loading...

Cara Membuat Tepung Mocaf dari Singkong dengan Sederhana

Posted by

Tepung mocaf atau modified cassava flour adalah jenis tepung yang berasal dari bahan singkong atau ubi kayu. Tepung ini bisa difungsikan sama dengan tepung terigu karena karakteristiknya yang mirip sehingga bisa dimanfaat sebagai campuran tepung terigu atau bahkan sebagai pengganti terigu.



Bagaimana cara membuat tepung mocaf asal singkong tersebut?

Berikut cara membuat tepung mocaf:
Langkah-langkah pembuatan tepung Mocaf antara lain:
  • Persiapn bahan baku utama yaitu Singkong atau ubi kayu
  • Proses Pencucian
  • Pengupasan Singkong
  • Proses Perajangan/Pemotongan Singkong
  • Bentuk Rajangan singkong dalam bentuk chip
  • Proses Perendaman dengan enzim /starter selama 24 jam
  • Proses Penirisan selama 15 menit
  • Proses Pengeringan 10
  • Proses Penepungan atau penggilingan
  • Prose Pengepakan atau packing.
Pembersihan dan pencucian Singkong Singkong atau ubikayu yang masih segar dibersihkan dari tanah dan kotoran yang melekat dalam keadaan ubi kayu belum terkelupas. Sebaiknya ubi kayu diproses sebelum layu, karena kualitas olahan tertinggi akan dicapai apabila ubi kayu tersebut tidak lebih dari 24 jam.

Pengupasan Kulit singkong. Pengupasan adalah melepaskan bagian kulit singkong secara manual yaitu dilakukan satu persatu dan merupakan cara pengupasan singkong yang terbaik. Pengupasan ini dapat dilakukan dengan alat bantu pisau atau alat khusus untuk pengupasan singkong. Lendir pada permukaan singkong sebaiknya dihilangkan dengan cara dikerik menggunakan pisau atau disikat. Membersihkan lendir harus segera dilakukan setelah umbi dikupas, disisni dimaksudkan agar supaya kadar asam biru atau asam sianida (HCN ) dapat dihilangkan atau dikurangi.

Pencucian disertai Perendaman. Singkjong yang telah dikupas secepatnya dicuci dengan air bersih yang mangalir, apabila harus menunggu diproses, maka singkong yang telah dikupas sebaiknya dibiarkan sementara dalam rendaman air.

Perlu diperhatikan bahwa proses perendaman umbi singkong ini harus benar-benar terendam seluruhnya dalam air, karena apabila ada bagian singkong yang tidak terendam akan berwarna biru kecoklatan karena pengaruh proses oksidasi atau proses kimiawi.

Perajangan singkong menjadi chip Singkong yang telah direndam kemudian dijadikan chip. Chip adalah merupakan potongan umbi singkong dalam bentuk potongan kecil-kecil berukuran 1- 5 mm. Perajangan ini dilakukan dengan mengggunakan alat perajang khusus pembuat chip singkong atau dapat pula dengan menggunakan alat untuk membuat sawut singkong.


Agar supaya pengeringan chip lebih cepat dan juga untuk menurunkan kandungan racun asam biru terutama pada umbi singkong yang pahit, maka perlu dilakukan proses pemerasan chip. Chip yang tidak diperas membutuhkan waktu penjemuran selama 15-16 jam sedangkan chip yang diperas umumnya cukup dengan penjemuran selama 7-8 jam.

Pengeringan chip. 
Chip basah hasil pengepresan segera dijemur menggunakan alas anyaman bamboo yang disebut rigen, anyaman plastic, tikar, atau menggunakann bahan lain hingga kadar air pada chip tersebut turun menjadi kurang dari 12 % Penggilingan atau penepungan.

Chip yang sudah kering dengan kadar air kurang lebih 12 persen selanjutnya dapat digiling menjadi tepung dengan menggunakan mesin penggiling tepung beras dengan ukuran 80 mesh, dan alat penggilingan tepung semacam ini umumnya banyak dijumpai didaerah pedesaan.

Pengemasan Tepung mocaf 
Tepung mocaf hasil penggilingan selanjutnya siap untuk dikemas hal inI disesuikan dengan kebutuhan, dan selanjutnya siap untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue atau roti atau untuk dipasarkan lebih lanjut.

Demikian cara sederhana pembuatan tepung mocaf dari singkong. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://bpkaliori.blogspot.co.id/2013/04/teknik-dan-cara-pembuatan-tepung-mocaf.html

Jika menggunakan cara dari Kipti:

  • Cuci bersih singkong agar tanah atau kotoran tidak menempel
  • Singkong dikupas dan lapisan kulit singkong yang berwarna cokelat di buang, umbinya sebaiknya direndam dalam air untuk mencegah perubahan warna.
  • Setelah dikupasdan bersih, singkong di iris tipis-tipis sebesar 2 - 3 cm
  • Rendam singkong dalam larutan Enzim dengan dosis 5 ml/liter air. seluruh bagian singkong harus terendam, rendam selama 7 s/d 8 jam, Enzim bisa diperoleh dari PT KIPTI, yang membuat sendiri enzim nya. 
  • Lalu Singkong di tiriskan 
  • Jemur di terik matahari sampai kering, kadar air 12 - 14 %, biasanya memakan waktu 2 - 3 hari, alas penjemuran bisa menggunakan anyaman bambu.
  • Setelah kering irisan singkong digiling dengan mesin penepung, bisa menggunakan penepung beras.
  • Lalu gunakan ayakan penyaring dengan saringan 60 mesh agar butiran tepung lebih halus.
  • Selesai, tepung siap digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.Setelah menjadi tepung bisa digunakan sebagai pengganti dan atau campuran terigu untuk pembuatan mie kering/basah-bihun-pempek-baso-krupuk-brownies-bolu-kue lapis-kue kering-nastar-cke-cookies-roti tawar-sus kering-kaastangels-ayam goreng kentucky dan aneka gorengan.
  • Aman untuk para penderita diabetes dan autis.

Sumber:
http://kipti.blogspot.co.id/2010/03/produk-tepung-mocaf.html

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:15

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.