loading...

Kepiting, Cara Membedakan Kepiting Jantan dan Betina Serta Tips Memingsankan Kepiting

Posted by

Cara Memilih Kepiting Yang Bagus dan Fresh serta Tips Membuat pingsan Kepiting agar mudah diolah/dimasak.
Salah satu daging seafood yang banyak penggemarnya adalah daging kepiting. Meskipun dari segi harga termasuk mahal tetapi karena rasa dagingnya yang khas dan istimewa, kepiting tetap dicari penggemar kuliner seafood. Jika anda sedang jalan-jalan ke Jawa Timur atau Surabaya khususnya ada sebuah warung makan yang menjual kepiting dan pengunjungnya tidak pernah sepi. Mungkin diantara pembaca sudah ada yang pernah berkunjung dan makan di rumah makan Cak Gundul (ini bukan iklan lho) dimana mereka menyediakan kepiting berukuran Jumbo dan kalau tidak salah kepiting yang dijual adalah kepiting dari tambak.



Komposisi Daging Kepiting.
Kandungann Gizi daging Kepiting. Daging kepiting hanya sedikit mengandung lemak (sekitar 1 gram per 100 gram), lebih sedikit jika dibandingkan dengan daging ayam (sekitar 6-10 gram per 100 gram) atau daging kambing (11-12 gram per 100 gram). Demikian juga kandungan asam lemak jenuhnya relatif rendah (0.1 gram per 100 gram) jika dibandingkan daging ayam (2.2-2.6 gram per 100 gram) dan daging kambing (4.3 gram per 100 gram). Di samping itu, seperti telah disebutkan sebelumnya, daging kepiting juga mengandung asam lemak Omega-3 sedangkan daging ayam dan daging kambing tidak.

Kandungan Kolesterol Pada Kepiting Relatif Kecil
Kekhawatiran terhadap kandungan kolesterol tinggi tidak perlu terjadi saat mengonsumsi kepiting karena kandungan kolesterol kepiting tergolong rendah (78 miligram per 100 gram). Kandungan kolesterol tersebut kurang lebih setara dengan daging ayam panggang tanpa kulit (75 miligram per 100 gram). Sebagai perbandingan, satu butir telur ayam mengandung 212 miligram kolesterol, udang sekitar 110-150 miligram per 100 gram, dan termasuk tinggi kolesterol adalah otak (sekitar 1500 miligram per 100 gram) dan hati (sekitar 500 miligram per 100 gram). Faktor lain yang mempengaruhi kenaikan kadar kolesterol dalam darah adalah konsumsi asam lemak jenuh (saturated fatty acid), dan telah diungkapkan sebelumnya bahwa kandungan asam lemak jenuh dari daging kepiting tergolong rendah. Jadi tidak perlu khawatir dengan kadar kolesterol darah anda ketika makan daging kepiting.

Untuk menjaga kesegaran dan citarasa daging kepiting maka kepiting harus dijual dan dibeli dalam keadaan hidup. Tetapi tidak tertutup kemungkinan banyak penjual yang menjual kepiting yang sudah mati karena lama tidak laku.  Beberapa penjual nakal mengakalinya dengan mencampur kepiting yang masih hidup dengan yang sudah mati agar kepiting yang mati juga bisa terjual, jadi pada saat anda memilih akan ditunjukkan yang hidup dan waspadai kalo-kalo dikantongin yang sudah mati.

Pilih kepiting, baik yang jantan maupun betina sebaiknya yang padat jangan yang gembos. Bisa diketahui dengan menekan cangkangnya. Jangan beli kepiting yang diikat penuh lilitan tali jangan-jangan untuk mengelabui kepiting yang capitnya sudah putus.

Cara menjaga agar kepiting awet hidup sampai beberapa hari yakni masukkan dalam panci, beri air garam, jangan lupa ditutup kain (kelambu) agar tidak digigit nyamuk. Bisa tahan beberapa hari.

Masukkan kepiting ke dalam air mendidih. Jangan pakai teknik mutilasi atau ditusuk dulu biar mati baru dimasak, karena biasanya cairan tubuhnya banyak keluar dan ujungnya, dagingnya tidak penuh lagi.

Tips Memingsankan Kepiting
Kalau kita beli kepiting biasanya dalam keadaan hidup, tapi diikat tali. Waktu masih diikat, taruh aja di dalam air es beberapa menit. Kepiting akan lumpuh (termasuk jepitnya), kemudian buka ikatannya, cuci dulu supaya bersih, lalu cemplungkan ke air mendidih.

Cara memilih dan membedakan jenis kelamin kepiting jantan dan kepiting betina

Untuk membedakan kepiting berkelamin jantan dan betina dilihat dari bentuk dan ukuran tutup perutnya. Kepiting jantan memiliki tutup perut yang lancip menyempit, sedangkan kepiting betina tutup perutnya bundar dan lebar. Dari segi fisik pada umumnya yang jantan lebih gede dan betina sebaliknya.

Ada satu, yang disebut kepiting banci. Kepiting jenis ini pada bagian segitiga perutnya tidak menyempit dan juga tidak melebar alias di antara keduanya. Kalau yang doyan kepiting mestinya tahu kepiting banci ini, karena rasa 'telor'nya (sebenarnya bukan telor, agak berwarna putih) jauh lebih enak daripada yang betina. Kalau membedakan jantan dan betina saja tidak bisa, ya mungkin agak susah untuk menentukan jenis kepiting ini.

Kalau merebus kepiting airnya harus diberi arang (baik yg dari batok kelapa maupun yg kayu) untuk menghilangkan racun, serta boleh ditambah jahe untuk menghilangkan bau amisnya.

Untuk check ada tidaknya telor kepiting bisa dilihat dari segitiga penutup perut kepiting itu, anda tinggal buka sedikit saja, kalau memang bertelor akan langsung kelihatan warna orange/kuning. Bukanya di segitiga yang lebar (kepiting betina), kalau yg segitiga sempit (kepiting jantan) nggak bakal ada telornya.

Resep Masakan Kepiting

Masakan Otak-otak Kepiting

Bahan-bahan :
  • 300 gr daging kepiting
  • 110 gr tepung sagu
  • 110 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 putih telur
  • 10 batang daun kucai, iris halus
  • 1/2 sdt garam dan lada bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • Daun pisang secukupnya
  • Sambal kacang kemasan, larutkan dengan air panas
Cara membuat  otak-otak kepiting :
  • Campurkan semua bahan hingga merata
  • Ambil 2 sdm adonan, gulung dalam daun pisang dan semat dengan lidi
  • Panggang di atas bara api/di dalam oven selama 5-10 menit
  • Hidangkan dengan sambal kacang
Demikian beberapa tips tentang memilih kepiting dan Resep Masakan Kepiting, semoga bermanfaat

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:03

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.