loading...

Cara Agar Wajan Tidak Lengket

Posted by

Berikut adalah tips memasak tanpa lengket yang dapat Anda ikuti.

• Wajan atau panci anti lengket adalah solusi pertama dan paling mudah bagi Anda agar masakan tidak lengket. Untuk wajan anti lengket yang baru, Anda dapat mendidihkan air yang sudah dicampur dengan sedikit cuka dalam wajan, kemudian cuci wajanAnda seperti biasa.

• Garam juga dapat digunakan untuk mencegah masakan lengket di wajan. Anda dapat memanaskanwajan, lalu masukkan garam. Biarkan garam yang Anda taburkan hingga panas lalu buang.

• Ketika menggoreng ikan, lumuri ikan dengan mentega yang sudah dicairkan terlebih dahulu lalu diamkan sebentar. Sementara itu, panaskan minyak di atas wajanAnda, taruh selembar daun pisang di atasnya kemudian goreng ikan Anda. Trik ini juga dapat diterapkan pada masakan yang dibakar atau dikukus.

• Hindari membolak-balikkan makanan sebelum kering selama proses penggorengan berlangsung untuk menghindari bagian yang masih basah menempel padawajan Anda.

• Sebelum menggoreng sesuatu, ambilah sepotong kunyit, gosokkan di penggorengan sebelum Anda tambahkan minyak goreng. Kunyit disini juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis pada bahan masakan Anda.

• Tuangkan minyak goreng ke dalam penggorengan Anda, tumis sepotong bawang merah. Cara ini juga dapat mencegah masakan Anda lengket di wajan. Selain itu, bawang merah berfungsi untuk menjadikan bahan makanan yang berbau kurang sedap menjadi harum.

Perhatikan Bumbu Masakan

Ada beberapa jenis bumbu masakan yang rawan lengket. Misalnya makanan yang dibumbui dengan banyak gula, kecap atau bumbu pekat lainnya. Sebaiknya, bumbu sudah meresap ke dalam masakan. Sehingga tidak terlalu membasahi atau melumuri permukaan makanan yang membuatnya rawan lengket.

Menggoreng Dengan Suhu Panas Yang Pas

Pastikan minyak sudah cukup panas (bukan terlalu panas). Saat seperti itu, menggoreng makanan akan lebih mudah dengan kematangan merata dan warna yang cantik. Menggoreng dengan suhu yang pas juga bisa mencegah makanan lengket di wajan.

Mengeringkan Wajan Sebelum Digunakan

Keringkan wajan yang Anda gunakan. Bila perlu, garang sebentar di atas kompor. Selanjutnya masukkan minyak dan panaskan sebentar. Setelahnya, masukkan masakan Anda. Saat wajan bersih dan kering, bisa terhindar dari resiko masakan lengket,

Normalkan Suhu Makanan

Makanan yang baru didinginkan, sebaiknya dibiarkan dulu dengan suhu ruangan. Saat makanan itu mulai basah, usahakan bisa dikeringkan atau cukup liat untuk dimasukkan dalam minyak. Makanan yang terlalu basah juga kurang bagus untuk penggorengan, membuat hasil gorengan kurang kering. Sedangkan suhu makanan yang masih dingin dan basah biasanya cenderung mudah lengket. Misalnya ikan goreng.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:21

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.