loading...

Cek Kondisi Kesehatan Dengan Melihat Bulan Sabit pada Kuku

Posted by

Lunula atau Bulan Sabit di Kuku Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan

Jangan anggap remeh kuku kita, terutama area pada pangkal kuku, ternyata ada makna tersembunyi pada pangkal kuku yang menyerupai bulan sabit ini.

Yang mana sih bulan sabitnya? yakni daerah yang mirip bulan sabit di pangkal kuku atau disebut lunula. Lunula adalah bagian matriks kuku yang tampak di luar. Lunula yang sehat adalah yang berwarna merah muda transparan karena pembuluh darah di bawahnya yang berbayang.

Itu menunjukkan jika matriks kuku atau akar kuku dalam kondisi sehat.

Apa saja sih ciri-ciri lunula dan hubungannya dengan kesehatan?

1. Anemia atau kekurangan gizi

Tidak adanya lunula pada ibu jari bisa menunjukkan kalo seseorang berpotensi menderita anemia atau kekurangan gizi. Tapi ini normal ditemukan, sih, sob.

2. Penyakit Wilson's disease

Area lunula yang berwarna biru menunjukkan seseorang menderita penyakit Wilson's disease. Ini adalah penyakit gangguan genetik karena tumpukan zat tembaga di berbagai organ vital, seperti hati, kornea mata, dan otak. Terjadi karena hati tidak bisa berfungsi untuk mencerna zat tembaga secara sempurna. Akibatnya adalah fungsi hati rusak, sistem saraf pusat tidak berfungsi, hingga menyebabkan kematian.

3. Penyakit diabetes melitus

Kalo lunula berwarna biru pucat, bisa mengindikasikan penyakit diabetes melitus.

4. Penyakit kardiovaskular

Lunula yang berwarna merah bisa menunjukkan seseorang terindikasi penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh darah kolagen, atau penyakit hematologic malignancies atau kanker darah.

5. Penyakit sirosis

Penyakit hati yang berat ini bisa terjadi ditunjukkan pada orang yang lunulanya menghilang dan permukaan kukunya berubah warna menjadi putih atau disebut juga Terry's nails. Biasanya ini terjadi pada semua jari kuku, meskipun bisa juga hanya muncul pada 1 jari kuku. 80% pasien dengan sirosis memiliki Terry's nails.
Semoga bermanfaat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:33

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.