loading...

Manfaat Vital Air Hujan Untuk Kehidupan

Posted by

Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan Umat Manusia

Air adalah salah satu zat yang paling dibutuhkan manusia selain udara, tanpa air manusia dan kehidupan lain di bumi bisa habis. Penelitian membuktikan bahwa manusia dan hewan masih lebih mampu bertahan hidup tanpa makanan asal tersedia air. Dengan adanya air pula Tuhan menumbuhkan segala macam tanaman dan tumbuhan serta pohon-pohonan di alam raya ini.


Salah satu sumber air yang melimpah dan dicurahkan dari langit adalah air hujan sebagai bentuk rahmat Tuhan terhadap makhluk ciptaannya. Berbagai manfaat air hujan bisa dirasakan manusia antara lain:

Air Hujan Sebagai Sumber Air Minum
Air hujan yang meresap didalam tanah terutama didaerah pegunungan akan muncul sebagai sumur artesis di wilayah dataran rendah. Air hujan ini juga akan mengisi danau-danau di daerah pegunungan sebagai sumber air minum bagi satwa maupun manusia yang melintasi gunung dan hutan tersebut.

Air Hujan Menjaga Kelangsungan Hidup Hutan

Kehidupan hutan pada umumnya kite kenal sebagai tempat lingkungan bagi pohon-pohon dan berbagai jenis hewan liar. Pohon yang tumbuh di hutan memiliki peran yang sangat penting untuk lingkungan. Pohon menjadi salah satu penyedia sumber udara yang bersih bagi manusia. Pohon juga akan membantu mempertahankan kekuatan tanah sehingga tidak mudah longsor. Selain itu pohon juga akan menyerap air hujan sehingga mencegah bencana banjir. Semua jenis mahluk hidup yang ada dalam ekosistem hutan akan berjalan seimbang dengan kebutuhan air yang cukup. Hal ini membuat air hujan yang berasal dari alam sangat penting untuk kehidupan hutan.

Manfaat Air Hujan Untuk Kesehatan

Cobalah tampung air hujan, diamkan sebentar kemudian masukan ke dalam plastik bening. Setelah itu masukan ke dalam freezer kulkas. Beberapa jam setelah beku, lihatlah !! Ada banyak kristal-kristal indah di dalamnya. Mengapa?

Ini menandakan air hujan adalah air yang sehat. Air yang layak untuk dikonsumsi. Saya pribadi sering mengkonsumsi air hujan. Ketika air hujan masuk ke kerongkongan begitu nikmat rasanya, ada rasa yang beda, rasa yang ni’mat. Begitu juga orang tua saya dan adik-adik saya, mereka sering kali meminum air hujan. Mereka sehat dan jarang kena sakit perut. Karena air hujan adalah air yang amat bersih begitu kata Al-Quran. Makanya saya agak heran ketika saya baca artikel, ada orang yang rentan sakit di Boyolali karena minum air hujan, begitu kata salah satu pejabat terkait di sana.

Oleh sebab itu, air hujan ini hendaknya lebih diteliti khasiatnya secara ilmiah oleh para ilmuan. Sehingga ilmu pengetahuan akan membenarkan apa-apa yang telah disampaikan oleh Al-Quran. Anda bisa juga baca Keajaiban Air Hujan : Kristal-kristal indah. Di dalam Al-Quran sendiri banyak ayat yang mengulas tentang air hujan ini.

“Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat)” [QS. Al-Furqaan : 48-50]. “Dan Kami turunkan dari langit, air hujan yang diberkahi (mubaarak)…” [QS. Qaaf : 9].

Jadi ketika hujan turun bererti membawa rahmat bagi semua makhluk khususnya buat manusia. Dan hujan diturunkan oleh Sang Pencipta ( Allah SWT ) dalam keadaan bersih. Bukan saja bersih, air hujan yang turun membawa berkah yang banyak buat manusia. Air hujan itu membawa rahmat, bersih dan diberkahi. Karena itulah maka tak heran, air hujan bisa menjadi obat.

Ada tulisan yang mengupas tentang manfaat air hujan ini. Di tulisan ini diulas sebagai berikut, ” Kami ingin sedikit membagi pengetahuan tentang manfaat air hujan bagi kesehatan, dalam hal ini kesehatan lambung kita. Ya, bagi anda yang memiliki masalah dengan gangguan lambung seperti maag, kandungan gas berlebih, rasa kembung atau sebah dll dapat mencoba resep sederhana ini.
1. Tadahlah air hujan secara langsung dari alam setelah hujan berlangsung kira-kira 10 menit (jangan melalui talang, batang daun dll).
2. Pindahkanlah air hujan tersebut ke dalam botol atau gelas dan endapkan selama 24 jam.
3. Setelah 24 jam, ambil setengah bagian air paling atas dan dimasak sampai mendidih (seperti memasak air minum).
4. Konsumsi secara rutin air hujan yang telah dimasak tersebut secara rutin, dapat juga menjadi pengganti air minum kita sehari–hari.
5. Cobalah minum secara rutin sampai sekitar 20 liter dan rasakan manfaatnya.

Bila hujan turun dengan derasnya, maka cobalah Anda manfaatkan sebaik mungkin, dan gunakanlah resep Al-Qur’an dengan cara sbb:
– Tadahilah air hujan yg langsung dari langit (tanpa melalui genteng atau talang) pada sebuah bejana.
– Lalu tempatkan pada kantong plastik, ikatkanlah agar tidak tumpah. Kemudian buka sedikit ikatannya, bacakanlah Surah At-Takatsur, setelah itu hembuskan nafas Anda ke dalamnya.
– Selanjutnya campurkan pada minuman kesukaan Anda, atau jadikanlah minuman Anda setiap hari. penyembuhanalternatif.com ( manfaat air hujan bagi kesehatan ).
Insya Allah berguna bagi jasmani & rohani Anda. Baik untuk mencegah berbagai penyakit maupun kejernihan jiwa. (Nurman Ihsan, THL TBPP Deptan BANTEN, http://ceritanurmanadi.wordpress.com)
________________________

Di dalam situs lain, http://www.opensubscriber.com/message/dokter@itb.ac.id/12486778.html. Di ulas pengalaman seorang penulis. Tetapi saya akan ringkas seperlunya,

“Saya sudah menyelesaikan membaca kedua buku tentang penggunaan H2O2 untuk holistic healing. Sangat menarik dan memicu saya untuk membuktikannya langsung; sayang sekali ternyata mencari H2O2 35% Food Grade tidaklah semudah mengorder bukunya dari Amazon.com. Kedua buku tsb berjudul:

1) The One Minute Cure – the Secret to Healing Virtually all Diseases, karya Madison Cavanaugh
2) Hydrogen Peroxide Medical Miracle, karya William Campbell Douglass, MD

Terus terang, banyaknya pro dan kontra mengenai penggunaan H2O2 ( kandungan ini ada dalam air hujan) dan saya kesulitan memperoleh produk yang tepat sehingga sempat membuat saya meragukan niat saya untuk mencobanya. Akan tetapi kemarin saat saya sedang chatting dengan teman di Belgie mengenai kemungkinan membawakan produk H2O2 35%FG dari UK yang ternyata harus dikirimkan via laut dan tidak bisa dibawa sendiri dalam penerbangannya ke Indonesia 3 minggu lagi;



Air Hujan Berfungsi untuk Menjaga Sumber Air Tanah

Sumber air tanah menjadi sumber kehidupan bagi manusia. Tanpa air tanah, maka manusia akan mengalami berbagai kesulitan untuk menjalankan kehidupan. Air hujan yang jatuh ke tanah akan diserap oleh tanah sebagai cadangan air yang disimpan dalam kedalaman tertentu. Manusia bisa memanfaatkan air tanah sebagai sumber kehidupan dengan cara memakai sumur bor,maupun pengelolaan dari PAM. Manusia bisa memanfaatkan air dari tanah untuk berbagai kepentingan seperti mencuci, memasak, menyiram tanaman dan berbagai manfaat lain.

Air Hujan Mengurangi Erosi Tanah

Tanah menjadi tempat kehidupan bagi manusia. struktur tanah membutuhkan air untuk mempertahankan kekuatan tanah. Salah satu bencana yang disebabkan karena menurunnya fungsi kekuatan tanah adalah erosi. Erosi bisa menyebabkan bencana yang sangat besar bagi manusia. hal ini biasanya disebabkan karena penebangan pohon liar dan pembangunan rumah di pegunungan. Pada dasarnya sistem kontruksi tanah dapat bertahan karena tanah menerima air hujan dan mampu menyerap air hujan secara maksimal yang dibantu oleh pohon-pohon. Kekeringan panjang yang disebabkan karena musim kemarau dapat membuat struktur tanah menjadi lebih lemah sehingga tanah mudah longsor.

Air Hujan Menjaga Lingkungan dari Bencana Alam

Bencana alam adalah salah satu hal yang menyebabkan kekacauan pada kehidupan manusia. air hujan memiliki peran yang penting untuk menjaga keseimbangan alam bagi manusia. air hujan akan diserap oleh pohon dan kemudian pohon memakainya untuk proses fotosintesa. Selanjutnya pohon menjadi sumber energi yang penting untuk manusia. Air hujan yang diserap oleh pohon juga membantu manusia dalam melindungi alam agar tidak terkena bencana alam..

Air Hujan Bisa Bermanfaat untuk Kecantikan

Air hujan yang sudah lama turun memiliki berbagai kandungan zat yang sangat baik untuk memelihara kesehatan rambut. Berbagai jenis mineral dimiliki oleh air hujan, selain itu air hujan juga memiliki kadar garam dan ph netral yang sangat baik. Hal ini ternyata membuat air hujan bisa digunakan untuk mempertahankan akar rambut sehingga bisa mencegah masalah rambut rontok.

Air Hujan Memperbaiki Kualitas Udara bagi Manusia

Air hujan yang turun pertama kali biasanya banyak mengandung kotoran dari berbagai jenis zat polutan. Akibatnya air hujan yang masih awal biasanya sering menyebabkan penyakit pada manusia. namun air hujan yang sudah sering turun ternyata bisa membantu manusia untuk mendapatkan udara yang lebih baik. Berbagai jenis kandungan polutan dalam udara akan dibersihkan oleh air hujan. Hal inilah yang membuat kita bisa menghirup udara segar setelah air air hujan turun.

Air Hujan sebagai Air minum

Pernahkah Anda mendengar bahwa air hujan bisa dimanfaatkan sebagai air minum? Pada dasarnya air hujan yang turun dari atas memang tidak bisa dikonsumsi secara langsung. Proses pemurnian air hujan saat ini telah dikembangkan oleh berbagai pakar. Air hujan akan ditampung dalam galon atau penampungan khusus. Setelah itu air hujan akan diteliti untuk melihat berbagai kandungan zat yang berbahaya. Proses pemurnian akan dilakukan untuk menghilangkan semua zat yang berbahaya bagi manusia. setelah itu air hujan bisa dikonsumsi oleh manusia tanpa harus dimasak. Dengan cara ini maka air hujan bisa menjadi sumber air yang sehat untuk manusia.

Manfaat Air Hujan sebagai Obat

Penelitian air hujan sebagai obat hingga saat ini memang belum dilakukan. Namun beberapa pihak mengatakan bahwa air hujan memiliki kandungan alami yang bisa digunakan sebagai obat. Salah satu pengaruh dari air hujan ini adalah ketika manusia merasa tenang mendengar air hujan yang jatuh ke bumi. Manusia bisa merasakan efek segar dan kehidupan alam dengan cara yang sangat dekat. Pada dasarnya seperti inilah fungsi air hujan yang bisa menjadi obat ketenangan bagi manusia.

Air Hujan sebagai Sumber Air Bersih bagi Kehidupan Manusia

Jauh sebelum berbagai jenis sumber air bersih ditemukan, maka manusia memanfaatkan air hujan secara langsung. Namun sekarang manusia bisa menggunakan teknologi canggih untuk menampung air hujan. Air hujan akan di sterilkan dengan berbagai jenis proses. Setelah air hujan disimpan dalam waktu yang lama, maka air murni bisa menjadi sumber air bersih bagi manusia.

Air Hujan sebagai Sumber Energi

Pernahkah Anda melihat air hujan menjadi sumber energi secara langsung. Di Indonesia pemakaian air hujan sebagai sumber energi secara langsung memang belum dikenal. Namun di salah satu bagian negara di Inggris, masyarakat mulai memanfaatkan air hujan sebagai sumber energi terutama untuk lampu taman dan lampu dinding. Sistem ini dilakukan dengan menanam panel khusus yang menampung energi dari air hujan. Setelah itu air hujan akan disimpan sebagai cadangan energi. Energi yang dirubah menjadi panas akan mengalirkan listrik sehingga lampu bisa menyala secara otomatis saat malam hari.

Apakah Air Hujan Bisa Langsung Di Minum?
Pasti sering muncul pertanyaan apakah air hujan bisa diminum? Atau pertanyaan lain seperti, apa saja yang terkandung dalam air hujan ? Rupanya, kandungan air hujan berasal dari reaksi zat-zat yang ada di atmosfer dengan butiran air yang melewatinya. Selain itu, air ini juga bereaksi dengan gas yang terdapat di atmosfer.

Zat-zat yang ikut bercampur dengan air hujan berupa zat padat yang mudah larut dan gas. Kandungan air hujan berbeda-beda dan tergantung pada tempatnya. Akibatnya, kandungan air hujan akan berbeda-beda di setiap tempat.

Di daerah laut terbuka sampai daerah yang dekat dengan pantai, air hujan akan mengandung garam, CO2 dan bersifat asam.

Air hujan di darat pun punya kandungan yang berbeda. Kandungan garamnya jauh lebih sedikit. Apalagi jika di kota-kota yang padat penduduknya, seperti Jakarta, banyak berasal dari sisa-sisa polusi udara.

Jadi, kandungan air hujan itu tergantung dari kondisi geologi, jumlah penduduk, dan aktifitas yang dilakukan oleh manusia di daerah itu.

Nah, melihat kandungan air hujan , maka air hujan itu bisa saja diminum, asalkan air hujan yang benar-benar jatuh dari langit tanpa perantara. Misalnya, air hujan yang jatuh duluan ke atap rumah yang terbuat dari seng, tembaga, dan lain-lain, tidak bisa langsung diminum sehingga harus diolah terlebih dahulu karena sudah tercemar. Biar lebih aman lagi sih, sebaiknya air hujan itu harus dimasak supaya benar-benar terjamin kebersihannya. 

Berita Penelitian Air Hujan Sebagai Antioksidan

Puluhan siswa dari sekitar Muntilan, Kabupaten Magelang menghadiri kegiatan 'Display Budaya Banyu Udan Antioksidan' yang diselenggarakan Tim Laboratorium Udan Antioksidan di Pusat Pelayanan Pastoran Sanjaya Muntilan, Sabtu (24/1/2015).

Mereka yang berasal dari kalangan pelajar sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, serta sekolah menengah kejuruan itu, antara lain menyaksikan pameran foto tentang beragam aktivitas tim yang digerakkan oleh Romo V. Kirjito itu, di ruang depan "Domus Patrum" PSM.

Sekitar 50 foto pilihan tentang gerakan kebudayaan mengelola banyu udan atau air hujan oleh masyarakat di sejumlah desa di kawasan Gunung Merapi bagian timur (Klaten) dan barat (Magelang) sejak sekitar tiga tahun terakhir yang dipamerkan itu, antara lain karya Agus Bima Prayitno, Raka Setiaji, dan Kirjito, sedangkan kurator pameran Tarko Sudiarno, Dwi Oblo, dan Ismanto.

Selain itu, mereka juga menyaksikan laboratorium sederhana yang dikembangkan tim tersebut dan mendapatkan penjelasan tentang hasil budaya mengolah air hujan antioksidan dari Romo Kirjito dan Agus Bima.

Kirjito mengemukakan tentang pentingnya penelitian terhadap air, termasuk air hujan, untuk kepentingan pribadi.

Proses penelitian itu, menggunakan perangkat teknologi elektrolisis secara sederhana yang bisa dibuat sendiri oleh setiap orang. Proses elektrolisis tersebut, menghasilkan air yang oleh tim itu diberi nama "banyu setrum" dengan air yang mengandung unsur basa bermanfaat untuk menetralkan sampah metabolisme dalam tubuh.

"Ini bukan sekadar bagaimana mendapatkan kandungan air yang bisa menyembuhkan penyakit, tetapi bagaimana setiap orang membudayakan diri untuk meneliti air untuk kepentingan diri sendiri, sehingga tidak bergantung kepada hasil dari proses penelitian yang kemudian untuk industri besar," katanya.

Agus Bima menjelaskan tentang teknis mengolah air hujan dengan alat sederhana itu dan pentingnya mewartakan gerakan budaya air hujan tersebut.

"Saya sudah tiga tahun terakhir menggunakan 'banyu udan antioksidan' untuk diminum sendiri dan mendapatkan manfaat yang banyak sekali. Air harus diwartakan. Membuat kebudayaan tentang air," katanya.

Pada kesempatan itu, tim memperlihatkan proses secara detail pembuatan alat sederhana tersebut, para siswa berdialog dengan anggota tim terkait dengan air antioksidan, serta mendengarkan testimoni dari sejumlah orang yang telah mendapatkan manfaat dari elektrolisis air itu.

Rangkaian "Display Budaya Banyu Udan Antioksidan" berlangsung hingga Minggu (25/1), antara lain berupa loka karya dan sarasehan air hujan antioksidan, pementasan kesenian, performa seni di saluran air di kompleks PSM, dan pameran instalasi seni dengan bahan air yang digarap oleh Ismanto.

Sumber:
http://semarang.bisnis.com/

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:41

2 komentar:

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.