loading...

Macam-Macam Jenis Obat Tetes Mata Buatan Pabrik Sampai Yang Alami

Posted by

Macam Macam Obat Tetes Mata 
Tags: Obat tetes mata, tetes mata alami, obat mata, obat tradisional untuk mata, mata perih, mata merah, mengobati mata merah, mata belekan, obat mata tradisional, obat tetes mata alami, herbal untuk mata, manfaat tanaman obat untuk mata, mata bengkak
Pemakaian obat mata tidak boleh sembarangan.
Pemakaian obat mata secara sembarangan bisa berakibat fatal. Misalnya, jika menggunakan obat tetes mata yang mengandung steroid. “Obat steroid kalau kita pakai pada mata yang tidak teratur jadi tekanan bola mata tinggi. Itu bisa menyebabkan glukoma. Kalau pemakaian lama bisa membuat lensa keruh, namanya katarak. Beberapa dokter pernah mendapati pasien dengan kondisi tekanan mata tinggi dan sudah menderita katarak di usia muda. Setelah diselidiki pasien tersebut ternyata sering menggunakan obat tetes mata yang dibeli secara bebas di apotek. Obat tetes mata yang boleh digunakan hanya obat dengan kandungan ringan, seperti artificial tears atau air mata alami.

 Penggolongan Obat Tetes Mata

  • Antiinfeksi
  • Antiinflamasi
  • Midriatik dan Cycloplegic
  • Miotik dan Anti Glaukoma
  • Anastetik Lokal
  • Tonik
  • Lain-lain
1. Antiinfeksi
Obat mata golongan antiseptik dan antiinfeksi digunakan pada gangguan mata karena adanya infeksi oleh mikroba, masuknya benda asing ke dalam kornea mata atau kornea mata luka/ulkus.

Kandungan obat antiseptik dan antiinfeksi mata selain pembawa yang harus steril dan inert (tidak menimbulkan efek pada mata atau tidak bereaksi dengan zat aktifnya/obat) dalam bentuk tetes atau salep, juga zat aktifnya merupakan antibiotik/antiseptik atau antivirus dengan berbagai golongan.

2. Antiinflamasi
Peradangan pada mata sering disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur dan alergi. Gejala yang dirasakan pasien misalnya mata berair dan gatal, tampak kemerahan, adanya secret/kotoran mata, silau, buram atau kelopak mata bengkak. Pengobatan bergantung kepada penyebabnya dapat berupa antibiotika,anti inflamasi, anti alergi, anti jamur dan anti virus. Misalnya Cendo Lyteers®, Cendo Vision®, Vision® dan Voltaren Opthma®.

3.Midriatik dan Cycloplegic
Digunakan untuk memperlebar pupil mata, biasanya digunakan bila akan dilakukan pemeriksaan pada mata untuk melihat detail mata.

Tetes mata midriatik secara temporer akan menstimulasi pelebaran otot iris pada mata.

Midriatik biasa digunakan untuk alasan berikut ini:

Relaksasi otot lensa mata dalam melakukan fokus mata.
Dalam operasi mata untuk menghindari luka gores dengan memperlebar pupil mata (misal: operasi katarak).
Untuk menghindari operasi katarak pada penderita katarak kecil yang masih kecil.
Post operatif Glaukoma.
Pada anak-anak penderita amblyopia (mata malas), midriatik digunakan sebagai terapi untuk memburamkan pandangan mata agar otak anak terstimulasi.

Penggunaan Midriatik menyebabkan pelebaran pupil mata sehingga lebih sensitif terhadap cahaya. Oleh sebab itu penggunaan kacamata UV dapat membantu. Misalnya : Cendo Mydriatil ®

4. Miotik dan Anti Glaukoma Miotik digunakan dengan tujuan konstriksi/memperkecil pupil mata. Obat jenis ini bertolak belakang dengan penggunaan tetes mata midriatik. Sedangkan antiglaukoma digunakan untuk mencegah peningkatan Tekanan Intra Okular yang berakibat pada perubahan patologis optik mata yang dapat menyebabkan kebutaan. Contoh sediaan, misalnya: Azopt ® TM, Betoptima ® TM, Cendo Carpine ® TM, Cendo Timolol ®.

5. Anastetik Lokal Anastetik local mata biasa digunakan untuk menimbulkan kekebalan atau mati rasa. Biasanya digunakan sebelum mengukur tekanan pada mata, menghilangkan objek asing dari mata dan

sebelum melakukan beberapa pemeriksaan mata. Efek dari tetes mata anastetik biasanya selama 20 menit. Contoh sediaan Pantocain®.

6.Tonik Tonik mata berfungsi sebagai penyegar dan mengatasi kelelahan pada mata. Penggunaannya juga mampu mempertajam penglihatan. Contoh sediaan, misalnya : Cendo Augentoni

Macam macam merek obat sakit mata berikut ini kami akan memberikan Macam macam obat tetes mata dan Bagaimana memilih obat tetes mata yang tepat sesuai keluhan penderita sakit mata? Tentu saja dengan mengenali komponen obat dan kegunaanya akan sangat membantu dalam menentukan pilihan. Obat tetes mata yang dijual bebas di apotek biasanya mengandung komponen vasokonstriktor untuk meredakan mata merah, air mata buatan untuk mengatasi mata kering, dan bahan tambahan seperti dapar, lubricant, dan preservative.

Sekalian untuk memudahkan pembaca. Misalnya Insto regular, Visine original, dan Braito original, ketiganya mengandung Tetrahydrozoline HCl dan Benzalkonium chloride. Tetes mata yang mengandung kombinasi ini diindikasikan untuk menghilangkan iritasi dan kemerahan pada mata.

Tetrahydrozoline HCl merupakan agen vasokonstriktor yang dapat mempengaruhi sistem syaraf pusat dan pembuluh darah. Pada saat iritasi, pembuluh darah dalam keadaan vasodilatasi sehingga mata memerah. Apabila digunakan tetes mata yang mengandung senyawa aktif ini, pembuluh darah akan mengalami vasokonstriksi sehingga mata tidak memerah lagi.

Sedangkan Benzalkonium chloride merupakan bahan pengawet atau preservative yang mempunyai daya membunuh bakteri (bakterisida). Perlu diperhatikan bagi pengguna kontak lensa, Benzalkonium chloride ini dapat menyebabkan penghilangan warna.

Insto moist, Visine tears, dan Braito tears mengandung Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) dan Benzalkonium chloride. Khusus untuk Visine tears ada tambahan Polyethylene glycol (PEG) dan Glycerin. Kombinasi obat ini diindikasikan untuk menghilangkan iritasi dan kekeringan pada mata. HPMC ini digunakan sebagai air mata buatan, sedangkan PEG berfungsi untuk lubricant atau pelumas.
Tetes mata Rohto mengandung Naphazoline HCl, asam borat, Na borat, Dinatrium edetat, Polisorbat 80, dan Benzalkonium chloride diindikasikan untuk menghilangkan iritasi dan kongesti mata atau pengobatan kondisi alergi serta peradangan.

Naphazoline adalah senyawa simpatomimetik yang ditandai dengan aktivitas alfa adrenergic, bekerja sebagai vasokonstriktor dengan cepat mengurangi pembengkakan membrane mukosa. Naphazoline bekerja pada reseptor di arteri konjungtiva menjadi konstriksi sehingga menghasilkan penurunan penyumbatan/kongesti.
Sedangkan kombinasi ion natrium dan benzalkonium chloride berfungsi sebagai emollient/pelembut dan pengganti air mata pada pemakai lensa kontak. Pada sediaan Rohto cool ditambahkan I-menthol sebagai cooling agent. 
Apabila terjadi iritasi dan mata merah saja, pilih Insto regular, Visine original, atau Braito original

Jika terjadi iritasi dan mata kering, pilih Insto moist, Visine tears, atau Braito tears.
Bila terjadi iritasi sekaligus mata merah dan kering, bisa menggunakan Visine extra.
Apabila disertai dengan alergi atau peradangan, Rohto menjadi pilihan yang tepat.
Jika lebih parah dari itu, mungkin butuh Alletrol atau tetes mata Cendo
Macam Macam Obat Mata Tradisional 

1. Kayu secang
Kayu secang (Caesalpinia sappan) 5-10 cm
Air bersih 1 gelas
Cara membuat dan menggunakan obat sakit mata-nya :
Aduk kayu secang dalam air bersih.
Teteskan airnya pada bagian mata yang sakit 1-3 x 1 hari sebanyak 1-3 tetes.

2. Buah mengkudu
Buah mengkudu (Morinda ctrifolia) 1-2 buah
Tuak aren 1 gelas
Cara membuat dan menggunakan obat sakit mata-nya :
Cuci sampai bersih buah mengkudu, lalu parut. Tambahkan tuak aren, campur hingga rata, peras.

3. Bunga kitolot
Bunga kitolot (Isotoma longiflora) 1 tangkai
Air bersih
Cara membuat dan menggunakan obat sakit mata-nya :
Celupkan sebentar bunga kitolot ke dalam air.
Teteskan air di pangkal bunga kitolot pada mata yang sakit. Lakukan 2-3 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

4. Daun bingbin
Daun bingbin (Pinanga coronata) muda 1-2 lembar
Cara membuat dan menggunakan obat sakit mata-nya :
Remas-remas daun bingbin sampai keluar airnya.
Teteskan obat mata 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

5. Daun sirih
Daun sirih (Piper betle) 7 lembar
Air bersih 2-3 gelas
Cara membuat dan menggunakan obat sakit mata-nya :
Cuci sampai bersih daun sirih, lalu rebus sampai mendidih, dinginkan.
Gunakan untuk obat pencuci mata yang sakit. Lakukan 2-3 x 1 hari.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:08

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.