loading...

Cara Minum Kopi Yang Benar dan Manfaatnya

Posted by

Kopi, Minuman Paling Digemari dan Banyak Sekali Manfaatnya Bagi Kesehatan


Karena banyak manfaat kesehatannya, New England Journal of Medicine menyimpulkan bahwa peminum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini hingga 16 persen. Tapi sayangnya, belum semua orang mengetahui cara minum kopi yang benar sesuai manfaat kesehatannya.


Seperti dikutip laman Livestrong, meskipun minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar hormon stres kortisol dan menumbuhkan ketergantungan pada kafein, ada 10 cara minum kopi yang tepat sesuai manfaat kesehatannya:

1. Pencegahan batu empedu

Peneliti Harvard pada 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko batu empedu hingga 25 persen.

2. Mencegah depresi

Dalam laporan Archives of Internal Medicine pada 2011 disebutkan bahwa perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko depresi hingga 15 persen. Sementara orang yang minum empat cangkir sehari memiliki risiko depresi 20 persen lebih rendah.

3 . Peningkatan memori

Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan pada 2005 di Amerika Utara, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi dua cangkir kopi rata-rata memiliki memori jangka panjang.

Menariknya, sebuah studi 2007 menemukan bahwa wanita dan laki-laki berusia 65 tahun keatas dan minum tiga cangkir kopi setiap hari hanya mengalami sedikit penurunan memori.

Sementara para peneliti di University of South Florida pada tahun 2011 malah menyarankan lansia untuk minum kopi sebanyak empat sampai lima cangkir setiap hari untuk mengurangi risiko Alzheimer.

4. Risiko Diabetes

Penelitian yang dilakukan pada Januari 2012, 'Journal of Agricultural & Food Chemistry' menyebutkan bahwa ada senyawa dalam kopi yang dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah studi pada 2008 di Swedia menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko kanker payudara. Studi pada 2011 yang dipublikasikan di 'Breast Cancer Research' juga menemukan bahwa minum lima cangkir atau lebih juga bisa menurunkan risiko kanker payudara sekitar 20 persen.

Tak hanya bermanfaat bagi perempuan, karena studi yang disebut dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi dapat menurunkan risiko kanker prostat.

6. Meningkatkan metabolisme

Jika sebuah studi pada 1980 menyebutkan bahwa kopi dapat merangsang metabolisme, pada studi 2006 peneliti menemukan ekstrak kopi dapat meningkatkan berat badan orang dewasa selama 22 minggu.

7. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

'The Journal of American Medical Association' pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein bisa menurunkan risiko Parkinson. Dan pada sebuah studi 2010, minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit yang sama.

8. Antioksidan

Dalam penelitian yang dilakukan Harvard Edward Giovannucci yang diterbitkan dalam 'Cancer Epidemiology , Biomarkers & Prevention', mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada sayuran dan buah-buahan. Bahkan pada 2005 disebutkan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu di Amerika.

9. Meningkatkan kinerja

Kopi memang sering dikaitkan dengan meningkatnya daya tahan dan kinerja tubuh. Sebuah penelitian pada 2008 yang menyertakan atlet menyimpulkan bahwa minum kopi dapat membuat atlet tampil baik selama latihan meskipun kurang tidur.

10. Pencegahan asam urat

Studi pada 2007 menyebutkan, orang yang minum enam cangkir sehari bisa menurunkan risiko asam urat sebanyak 60 persen.

Lalu, berapa banyak kopi yang boleh kita minum setiap harinya? Berikut aturan minum kopi yang berkaitan dengan kesehatan tubuh 

1. Ukuran Pinggang
Secangkir kopi dapat mengecilkan ukuran pinggang Anda jika Anda memilih meminum secangkir black coffee daripada caffe latte. Secangkir caffe latte mengandung 170 kalori, sedangkan secangkir black coffee hanya mengandung 160 kalori. Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa kopi hijau yang tidak dibakar dapat membantu diet Anda karena kandungan gulanya yang sedikit dan juga mampu membakar lemak dalam tubuh.

2. Jantung
Dr. Graham seorang konsultan cardiology dari Guy's and St Thomas NHS Foundation Trust mengatakan bahwa secangkir kopi dapat meningkatkan detak jantung hingga 100 detak/menit dan mempersempit pembuluh arteri  sehingga meningkatkan tekanan darah.

Untuk mereka yang sehat, hal tersebut tidak berbahaya, justru akan meningkatkan mood. Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh para peneliti di Korea Selatan menemukan pria dan wanita yang meminum kopi memiliki sedikit risiko penyumbatan kalsium di pembuluh arteri mereka dan dapat mengurangi risiko gagal jantung.

Akan tetapi, bagi mereka yang mengidap penyakit jantung, tidak dianjurkan meminum kopi instant karena kandungan potasiumnya yang tinggi justru berbahaya.

3. Usus
Minum kopi di pagi hari pasti membuat perut mulas karena kafein menstimulasi dan meningkatkan kontraksi dalam usus sehingga feses akan keluar lebih cepat dari biasanya.

Ini juga berarti bahwa nutrisi memiliki sedikit waktu untuk diserap ketika berada di saluran pencernaan sehingga akan membahayakan tubuh jika tidak diimbangi dengan makanaan yang sehat.

Selain itu, kafein juga menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Disarankan untuk memberi jeda waktu antara minum kopi dan memakan makanan yang mengandung zat besi seperti daging.

Terlalu banyak minum kopi juga dapat memicu dehidrasi yang berujung pada sembelit dan iritasi lambung karena kafein dapat meningkatkan produksi gas asam lambung.

4. Tulang
Sudah diketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat mengakibatkan osteoporosis karena kafein membuat osteoblasts tidak berfungsi dengan baik. Untuk menghindari resiko osteoporosis, sebaiknya jangan minum lebih dari tiga cangkir kopi dalam sehari.

5. Gigi
Anda pasti khawatir mengonsumsi kopi dalam jangka panjang akan menyisakan noda pada gigi Anda? Dr. Mervyn Druian seorang dokter gigi dari The London Tooth Whitening Centre mengatakan bahwa noda yang dihasilkan teh lebih kuat daripada kopi.

Kopi hanya menodai gigi tanpa menembus lapisan email gigi. Noda tersebut akan hilang selama 14 hari dengan pasta gigi yang mengandung zat pemutih. Berita bagusnya, kopi mengandung bahan kimia yang secara efektif menghentikan pertumbuhan bakteri streptococcus dalam mulut.
(dailymail.co.uk)

Para ahli berpendapat, satu menit setelah Anda meminum kopi, itu akan mencapai perut Anda. Satu atau lebih dari ratusan senyawa memicu produksi hormon tertentu dalam tubuh Anda, seperti motilin yang merangsang kontraksi atau usus gastrin yang menyebabkan sekresi asam dalam perut Anda. Itulah yang terjadi saat Anda buang air besar.

Tetapi, para ilmuwan mengatakan itu juga mungkin karena kombinasi dari segala sesuatu yang terjadi atau rutin dilakukan sejak bangun pagi hingga mengantarkan Anda ke toilet. Usus Anda sekitar dua kali lebih aktif di pagi hari berkat irama sirkadian tubuh Anda.

Sarapan pagi Anda yang biasanya diakhiri dengan kopi, dimana keduanya memicu kontraksi di usus, itulah yang sebabkan Anda ingin buang air besar di pagi hari.

Jika tak ingin terlalu banyak buang air besar di pagi hari, setelah bangun tidur sebaiknya tunggu sekitar dua jam sehingga ini bisa memberikan usus Anda cukup waktu untuk bereaksi di pagi harinya. Dan, saat Anda minum kopi pertama, cobalah untuk tidak menggabungkannya dengan makanan atau olahraga karena keduanya bisa membuat usus kontraksi.

Simak tips cara menikmati kopi yang benar
 
Ketahui jenis kopi yang akan diseduh

Jenis kopi yang paling umum dikonsumsi di Indonesia adalah kopi berjenis Robusta. Hanya sedikit saja yang kini merasa mantap pilihannya meminum kopi berjenis Arabika. Robusta memiliki cita rasa yang pahit sedangkan Arabika memiliki cita rasa asam. Mau yang pahit atau asam itu adalah pilihan kamu. Ada lebih suka dengan kopi asam daripada pahit, begitu juga sebaliknya. Sebelum meminumnya ada baiknya kamu tanyakan dulu jenis kopi yang disediakan apa jika kamu membeli kopi di kedai kopi, sehingga tidak ada kata menyesal ketika sudah mencicipi kopi yang dihidangkan. Tersedia juga dari berbagai daerah penghasil kopi berjenis Arabika dan Robusta di Indonesia. Semakin kamu tahu, maka semakin kamu nyaman untuk menikmati kopi

Waktu Terbaik Kopi
Caffe Culture Imagery (14th – 15th November 2011)
Kopi memiliki sifat khusus apabila sudah dilakukan proses penyangraian atau roasted. Dengan penyimpanan yang baik dan benar kualitas kopi yang telah di sangrai memiliki waktu terbaik penyajian kurang lebih 1 bulan lamanya. Lain lagi jika sudah di grind atau sudah dalam bentuk bubuk. Kualitas terbaik disajikannya adalah dalam waktu 1-2 minggu saja. Kenapa? Karena kopi memiliki sifat melepaskan senyawa berupa aroma yang khas. Dimana aroma tersebut makin lama akan terus menguap. Sehingga lama-kelamaan karakter rasa pada kopi kurang istimewa. Saat bubuk kopi dituang dengan air mendidih(usahakan tanpa diaduk), maka akan terjadi proses ekstrasi atau keluarnya zat kimia pada kopi. Cara menikmati waktu terbaik kopi saat setelah kopi didiamkan kurang lebih 4 menit. Di waktu itulah karakter rasa pada kopi akan dapat kita rasakan. Rasakan kenikmatannya

Tidak merokok sembari menikmati kopi

Masyarakat kita memang gemar minum kopi sambil merokok. Jika kamu ingin menikmati kopi yang benar dan memang pecinta kopi tentu tahu bahwa kopi memiliki sifat penyerap aroma disekitarnya. Selain itu lidah sebagai indra pengecap kurang bisa megindrakan karakter rasa pada kopi. Kamu pernah menemukan rasa jeruk pada kopi Bali? Atau rasa cengkeh pada kopi Toraja?. Mulai sekarang hentikan merokok sambil minum kopi. Temukan karakter rasa pada kopimu

Kenali makanan ringan ideal minum kopi

Sambil minum kopi terasa hambar jika tidak ada cemilannya. Sesuaikan makanan kecil dengan jenis kopi yang Anda minum. Untuk kopi Amerika Latin, pilih kudapan berupa cake cokelat karena kopi Latin beraroma cokelat. Kopi Indonesia paling cocok dipadukan dengan kacang-kacangan (kacang tanah) atau singkong goreng. Pilih buah-buahan atau cake rasa buah-buahan untuk kopi dari Afrika yang beraroma bunga dan buah. Kembali ke selera kamu, tidak ada pakem yang menentukan

Sehari Cukup Dua Cangkir

Kamu sangat adiktif dengan kopi? Ingat jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kopi. Ada kandungan kafein yang banyak pada secangkir kopi. Kafein membantu merangsang tubuh kita menjadi lebih fokus, bersemangat, dan memiliki energy untuk menjalani aktifitas. Dua cangkir untuk cangkir pertama di pagi hari di kisaran jam 8 pagi, dan cangkir kedua di kisaran jam 2 sore. Bagaimana jika malam hari mengkonsumsi kopi? Boleh kok, asal jauh sebelum jam tidur kamu. Jangan sampai nanti kamu jadi susah tidur, yang ada tidurnya dipaksakan. Bisa jadi tidak berkualitas tidur kamu nanti

Cari Suasana Baru
Siapa yang setuju suasana tempat kita meminum kopi berpengaruh terhadap nikmatnya minum kopi? Tidak peduli kamu minum kopi di rumah ataupun di kedai kopi. Suasana kini menjadi tolak ukur kita dalam menikmati kopi. Suasana bisa di peroleh dari desain interior ruangan yang tempo dulu atau modern, sajian wadah kopi yang eksotis, meja yang berasal dari kayu jati, hingga lantunan musik yang di putar di kedai-kedai kopi. Minum kopi dengan mencari suasana baru sangat berpengaruh terhadap kamu menikmati kopi. Di tambah dengan serunya pergi bersama teman-teman untuk menikmati kopi. Nikmatnya luar dalam. Konsumen kini sudah pintar, bahwa membeli kopi di kedai kopi juga berarti membeli suasana yang ditawarkan. Kalau suasananya tidak nyaman, besok-besok jangan harap konsumen akan kembali lagi. Jadi kenali suasana saat kamu hendak ingin minum kopi, baik itu di rumah, tempat kerja, kedai kopi, bahkan saat kamu berada di gunung atau pantai kamu bisa mendapatkan suasana yang kamu ingin dapatkan membuat menikmati kopi menjadi lebih nikmat

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:14

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.