loading...

Macam dan Jenis Jambu Biji Merah dan Putih

Posted by

Jambu Biji terbagi 2 macam:

1. Jambu Biji Merah, Yaitu buah yang dagingnya merah.

2. Jambu Biji Putih, yakni jambu yang dagingnya putih.

Jenis jenis Jambu Biji:

1. Jambu Biji Kristal Taiwan

Jambu Biji Kristal adalah per-mutasi dari residu Muangthai Pak, tahun 1991 ditemuukan oleh di District Kao Shiung -Taiwan. Diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1991 di bawa oleh Misi Teknik Taiwan. Jambu Kristal sebenarnya tidak benar nirbiji, jumlah biji kurang dari 3 persen bagian buah, terlihat sepintas Jambu Biji Kristal hampir tak memiliki biji.

2. Jambu Pasar Minggu (tanjung barat)

Jambu pasar minggu dua varian: berdaging buah merah dan putih. Yang memiliki daging putih, dikenal dengan jambu 'susu putih', digemari karena rasanya yang manis, daging buahnya tebal dengan tekstur lembut. Sedangkan jambu biji merah kurang disukai karena rasa yang kurang manis. Kulit buah tipis dengan warna hijau kekuningan jika sudah masak. Bentuk buah sedikit lonjong dan bagian ujung bulat, sedangkan bagian pangkalnya meruncing. Jambu pasar minggu adalah ras lokal.

3. Jambu Biji Getas Merah

Jambu biji getas merah merupakan varian jambu biji yang kulitnya hijau hingga kekuning-kuningan dan berisi daging merah muda. bentuknya lonjong dan rasanya sedikit kurang manis, tetapi Khasiat Jambu Bijiadalah banyak mengandung Tanin, glikosida quersetin, quersetin, minyak atsiri, flavonoid, asam psidiolat, asam ursolat, asam oleanolat, asam kratogolat, asam guajaverin serta vitamin yang banyak. kelebihannya jambu getas merah ini tidak memiliki musim, selalu berbuah kapan saja dan banyak kikembangbiakkan dengan cara cangkok. Budidaya Jambu Biji ini banyak di Kendal.

4. Jambu Australia

Jambu ini diintroduksi dari Australia.Ciri-ciri jambu ini adalah Daun Jambu Biji berwarna merah sedikit keunguan. Dengan buah berwarna merah keunguan juga. Biasanya Tanaman Jambu Biji ini ditanam dipekarangan sebagai hiasan.

5. Jambu Sukun

Kata "sukun" berarti "tak berbiji". Jambu Sukun adalah varietas unggul karna tidak memiliki biji; kalaupun ada paling Cuma 2-3 biji. Daging buah berwarna putih kekuningan, rasa manis agak sedikit asam. Teksturnya keras, renyah, dan aroma wangi. Bentuknya seperti buah apel, dengan ukuran panjang 4-5 cm. Kulitnya jika matang berwarna hijau keputih-putihanan. Jambu sukun berproduksi terus menerus setiap tahun, walaupun relatif sedikit dan jenis jambu ini tahan terhadap hama dan penyakit.

6. Jambu Bangkok

Jambu ini berasal dari Bangkok, Thailand. Kelebihan jambu bangkok terletak diukuran, warna dan warna. Ukurannya besar gemuk dengan panjang + 6 hingga 7 cm dan diameter 5 cm. Rasanya manis denganKandungan Jambu Biji sedikit air sehingga teksturnya keras. Buah muda hijau kekuningan, sedangkan tua merah dengan garis hijau kekuningan. Produksinya sangat banyak. Jenis ini berbiji lebih besar dari jenis-jenis lainnya

7. Jambu Kamboja 

Jambu ini dari Kamboja sesuai dengan namanya. tetapi, ada yang mengatakan datang dari Thailand dan dikembangkan di negara Kamboja. Bentuknya Buahnya cukup besar seperti Alpukat. beratnya 400-500 gr per buah. di banding Jambu Apel, Jambu ini beraroma tajam dan terasa manis. karena itu, Jambu ini sering dijadikan jus. Produksi buah hanya 10 kg /Pohon Jambu Biji /periode panen.

8. Jambu Tukan (Jambu Kurap)

Jambu ini adalah varietas introduksi Thailand. keunggulannya terdapat pada ukuran yang besar. diwilayah Pati orang menyebutnya dengan nama Jambu Kurap. diameter buahn + 15 cm dengan berat tiap buah mencapai +1.200-1.700 g. Jambu ini digemari penduduk walau harga relatif mahal. buah Jambu ini juga mempunyai daging yang sangat tebal dan enak. warna daging putih kekuningan. produksi buahnya 120 kg /pohon /tahun. Buah yang terlalu masak terasa kurang enak dan kurang manis. karena itu, sering dicari daging buahnya masih sedikit keras.

9. Jambu sari 

Jambu sari merupakan adalah jenis dari Jambu bangkok. tetapi, ukuran Jambu sari tidak sebesar Jambu Bangkok. garis tengah cuma 10 cm dengan berat + 600-1.000 g. Bentuknya membulat prima. kulit licin mengilap. Daging buahn tebal, dengan tekstur halus dan warna putih serta rasa manis, harum juga empuk. tak hanya itu, Jambu sari memiliki keistimewaan: buah akan mengecil jika sudah masak.

10. Jambu Merah Getas

Jambu ini adalah hasil dari silangan Jambu bangkok dan pasar minggu. hasil silangan mempunyai karakter yang dapat diunggulkan karna induknya yang baik dan bagus. Pada umum yang diunggulkannya adalah ukurannya besar, daging yang tebal, teksturnya lunak, biji sedikit, rasa manis dan aroma harum. produktivitas Jambu ini tergolong tinggi. berproduksi jambu ini tidak mengenal musim.

11. Jambu Biji Perawas.

Jambu ini memiliki bentuk bulat lonjong dan sedikit besar. Daging kulit buahnya tebal dan berbiji tetapi jumlah yang sedikit.  Sedikit masam dan manis, serta baunya tidak mencolok.

12. Jambu Biji Pipit Atau Piit

Jenis satu ini memiliki bentuk bulat berukuran kecil. Kulit buah tipis yang masih muda berwarna hijau dan mengkal warna kuning. Daging berwarna putih dengan rasa manis dan harumnya mencolok.

13. Jambu Biji Delima.

Bentuk Bulat lonjong dan ukuran kecil. Ciri khasnya: moncong serupa delima yang ada dibagian bawah pangkalnya. Dagingnya berwarna merah dan rasanya nikmat saat matang.

14.  Jambu Biji Manis.

Jenis ini memiliki bentuk yang bulat meruncing. Kulitnya tipis dan saat matang akan berubah menjadi warna kuning cerah. Daging putih dan bijinya banyak. Nikmat sebab manisnya sangat pas dan harum buah mencolok.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:00

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.