loading...

Agar Apel Tidak Berubah Warna Kecoklatan Setelah Dikupas

Posted by

Sebenarnya, ada beberapa tips atau cara yang tepat dalam mengupas apel agar warnanya tidak berubah menjadi coklat.

Cara mengupas apel untuk menghindari perubahan warna menjadi coklat tersebut. diantaranya :

Sebelum apel tersebut dikupas, sebaiknya cuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir dan bersih.

Lalu, siapkan ember atau mangkok yang berisi air lalu taburi dengan garam. Jumlahnya sesuaikan dengan jumlah apel yang akan direndam. Setelah itu barulah anda boleh mengupas apel tersebut. dan memotong-motongnya. Jangan lupa untuk membuang bijinya.

Lalu, rendam apel tersebut di dalam air yang sudah ditaburi dengan garam tadi selama beberapa menit. Lalu, tiriskan.

Jika anda ingin menyimpannya di dalam lemari es, maka anda bisa menaruhnya sambil membungkus apel tersebut dengan kertas atau plastik hingga daging buahnya terlindungi dengan baik.

Masih ada lagi cara lain yang hampir sama dengan cara yang sudah saya sebutkan tadi. Anda bisa merendamnya di dalam air yang sudah ditaburi dengan cuka apel. Kemudian simpan di wadah yang tertutup dan anda bisa menaruhnya di dalam lemari es. Sebaiknya jangan menggunakan cuka apel buatan, tapi pakailah cuka yang alami yang bisa kita olah sendiri. Selain menghindari perubahan warna menjadi coklat, cara ini juga ampuh untuk membuat buah apel anda tetap segar.

Idealnya, buah yang akan kita konsumsi dan yang sudah dikupas tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Tapi banyak dari kita yang lupa atau bahkan menundanya kelamaan walaupun di simpan di dalam kulkas. Cara lain lagi dalam mengupas apel yang baik tanpa membuat apel tersebut berubah warna menjadi kecoklatan adalah dengan beberapa tips sebagai berikut :

Kupas apel tersebut lalu potong-potong menjadi beberapa bagian

Setelah itu, rendam apel tersebut di dalam air panas bersuhu sekitar 82 hingga 93 derajat celcius

Atau jika tidak direndam bisa juga dengan cara diuap dengan air panas

Lalu rendam kembali apel itu di dalam larutan vitamin C dengan ukuran 200 Mg per 1 liter air

Cara ini juga cukup efektif untuk membuat apel tersebut tetap segar dan tidak berubah warna. Serta ada tambahan kandungan vitamin C di dalamnya.

Cara Lainnya Lagi:
Buah apel jika kita kupas kulitnya atau kita potong-potong kemudian didiamkan beberapa saat pasti warnanya akan berubah menjadi kuning kemerah-merahan. Hal ini disebabkan karena getah apel bercampur dengan udara sehingga warnanya berubah. Ada beberapa tips Agar buah apel yang sudah dikupas tidak berubah warna, berikut tipsnya :

Bahan
  • Buah apel
  • Air
  • Garam
  • Air perasan jeruk nipis

Cara
  • Kupas buah apel atau potong saja menjadi 4 bagian
  • Masukan apel kedalam wadah yang berisi air
  • Tambahkan garam sedikit saja
  • Tambahkan air jeruk nipis secukupnya
  • Aduk rata
  • Biarkan sebentar lalu angkat
Rendam dalam air lemon
Cara lain untuk mencegah irisan apel berwarna coklat adalah dengan merendamnya dalam mangkuk berisi air perasan jeruk lemon selama 3-5 menit. Takarannya, 1 sendok makan air perasan jeruk lemon untuk setiap satu cangkir air.

Rendam dalam soda
Irisan apel berubah warna coklat dapat dicegah dengan merendamnya dalam minuman soda berkarbonasi selama beberapa menit. Selesai perendaman, buang air dan simpan potongan-potongan apel ke dalam kantong plastik. Sebaiknya udara dalam kantong plastik dikeluarkan semaksimal mungkin sebelum disimpan. Dengan cara ini, apel akan tetap segar dan tidak berubah warna selama beberapa waktu.

Rendam dalam air garam dinginIrisan apel yang direndam dalam mangkuk berisi air garam dingin selam 3-5 menit tak akan berubah warna menjadi coklat. Takaran perbandingan garam tidak boleh lebih dari ½ sdt per 4 gelas air karena dapat mempengaruhi rasa apel.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:24

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.