kencing manis. Dalam keadaan kering,
pisang bersifat antisariawan usus. Buah yang matang sempurna merupakan
makanan mewah jika dimakan pagi-pagi sekali karena kandungan gizinya.
Tepung yang dibuat dari pisang digunakan untuk gangguan pencernaan
yang disertai perut kembung dan kelebihan asam.

Kandungan Nutrisi

Secara umum pisang mempunyai kandungan gizi yang baik. Buah yang
sangat disuka monyet ini kaya karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Mengacu dari Wikipedia, 100 gr pisang memasok 136 kalori. Ini berarti
kandungannya 2 kali lipat dibandingkan apel. Kandungan energi pisang
merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat,
sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat.

Sedangkan kandungan protein dan lemak pisang sangat rendah, yaitu
hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Karena itu, tidak perlu takut
kegemukan walau mengonsumsi pisang dalam jumlah banyak.

Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan
besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral
pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap
tubuh.
Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu
betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering, sedangkan pada
apel hanya 15 mg. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin,
riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100
gram. Selain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam
metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme
protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif
sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari
karbohidrat. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi
bagi otak untuk aktivitas sehari-hari.

Jenis Pisang Susu

Pisang susu banyak manfaatnya seperti pisang2 yg lain. Salah satunya sebagai penambah asamfolat.Asam folat merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk perkembangannya di dalam rahim. Pisang susu mengandung asam folat sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk ibu hamil. Karena pisang juga mengandung kalori yang cukup tinggi jadi berhati hatilah jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi pisang agar manfaat pisang yang didapatkan oleh ibu hamil akan maksimal. satu butir pisang bisa mempunyai kalori 80-100 kalori. Anda harus perhatikan berapa jumlah kalori perhari yg harus konsumsi. Jumlah kebutuhan kalori ibuhamil tiap bulan berbeda, sesuai dengan usia kehamilan. Selain itu pisang juga bisa untuk mengatasi rasa mual pada perut karena mabuk, milkshake pisang dicampur dengan madu. Manfaat pisang disini untuk menenangkan perut yang mual, dan madu untuk meningkatkan kadar gula darah

Jenis Pisang Raja

Pisang Raja merupakan salah satu buah tropikal yang banyak sekali tumbuh di wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia dan Malaysia. Buah yang satu ini cukup populer karena rasanya yang tergolong sangat manis bila dibandingkan dengan buah pisang lainnya. Tidak hanya rasa manisnya saja yang membuat pisang raja digemari, kandungan Vitamin C dan Vitamin A yang tinggi membuat buah ini menjadi primadona. Vitamin C dan Vitamin A yang terkandung dalam buah ini merupakan anti oksidan yang sangat baik untuk mengurangi dampak radikal bebas dan mencegah kanker.

Buah Pisang raja yang telah matang biasanya langsung dikonsumsi secara langsung, namun beberapa penikmat buah ini terkadang juga mengolahnya menjadi pisang rebus atau pisang goreng. Tidak jarang pula buah pisang yang masih belum matang digunakan sebagai bahan pembuat keripik pisang, sale pisang.

Klasifikasi Pisang Raja
Sama seperti buah pisang lainnya,Pisang raja memiliki batang lunak yang berwarna dominan hijau dan memiliki daun yang sangat lebar. Buah yang dihasilkan tersusun dalam tandan, dan dalam satu tandan bisa terdapat beberapa sisir dengan buah yang tersusun secara menjari. Pisang raja berwarna hijau saat mentah dan akan berubah warna menjadi kuning dengan becak kehitaman ketika matang.

Manfaat Pisang Raja

Pisang raja merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup kompleks. Buah ini sering kali dipergunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Selain kaya akan karbohidrat, pisang raja memiliki kandungan Vitamin A yang cukup besar sehingga para penderita katarak dan rabun senja sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini. Satu lagi manfaat pisang raja yang paling penting adalah membantu sistem pencernaan agar tetap bekerja dengan optimal. Hal ini tidak terlepas dari kandungan serat dalam buah ini yang terbukti secara efektif mampu mengurangi sembelit.

Jenis Pisang Mas

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminataM. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandandengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Pisang Mas memiliki bentuk kecil dengan aroma harum dan rasa yang lebih manis. Tidak hanya mengandalkan rasa yang manis, pisang ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi. Kulit buah pisang emas mampu menyerap racun-racun,residu kimia yang ada di buah pisang emas itu sendiri, oleh karena itu buahnya terjamin dari zat-zat kimia dan zat yang tidak berguna bagi tubuh. Semakin tua buahnya maka semakin kaya nutrisi.

Jenis Pisang Cavendish

Pisang Cavendish sangat populer karena rasanya yang khas. Waranya biasanya kuning cerah. Istimewanya, pisang ini tidak mudah rusak sebab kulitnya cukup tebal. Cavendish sangat populer dijadikan buah pencuci mulut sebab praktis dan nikmat. Pisang ini banyak dikembangkan melalui kultur jaringan ketimbang anakan. Hal ini bukan tanpa alasan. Pisang Cavendish yang dikembangkan melalui kultur jaringan jauh lebih tahan terhadap penyakit seperi layu moko dan juga layu panama. Pohon pisang jenis Cavendish memiliki tinggi maksimal 3 meter. Warna pohonnya hijau kehitaman. Sementara itu, daunnya memiliki warna hijau yang tua. Setiap berbuah, pohon pisang Cavendish menghasilkan tandan dengan panjang antara 60 sampai 100 cm. Setiap tandan biasanya dipenuhi 8 sampai 12 sisir. Dan tiap sisir terdapat kira-kira 12 sampai 23 buah. Cavendish ini memiliki karakter rasa yang unik sebab terdapat rasa asam yang tidak dominan dalam rasa manisnya. Warna daging buahnya putih sedikit kekuningan.

Manfaat Pisang Cavendish

Sama seperti jenis pisang lainnya, Cavendish juga mengandung sejumlah senyawa aktif yang baik untuk tubuh. Senyawa tersebut antara lain. Mencermati kandungan senyawanya yang lengkap, sangat wajar jika pisang Cavendish memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat pisang Cavendish antara lain:

Sebagai sumber energi sebab kandungan karbohidrat sederhananya cukup untuk mengganjal perut. Kabarnya, para atlet mengkonsumsi pisang untuk menambah energi seketika saat sedang berkompetisi.

Menyehatkan jantung. Hal ini disebabkan kandungan kalium tinggi dan sangat ampuh mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan biang serangan jantung.

Penyeimbang darah. Pisang Cavendish kaya akan vitamin B6 yang berperan aktif dalam pembentukan antibody dan juga hemoglobin di dalam darah. Vitamin B6 juga dikenal sebagai penyeimbang kadar gula di dalam darah kita. Jadi konsumsi Cavendish tentu menyehatkan!

Melindungi sistem syaraf dan menjauhkan potensi terkena stroke.

Sebagai mood booster. Sebab pisang mengandung senyawa triptofan yang berperan serotonin, zat yang bertanggungjawab atas perasaan bahagia dan rileks pada manusia.

Menjaga kesehatan ginjal. Sebab kalium pada pisang Cavendish bisa mengurangi eksreksi kalsium dalam urin.

Baik untuk kesehatan otak.

Menenangkan perut serta meredakan rasa perih akibat luka di dalam lambung.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:02

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.