loading...

Agar Tinggi Badan Bisa Bertambah, Ini Caranya !!!

Posted by

Cara Mudah dan Alami Menambah Tinggi Badan
Tags: Tinggi badan, menambah tinggi badan, cara agar badan tambah tinggi, tinggi badan bertambah, badan kurang tinggi, agar badan tambah tinggi.
Memiliki badan yang tinggi kadang menjadi dambaan seseorang. Tidak peduli dia pria atau wanita umumnya ingin memiliki badan yang lebih tinggi dari keadaannya yang sekarang. Bagaimana cara alami untuk menambah tinggi badan? Ikuti Tipsnya dibawah ini:
Streching

Streching adalah salah satu cara menambah tinggi badan. Sehabis bangun tidur, lakukan streching. Gerakan menendang masing-masing kaki 75 kali. Untuk hasil yang maksimal, setelah itu minum susu yang mengandung kalsium tinggi. Sebelum tidur Anda dapat melakukan streching di tempat tidur. Dengan Posisi tidur dan semua badan ditarik. Kemudian tidur dengan pola yang benar.

Berenang 

Dengan melakukan olahraga yang rutin seperti berenang, basket, bersepeda, dan sebagainya adalah cara alami untuk menambah tinggi badan. Berenang sudah banyak dikenal memiliki manfaat untuk menambah tinggi badan. Berenang dapat membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Lakukan berenang setiap hari minimal 30 menit.

Yoga 

Anda dapat melakukan yoga untuk menambah tinggi badan. Lakukan yoga secara rutin dengan diiringi musik slow atau bisa menggunakan headset. Atur pernapasan yang benar pada setiap gerakan. Minum susu yang berkalsium tinggi. Sore hari Anda bisa bersepeda. Sebelum tidur lakukan sedikit yoga di atas tempat tidur dan dengan diringi musik slow. Atur pengaturan pernapasan yang benar. Tidur dengan pola yang benar.

Bersepeda 

Bersepada merupakan cara menambah tinggi badan yang dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini karena gerakan kaki pada saat mengayuh , otok kaki akan terstimulasi dan pada akhirnya dapat menambah tinggi badan dengan cepat. Lakukan bersepeda setidaknya 10-15 menit per hari.

Melompat 

Sama halnya dengan bersepeda, dengan melompat maka otot kaki akan terstimulasi yang pada akhirnya membuat tubuh menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu melompat sangat cocok untuk dilakukan pada saat sebelum tidur dan bersepada pada pagi atau sore hari.

Tidur dengan pola yang benar 

Sering kali seseorang tidur dengan posisi yang salah yang dapat menyebabkan postur tubuh menjadi tidak benar, seperti tubuh yang bungkuk dan sebagainya. Posisi tidur yang benar adalah terlentang, kepala menghadap keatas, kaki lurus, serta tidak menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

Tidur secara teratur


Jika Anda sudah berolahraga dengan susah payah dan Anda begadang pada malam harinya, maka jerih payah Anda berolahraga menjadi sia-sia. Hal ini karena hampir 95% pertumbuhan manusia terjadi pada saat keadaan tidur. Pada saat keadaan beraktivitas secara normal, terjadi lonjakan hormon pertumbuhan manusia yang cenderung terjadi sekitar satu sebelum waktu tidur. Maka untuk itu tidur secara teratur adalah hal yang wajib dilakukan untuk menambah tinggi badan.

Mencukupi kebutuhan kalsium 

Kalsium adalah mineral yang penting bagi pertumbuhan tulang, antara lain untuk metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, mencegah osteoporosis, kinerja kerja jantung, pergerakan otot, dan sebagainya. Sumber kalsium terdapat pada makanan seperti : telur, pisang, susu, keju, yogurt, dan masih banyak lagi. Hindari makan sebelum tidur 2 jam sebelum tidur usahakan untuk tidak makan, hal ini dikarenakan makan sebelum tidur dapat memicu hormon insulin yang dapat menghambat distribusi hormon pertumbuhan badan.

Hindari mengkonsumsi makanan penghambat pertumbuhan tulang 

Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang banyak, junkfood, gorengan. Hindari juga minuman bersoda, mengandung kafein, alkohol karena dapat menghambat hormon pertumbuhan manusia atau HGH dan memperlambat penyerapan kalsium yang sebagaimana tentunya menghalangi pertumbuhan tulang. Anda dapat minum susu sebagai sumber kalsium bagi tubuh.

Menjaga postur tubuh 

Untuk menjaga bentuk tulang belakang, hendaknya untuk tetap menjaga postur tubuh kita agar tidak terlihat bungkuk. Ketika sedang duduk, menulis di meja, ataupun berjalan. Sebisa mungkin untuk menjaga jaga postur dalam posisi tegak agar hal tersebut tidak mempengaruhi bentuk tulang belakang.

Cukupi nutrisi dalam tubuh 

Mencukupi protein, vitamin dapat membantu untuk menambah tinggi badan dengan cepat. Sumber makanan yang dapat mempercepat pertumbuhan tulang seperti yoghurt, telur, susu, keju, daging yang merupakan sumber dari zinc, magnesium, dan chromium kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Tips Mempercepat Anak Tumbuh Tinggi

Meski 80% tinggi tubuh anak ditentukan oleh faktor genetis, ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk memacu pertumbuhan tinggi tubuh anak secara aman dengan cara berikut:

• Cukupi nutrisi selagi hamil. Pertumbuhan anak sudah dimulai sejak dalam kandungan, Ma. Karenanya, menurut Prof. Simon Cousens dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, Inggris, upaya mengoptimalkan tinggi tubuhnya sudah bisa dimulai sejak Anda masih mengandungnya dengan cara mencukupi kebutuhan nutrisi selama hamil yang mencapai 2300 kalori per hari.

Selain makan dalam jumlah cukup, konsultasikan pula ke dokter apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen (zat besi, kalsium, seng, asam folat) atau tidak.

• Hindari baby blues. Penelitian yang dilakukan di Johns Hopkins School of Public Health di Baltimore, Amerika, menyatakan bahwa para mama yang mengidap depresi pasca persalinan memiliki risiko 40% membesarkan anak-anak yang terhambat pertumbuhan tinggi badannya.

Salah satu penyebabnya adalah, anak akan tertular stres dari ibunya yang mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem endokrin di dalam tubuh anak. Akibatnya, produksi hormon pertumbuhan di dalam tubuhnya juga akan ikut terganggu.

• ASI eksklusif. Pemberian ASI eksklusif akan menjamin terpenuhinya asupan nutrisi yang seimbang bagi anak pada awal kehidupannya. Ini terutama penting pada usia dua tahun pertama, dimana anak akan mengalami percepatan pertumbuhan tinggi dan berat badan secara pesat.

• Beri makanan bervariasi. Prinsipnya, tidak ada satu jenis makanan pun yang mampu memenuhi semua kebutuhan nutrisi seseorang. Karena itu, berikanlah asupan makanan yang beragam jenisnya kepada anak dalam porsi sesuai kebutuhannya. Pastikan Anda memberikan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat dalam jumlah seimbang setiap harinya.

• Pelihara kesehatannya. Serangan penyakit—terutama pada masa-masa awal kehidupannya, bisa mengakibatkan anak mengalami kekurangan nutrisi. Anda bisa memberikan perlindungan yang dibutuhkan anak dengan cara menepati jadwal imunisasi.

• Cukupi waktu tidur. Menurut situs Kidshealth, anak-anak membutuhkan waktu tidur antara 10-12 jam setiap malam. Ketika tidur, tubuh anak akan mengalami proses perombakan serta perbaikan sel yang diperlukan oleh tubuhnya. Kelancaran proses ini ikut pula melancarkan pertumbuhan tinggi badannya.

• Tingkatkan aktivitas fisik. Memperbanyak aktivitas fisik seperti bersepeda, berlari, dan melakukan jenis olahraga lainnya akan membuat tubuh anak terhindar dari kondisi obesitas yang bisa menghambat pertumbuhan. Aktif secara fisik juga bermanfaat melancarkan distribusi oksigen dan zat-zat nutrisi ke seluruh sel tubuh sehingga bisa mengoptimalkan proses pertumbuhan.


Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Tinggi Badan Anak

Saat ini para ahli juga meyakini bahwa faktor lingkungan bisa ikut menentukan tinggi badan anak kelak. Apa saja itu?

1. Obat steroid hirup
Dulu diyakini bahwa pengobatan steroid oral dapat menghambat pertumbuhan. Tapi, studi baru menyebutkan bahwa obat steroid hirup, seperti yang digunakan dalam pengobatan asma, juga memberi efek pada tinggi badan anak kelak. “Sejumlah kecil obat yang diserap oleh tubuh dapat berpotensi mengurangi tinggi badan anak kelak hingga 1,5 inchi (3,75 cm),” kata Radhika Muzumdar, M.D., dokter anak subspesialis endokrinologi di Children’s Hospital Montefiore, New York City.

2. Pengobatan ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder)
Beberapa obat yang diresepkan dalam pengobatan ADHD tidak memiliki efek terhadap tinggi badan anak kelak. Meski begitu, bisa saja terjadi keterlambatan pertumbuhan selama tahun pertama pengobatan, yang mungkin disebabkan oleh penurunan nafsu makan. “Beberapa anak dilaporkan mengalami penurunan pertumbuhan dari 2 inchi per tahun menjadi 1 inchi,” kata Paul Kaplowitz, M.D., kepala endokrinologi di Children’s Medical Center di Washington, DC.

3. Cukup tidur
Dengan alasan pertumbuhan, anak-anak disarankan untuk memiliki waktu tidur 9 – 10 jam setiap malamnya. “Pengeluaran hormon pertumbuhan terbanyak terjadi saat anak tidur, hamper mencapai dua pertiga yang diproduksi oleh tubuh dalam sehari,” jelas Dr. Kaplowitz. Terlalu sering mengalami kurang tidur, pada akhirnya dapat membuat tinggi badan anak tak maksimal ketika ia dewasa. Ingin si kecil tumbuh tinggi? Ajak ia tidur lebih awal di malam hari!

4. Diet seimbang
Gizi seimbang antara sayur dan buah segar, susu, dan protein daging (ditambah dengan olahraga teratur) dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal dan memungkinkan si kecil untuk meraih tinggi badan maksimal sesuai dengan genetik yang dibawanya. “Obesitas dapat memicu pubertas dini dan membuat pertumbuhan anak melambat hingga akhirnya terhenti,” kata Dr. Muzumdar. “Ketika gejala pubertas telah komplit, pertumbuhan anak hanya bisa ke samping, dan tak bisa ke atas.”

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:41

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.