loading...

Cara Ikan Bernafas dengan Insang di Dalam Air

Posted by

Proses Pernafasan Ikan Menggunakan Insang di dalam air.

Masing masing mahluk hidup memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai mahluk air ikan tidak akan mampu hidup di darat dalam waktu lama. Demikian juga mahluk darat seperti kuda misalnya tidak akan mungkin bisa hidup lama didalam air.

Semua perbedaan itu terutama pada sistem alat pernafasan untuk mengambil oksigen dari udara dan dari air. Makhluk darat dibekali paru paru untuk alat pernafasannya sedangkan ikan dibekali insang untuk bernafas dalam air.

Semua ikan memiliki insang (kecuali paus dan lumba-lumba), sesuatu yang mirip tirai yang bergantung dengan lipatan-lipatan. Kalau insang dibuka lipatannya, besarnya akan 10-60 kali lebih besar dari permukaan tubuh ikan itu sendiri. Melewati insang inilah darah ikan bersikulasi.

Air mengalir ke dalam mulut ikan dan masuk ke dalam melewati insang. Begitu mengalir ke insang, air dan darah ikan hanya dipisahkan oleh membran (selaput) yang sangat tipis (kurang dari 1/4.000 cm). Ini artinya oksigen dari air hanya perlu melewati jarak yang sangat kecil ini untuk memasuki darah ikan. Dengan cepat oksigen diserap melalui selaput tipis ini ke dalam darah. Darah yang sudah penuh oksigen mengalir melalui arteri ke seluruh tubuh, termasuk jantung, memasok oksigen segar bagi ikan.

Sambil menyerap oksigen dari air di dalam insang, darah juga membuang karbon dioksida.  Pada ikan, karbon dioksida pindah dari darah melalui selaput tipis ke air yang bersikulasi di insang.

Air keluar dan ikan melalui serangkaian insang sisi luar tubuh ikan dengan membawa sedikit oksigen dan membawa karbon dioksida. Ikan sudah penuh dengan oksigen dan membuang karbon dioksidanya~tanpa bernapas satu kali pun.

Bidang permukaan yang luas menyebabkan dapat bersentuhan dengan banyak air, dan dengan demikian menyaring sebanyak mungkin oksigen ke aliran darah ikan.

Mengapa ikan yang berada di luar air biasanya megap-megap mencari oksigen? Insang pada umumnya berhenti bekerja dan mengering, memotong pasokan oksigen ikan. Namun, beberapa ikan memiliki insang yang sudah mengalami evolusi dan bisa menjebak kelembaban, menjaga insang tetap basah bahkan pada saat terpapar udara. Sementara ikan lainnya menyerap oksigen dari udara melalui jaringan mulut, tenggorokan, dan kepala mereka. Belut air tawar (belut juga ikan) memiliki rancangan yang sangat cerdik, belut dapat bernapas dengan kulit merka yang lembab. ^^

Darah ikan jug berwarna merah seperti kita, diwarnai oleh sel-sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh ikan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:56

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.