loading...

Enzim selulase untuk mencerna Serat kasar selulosa

Posted by

Pada hewan,terutama dalam lambung hewan memamah biak banyak terdapat mikroba anaerobik yang menghasilkan enzim selulase yang mampu mencerna selulosa dari rumput dan bahan makanan lain. 

Ada tiga jenis selulase yang dikenal: 
a. Faktor C1, yaitu suatu faktor yang masih belum jelas peranannya,diperlukan untuk menghancurkan selulosa dalam bentuk kristal dengan tingkat polimerisasi yang tinggi. 
b. β–Glukanase yang teragi dalam dua jenis yaitu: 
1. Ekso-β-1,4-glukanase,menyerupai glukoamilase 
2. Endo-β-1,4-glukanase menghidrolisis molekul selulosa secara acak. Endo-β-1,4-glukanase inilah yang disebut faktor -Cx. 
c. β-Glukosidase: affinitasnya tinggi terhadap molekul kecil.

Mikroorganisme yang digunakan untuk mendapat selulase adalahMyrothecium verrucaria, Penicillium pusillum, dan Trichoderma viridae. Penggunaan Enzim selulase dalam industri pangan masih sangat terbatas.

Mikrofibil selulosa dibusukkan oleh sistem enzim selulase ,tersusun atas endoglukanase, eksoglukanase dan β - glukosidase (dikenal juga sebagai selubiose). Enzim selulase mempunyai aturan yang berbeda dalam pembelahan berbagai ikatan dengan susunan mikrofibil. Ini menyebabkan gangguan pada struktur kristal yang diikuti oleh depolimerisasi menjadi rantai glukosa pendek. Endoglukanase bekerja secara acak pada kedua baik rantai glukosa yang dapat larut dalam air dan yang tidak dapat larut oleh pemotongan ikatan β(1,4) menghasilkan glukosa dan selooligosakarida. 

Sejumlah besar organisme dapat menghasilkan selulosa,tetapi hanya beberapa yang memiliki depolimerisasi dan hidrolisis yang lengkap dari susunan mikrofibil kristalin secara in vitro. Sistem selulosa dari tingkat genus jamur Trichoderma telah secara ekstensif dipelajari dan menunjukkan sejumlah produksi endo- β- glukanase dan ekso- β- glukanase tetapi jumlah yang rendah dalam β- glukosidase. 

Berlawanan dengan Aspergillus yang menghasilkan sejumlah besar endo- β- glukanase dan β- glukosidase tetapi sedikit pada ekso- β- glukanase. Chaetoium, sejenis jamur ascomycetes, ditemukan pada banyak varietas bahwa selulosa pada kertas menjadi kompos khususnya pada lingkungan basa. Ia dapat menghasilkan selulase yang panas yang boleh dijual terus untuk mengubah selulosa menjadi gula sederhana dari sumber daya alam yang tersedia. Jamur lain secara luas telah dipleajari sistem selulasenya termasuk Cremonium celluloyticus, Penicillium, Fusarium dan jamur Agaricus yang dapat dimakan. 

Bakteri mempunyai sistem selulase yang sedikit lebih luas dibandingkan jamur. Bakteri selulase disusun dalam suatu protein globular yang bertangga yang disebut selusom,disekitar dinding. Struktur ini berkoordinasi untuk menyerang kristalin mikrofibil, meningkatkan aktivitas atau efisiensi individual enzim. Gabungan bakteri tanah aerob yang berdepolimerisasi termasuk Acetobacter, Bacteriodes, Clostridium, Fibrobacter, dan Rummococcus.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:25

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.