loading...

Tanaman Kaca Piring Untuk Obat Demam dan Penurun Tekanan Darah (Hipertensi)

Posted by

Manfaat Tanaman Kaca Piring untuk detoksifikasi , Sumber antioksidan dan antikarsinogenesis.

Tanaman Kaca Piring. Termasuk famili Rubiaceae. Termasuk tanaman perdu dengan tinggi mencapai 2 meter. Batang berbentuk bulat, berkayu, bercabang,warna hijau kecokelatan.


Nama Ilmiah Gardenia Augusta Merr
Nama Daerah : Raja putih, kaca piring, atau jempiring.

Ciri- ciri Umum :
Daun tunggal, berbentuk lonjong, tumbuh berhadapan, tebal, pangkal dan ujung runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, permukaan mengilap, panjang 5-8 cm, lebar 3—4 cm, warna hijau. Bunga tunggal, berbentuk terompet, tangkai pendek, jumlah mahkota delapan, panjang 6—9 cm, warna putih. Akar tunggang, warna putih kotor.

Kandungan Kimia :
Daun mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri.

Khasiat dan Manfaat :
Daun berkhasiat sebagai obat sariawan, demam, sesak napas, dan tekanan darah tinggi. Bunga berkhasiat sebagai obat demam dan relaksasi. Sifatnya yang memberikan efek relaksasi, secara tidak langsung mengurangi tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Bagian yang digunakan : Daun dan bunga

Tidak hanya wangi Kacapiring ternyata memiliki khasiat yang banyak. Daun kacapiring mempunyai kandungan zat minyak atsiri, antara lain mengandung unsur linalool dan styrolyl. Tanaman ini berkhasiat mengobati diabetes melitus, sariawan, demam dan sukar buang air besar.

Bunganya yang putih dan wangi dapat dijadikan bahan lulur agar kulit bersuh dan wangi. Sementara buahnya yang berwarna kuning mengandung crocin (salah satu jenis karotrenoida) sering digunakan sebagai pewarna pada kue tradisional (wagashi). asinan lobak (takuan) dan pencelupan tekstil di Jepang.

Selain itu pada buah juga mengandung senyawa aktif glikosida iridoid yang disebut geniposida yang digunakan untuk mengobati demam yang disertai peradangan, juga mengobati infeksi.

Ekstrak Gardenia yang diberikan pada hewan coba terbukti mampu menurunkan kadar billirubin darah. Hasil ini memberikan informasi penting mengapa kacapiring digunakan untuk mengobati gangguan hepar.

Geniposida pada buah kacapiring berkhasiat sebagai hepatoprotektor, dan juga berkhasiat sebagai antitumor. Pada pengujian terhadap hewan coba diketahui senyawa pentaasetil geniposida tidak menyebabkan toksisitas pada liver, jantung dan ginjal.

Dengan demikian ekstrak buah kacapiring relatif aman untuk dikonsumsi bahkan prospektif untuk dikembangkan sebagai obat antitumor.

Penelitian ini juga didukung dengan penelitian lainnya yang menmyatakan bahwa senyaea geniposida yang berhasil diisolasi dari kacapiring ini juga mempunyai kemampuan detoksifikasi , antioksidan dan antikarsinogenesis.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:26
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.