loading...

Cara Memberi Pakan Ikan Nila Yang Benar

Posted by

Jenis pakan yang baik berupa pellet yang mengandung 25% protein. Selain itu juga dapat diberikan pakan tambahan berupa dedak halus, ampas tahu atau bahan makanan lain yang mudah diperoleh. Pemberian pakan per hari harus, yaitu sebanyak 3-5% dari berat tubuh ikan, dilakukan dua kali sehari.

Dapat juga digunakan makanan buatan sendiri yang terdiri  : Tepung ikan 25%, Kopra 10%, dan Dedak halus 65%.

Proses pemberian pakan saat pertama kali anda lakukan adalah setelah 10 hari benih ikan nila di masukan atau ketika benih ikan mulai muncul dipermukaan air.

Takaran pemberian pakan adalah :

Ukuran larva – 8 gr => 10 – 20 % dari biomasa

Ukuran 10 gr => 5 – 10 % dari biomasa

Sebagai contoh hitungannya :

ikan ukuran 8 gr berapa banyak pakan harus diperlukan?

Berarti 8 * 40000 * 10 % = 320000 * 10 % = 32000 gr = 32 kg

Jadi perhari anda harus memberi pakan sebanyak 32 kilo di bagi 3 – 4 kali pemberian pakan. Jadwal pemberikan pakan sebaiknya di mulai jam 8 – 9 pagi atau pada saat air kolam mulai terasa hangat. jangan lakukan pemberian pakan di air kolam yang masih dingin karena ikan tidak akan memakannya sehingga banyak pakan yang terbuang, selain itu menyebabkan air kolam menjadi bau (beramoniak) dan menyebabkan ikan menjadi sakit dan mati.

Pemberian pakan sebaiknya anda oplos antara pakan pelet silem dan apung, selain untuk mengurangi biaya pembelian pakan apung yang mahal hasil panen juga dapat optimal. Pada awal pemberian pakan anda dapat menggunaka pelet silem sebanyak 50 – 100 kg dan seterusnya dapat anda gunakan pelet apung sampai panen.

Pada saat anda memberikan pakan ke benih sebaiknya jangan terburu – buru tetapi sedikit – sedikit karena pemberian pakan terlalu banyak dapat menyebabkan ikan makan tidak optimal sehingga banyak pakan ikan yang tidak termakan sehingga mengendap di dasar kolam ( terutama yang menggunakan pakan silem) plus lagi anda lihat kondisi ikan, apakah ikan lahap atau tidak pas dikasih makan? kalau terlihat tidak lahap sebaiknya anda kurangi dulu proses pemberian pakan dan chek apa penyebabnya? kondisi air yang masih dingin dibawah 300C bisa jadi penyebabnya, kalau begitu anda tunggu sampai air kolam terasa hangat.atau bisa juga aliran pemasukan air tertutup sehingga air bau karena tidak tersirkulasi dengan benar dan oksigen di air kolam sedikit. Selain itu sebaiknya anda menggunakan pakan yang berkualitas baik dengan kadar protein 34 %.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:39

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.