loading...

Jenis dan Manfaat Kesehatan dari Rumput Laut

Posted by

Peneliti dari University of Southern Denmark mengatakan bahwa menambahkan rumput laut untuk makanan olahan seperti pizza beku, hot dog dan pasta kering bisa membantu mengurangi kasus penyakit jantung. 

Mereka juga berpendapat bahwa rumput laut yang mengandung garam natrium tradisional bisa membantu menurunkan tekanan darah.

“Rumput laut sangat baik untuk Anda karena mengandung profil mineral lengkap,” kata ahli gizi, Theresa Albert, seperti dilansir laman Yahoo Health.

Di antara nutrisi yang terkandung dalam rumput laut adalah vitamin A dan C, kalium, magnesium dan yodium yang membantu dengan fungsi tiroid Anda. Dan mereka bisa memiliki dampak besar pada kesehatan Anda.

“Ada beberapa penelitian yang menghubungkan bahwa mengonsumsi superfood yang satu ini mampu mengurangi risiko kanker payudara, mengurangi peradangan, mencegah obesitas dan meningkatkan kesuburan," kata ahli gizi-gizi Lisa Moskovitz, RD. Ada beberapa jenis rumput laut yang bisa Anda konsumsi. Versi kering termasuk nori dan rumput laut, versi bubuk seperti spirulina dan versi segar termasuk wakame atau rumput laut.


Jenis-jenis Rumput Laut di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu wilayah yang kaya akan keanekaragaman rumput laut dengan spesies mencapai ratusan. Tim Ekspedisi Laut Siboga (tahun 1899 s.d 1900) mampu mengidentifikasi sebanyak 555 jenis rumput laut yang tumbuh di perairan laut Indonesia (Van Bosse, 1928). Sedangkan di seluruh dunia, berdasarkan data algaebase.org, sekurangnya terdapat 10.000 jenis rumput laut.

Berdasar pigmen (zat warna) yang dikandungnya, rumput laut dapat dikelompokkan menjadi empat jenis, yaitu : Chlorophyceae (ganggang hijau), Rhodopyceae (ganggang merah), Phaeopyceae (ganggang coklat), dan Cyanophyceae (ganggang hijau kebiruan). Beberapa jenis rumput laut yang dikenal dan umum tumbuh di perairan Indonesia antara lain :
  • Eucheuma spinosum
  • Eucheuma muricatum
  • Eucheuma cottonii
  • Gracilaria spp.
  • Gelidium spp.
  • Sargassum spp.

Dari berbagai jenis rumput laut, yang umumnya telah dibudidayakan adalah rumput laut dari genus Eucheuma dan Gracilaria.

Manfaat Rumput Laut

Manfaat yang paling dikenal dari rumput laut adalah untuk pembuatan agar-agar. Namun di samping itu rumput laut ternyata mempunyai manfaat-manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat rumput laut.
  • Penghasil agar-agar; manfaat yang paling dikenal ini berasal dari rumput laut jenis Gracilaria spp, Gelidium spp., dan Gelidiopsis spp.
  • Penghasil Peragian; proses kimia peragian dapat memanfaatkan rumput laut dari jenis Eucheuma spp.
  • Penghasil algin atau alginat; alginat dapat dihasilkan dari rumput laut berjenis seperti Sargassum spp.
  • Manfaat lainnya, antara lain sebagai obat tradisional, bahan makanan dan sayuran, bahan kosmetik dan kecantikan, penyerap karbondioksida.
Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat rumput laut yang tidak asing lagi bagi kebanyakan orang adalah sebagai sumber alami dalam meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh. Rumput laut bisa memproduksi antibodi, cytokines dan sel-sel lainnya yang berperan penting dalam meningkatkan ketahan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit yang menyerang.

Menurunkan berat badan
Ternyata mengkonsumsi rumput laut dengan rutin juga bagus dalam mengontrol berat badan. Kandungan serat pangan dan bebas lemak dari tanaman ini bagus dalam menjaga tubuh tetap ideal.

Mengkonsumsi rumput laut yang banyak serat akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehinga anda tidak terstimulasi untuk mengkonsumsi nasi atau makanan lainnya. Anda yang sedang menjalankan program diet, coba campurkan rumput laut sebagai makanan anda.

Sebagai pengganti garam
Manfaat rumput laut bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah berfungsi sebagai pengganti garam. Dengan menambahkan rumput laut dalam masakan maka bisa memberikan rasa, sehingga bisa menggantikan garam.

Dengan cara ini anda bisa terhindari dari resiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung yang biasanya berawal dari banyak mengkonsumsi garam.

Mempercepat kesembuhan luka
Rumput laut banyak mengandung vitamin C yang bagus dalam menjaga kesehatan gigi, gusi, tulang serta menjaga kesehatan kulit. Sehingga dengan banyak mengkonsumsi rumput laut, luka akan cepat sembuh dan cepat teratasi.

Mencegah Osteoporosis (tulang keropos)
Manfaat lain dari rumput laut adalah mencegah tulang keropos, kandungan kalsium dalam rumput laut lebih banyak dibandingkan dengan kalsium dalam susu, sehingga sangat tepat bagi anda yang ingin tetap sehat walau sudah senja.



loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:03

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.