loading...

Cara Menanam Pohon Kiwi dari Pembibitan Sampai Panen Buah

Posted by

Budidaya Buah Kiwi, Pembibitan, Penanaman, Pemeliharaan Sampai Panen Buah Kiwi

Buah kiwi diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan vitaminnya yang bermacam-macam. Buah kiwi juga sangat bagus untuk memperlancar pencernaan.


Kiwi merupakan buah yang kaya akan vitamin C, kalium, vitamin E, dan sejumlah kecil vitamin A. Kulit buah kiwi merupakan sumber flavonoid yang merupakan zat antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Minyak biji buah Kiwi mengandung asam alfa-linolenat, dan asam lemak omega-3. Buah Kiwi berukuran medium dapat mengandung sekitar 46 kalori, 0,3 g lemak, 1 g protein, 11 g karbohidrat, dan 2,6 g serat.

Ternyata ada satu lagi kelebihan dari buah kiwi yaitu tanaman buah kiwi sebenarnya mudah sekali dikembangbiakkan karena kita bisa dengan mudah mendapatkan bibitnya hanya dengan menyemai biji buah kiwi dengan cara yang sederhana. Berikut ini cara mudah menanam buah kiwi.

Buah Kiwi ini adalah sejenis buah beri yang berasal dari Cina. Buah kiwi biasanyal berbentuk oval, sebesar telur ayam . Buah ini sangat kaya akan serat, kulit buah kiwi ini berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. Buah yang unik ini ternyata juga mempunyai rasa yang unik juga.

Pohon kiwi memang sangat bisa untuk tumbuh dengan subut di negeri tropis seperti Indonesia. Untuk menanam pohon Kiwi anda perlu menyiapkan lahan yang bebas hama tanaman seperti rumput liar, anda bisa menyiangi rumput-rumput atau tanaman kecil-kecil lainnya sebelum anda tanami pohon kiwi. Setelah tanahnya bebas hama maka anda bisa menggemburkan tanah dan juga memberinya pupuk kandang. Anda bisa juga mengatur keasaman tanah yang anda persiapkan.

Sebelum dua minggu sebelum penanaman anda harus mempersiapkan lubang-lubang yang nantinya akan ditanami benih pohon kiwi, ukuran jarak antara  lubang-lunang tersebut adalah 2 x 2 meter. Pada saat menggarap lahan anda juga bisa sembari memulai proses pembibitan pohon kiwi.

Cara mendapatkan bibit pohon Kiwi
  • Pertama anda harus menyemaikan biji bibit pohon kiwi. Cara menyemai biji kiwi adalah dengan merendam dengan air hangat dan setelah itu kita keringkan. 
  • Selanjutnya biji-biji kiwi tersebut dibungkus dengan tissu ataupun kapas selama satu malam dan biji kiwi pun siap ditanam di persemaian. 
  • Gunakan media tanah humus untuk persemaian dan jangan sampai terkena kontak dengan sinar matahari secara langsung. 
  • Tanamkan biji-biji tersebut di tanah tersebut sampai kurang lebih sepuluh hari. 
  • Setelah sepuluh hari biasanya kecambah sudah mulai tumbuh.

Setelah kecambah tumbuh dan mempunyai daun anda bisa meletakkannya di pot-pot sampai tumbuh cukup besar untuk ditanam di lahan yang sudah disediakan.

Untuk penanaman di lahan tersebut anda bisa menanamnya seperti biasa, pangkal pohon kita tinggikan dengan timbunan tanah agar tidak tergenang oleh air.

Untuk pemeliharaan, penyiraman dan pemupukan bisa dilakukan seperti halnya tanaman-tanaman buah jenis lainnya. Jangan biarkan tumbuh gulma dan rumput liar disekitar tanaman buah kiwi agat tanaman bisa tumbuh dengan subur.

Tanaman buah kiwi mulai berbuah pada umur 3 - 4 tahun sejak mulai ditanam

Manfaat Buah Kiwi antara lain:
  • 1. Dapat mencegah asma dan penyakit pernapasan lainnya
  • 2. Dapat melawan penyakit kardiovaskular
  • 3. Anti Kanker
  • 4. Bermanfaat bagi Kesehatan pencernaan
  • 5. Bermanfaat bagi kesehatan mata
  • 6. Mengelola tekanan darah
  • 7. Baik untuk kulit
  • 8. Meningkatkan kekebalan
  • 9. Dapat melawan penyakit pada laki-laki
  • 10. Mendukung pada proses Kelahiran yang sehat

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:02

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.