loading...

Terong Kuning, Bermanfaat Untuk Mengobati Sakit Gigi dan Jerawat

Posted by

Manfaat Terong Kuning Untuk Mengobati Sakit Gigi dan Gusi, Penyakit Kulit dan Jerawat

Tanaman Sayur Terong Kuning. (Terung Kuning) mempunyai nama ilmiah yaitu Solanum indicum atau biasa disebut dengan terong ngor, terong pipit puteh, terong pipit hijau, terong peuheur ini mempunyai kandungan kimia yang sudah diketahui antara lain alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol (daun dan biji). Sementara buahnya mengandung alkaloid, saponin, dan tanin.



Anggota famili Solanaceae itu bersifat pahit dan bau tidak enak. manfaatnya untuk melarutkan lendir dan menghilangkan gatal di tenggorokan. Bagian tanaman yang bermanfaat sebagai obat adalah buah, biji, dan akar untuk mengatasi berbagai penyakit :


Sakit gigi dan gusi:

Cucilah dengan bersih terung kuning, buah pinang, dan daun sirih secukupnya. Tumbuk dengan halus semua bahan. Tempelkan ramuan ditempat gigi yang sakit.

Jerawat dan penyakit kulit:
Ambillah buah terung kuning masak, lalu cuci bersih. Belah buah menjadi beberapa bagian, lalu tempelkan dikulit. “


Kalau di kampung  terong ini biasa dibuat lalapan, bisa di colek ke sambel langsung atau bisa juga dibuat karedok terong peuheur, memang  rasannya getir tapi enak. Bisa juga dibuat masakan lain seperti untuk dijadikan pepes terong peuheur yang dicampur nasi. Terong peuheur yang masih muda atau berwarna hijau atau sudah sedikit kuning bisa juga di buat masakan Oseng – oseng, rasanya memang nikmat dan pas banget kalau dimakan dengan nasi pulen yang anget.

Cara budi daya tanaman ini mudah yaitu dengan biji. Pemeliharaan relatif gampang, perlu cukup air dengan penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan. Selain itu, pemberian pupuk dilakukan secara berkala. Terung kuning menghendaki tempat terbuka.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:27
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.