loading...

Kotoran Telinga, Begini Cara Membersihkannya

Posted by

Menurut para ahli, kekurangan asam lemak Omega 3, seng, dan magnesium bisa menghasilkan kotoran telinga yang berlebihan. Apabila Anda mengabaikannya akan menumpuk jauh di dalam saluran telinga dari waktu ke waktu. Seseorang juga bisa kehilangan pendengaran karena kotoran yang menumpuk.

Berikut beberapa obat rumahan untuk menyingkirkan kotoran telinga seperti dilansir Boldsky.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitu merupakan cara yang paling aman dan bisa mengeluarkan kotoran telinga. Celupkan sepotong kapas ke dalam minyak zaitu hangat. Peras kelebihan minyak dan tempatkan kapas di telinga Anda. Setelah 15 menit, keluarkan kapas. Ulangi cara ini sampai kotoran berkurang.

2. Baby oil

Ini merupakan alteratif berikutnya.Baby oil itu lembut dan tak ada efek samping untuk setiap jenis kulit. Lakukan proses yang sama seperti minyak zaitun.

3. Cuka dan alkohol

Campur dua cairan tersebut. Semprotkan ke telinga (dua tetes). Ambil kapas yang bersih dan lembut, pijat telinga bagian dalam. Ulangi proses ini sampai kotoran kuping yang berlebihan bisa diangkat.

4. Air garam

Ini obat terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga. Buatlah larutan garam menggunakan air suam-suam kuku. Ketika siap, miringkan kepala Anda ke samping dan teteskan air perlahan-lahan ke dalam telinga. Kembalikan kepala Anda ke posisi normal dan gunakan kapas bola ke telinga Anda. Ulangi proses untuk telinga yang lain.

5. Air hangat

Setelah Anda mandi, cuci telinga Anda dengan air hangat.

Tahukah Anda bila kotoran telinga diproduksi tubuh oleh kelenjar sebaceous yang berguna menjaga telinga tetap lembap dan bersih dari sel-sel kulit mati sehingga tidak mengganggu gendang telinga. Artinya, telinga telah dirancang sedemikian rupa untuk mengeluarkan kotoran sendiri tanpa perlu menggunakan pembersih telinga (cotton bud).

Begitu disampaikan ahli Telinga Hidung Tenggorokan (THT), Maria Suurna, MD. Menurutnya, pembersihan telinga menggunakan alat-alat seperti cotton bud atau benda tajam itu bisa mendorong kotoran masuk kembali ke saluran telinga Anda dan bisa menyebabkan penyumbatan.

"Selain penyumbatan, membersihkan telinga dengan barang-barang seperti cotton budcandle ear, dan sebagainya bisa merusak gendang telinga. Panas yang dihasilkan candle earmisalnya dapat membakar gendang telinga," katanya, seperti dikutip Womenshealthmag.

Lantas bagaimana cara membersihkan telinga yang benar? Suurna menyarankan untuk membersihkan kotoran telinga dengan satu atau dua tetes hidrogen peroksida di telinga Anda sekitar 10 menit atau minta dokter ahli untuk membantu membersihkan telinga.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 13:52

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.