loading...

Tanaman Jabung dan Jabungan, Obat Sakit Kepala, Rematik, Nyeri, Pegal Linu dan Menormalkan Tekanan Darah

Posted by

Tanaman Jabung / Jalantir. Termasuk famili Erigon. Merupakan perdu dengan tinggi 1—3 meter. Batang berkayu, tegak, bulat, berbulu, warna hijau. Tumbuh di tempat beriklim panas dan lembap. Perasan daunnya digunakan sejak berabad-abad lalu untuk mengatasi nyeri akibat reumatik. Perasannya juga memiliki efek sedatik dan penyembuh luka yang sekarang dimanfaatkan pada produk kosmetika. Baru sekarang diketahui pula bahwa komponen aktif pada perasan daun memiliki suatu struktur mengkristal yang mirip dengan asam salisilat (aspirin).



Nama Ilmiah :Erigeron sumatrensis
Nama Daerah :
Jalantir, jabung kamandhin kerbhuy.


Ciri-ciri Umum :
Daun tunggal, tumbuh bersilang, berbentuk lonjong, ujung tumpul, pangkal runcing, tepi rata, panjang 4—7 cm, lebar 1—2 cm, pertulangan menyirip, warna hijau. Bunga majemuk, berbentuktandan, tumbuh di ketiak daun, tangkai silindris dengan panjang Q,5—2 cm berwarna hijau, kelopak bunga berbentuk mangkok berwarna hijau, mahkota bunga halus, warna kuning pucat. Buah berbentuk bulat telur, warna putih. Biji berbentuk bulat telur, kecil, warna putih. Akar tunggang, warna putih kotor.


Kandungan Kimia :Daun mengandung saponin dan polifenol. Akar mengandung saponin dan flavonoid. Kulit batang mengandung alkaloid, flavonoid„dan polifenol,


Khasiat dan Manfaat :Daun berkhasiat untuk obat sakit kepala (pusing). Akar berkhasiat sebagai obat nyeri pegal linu dan secara tidak langsung dapat menetralkan tekanan darah.


Bagian yang Digunakan : Daun.

Manfaat Tanaman Jabungan (Siegesbeckia orientalis)

Tanaman Jabungan/Limpungan. Siegesbeckia orientalis atau yang sering disebut Jabung oleh masyarakat Jawa adalah herba liar yang tergolong dalam suku Asteraceae . Tanaman ini berasal dari Asia tenggara , dan kini telah tersebar di seluruh daerah beriklim tropis seperti : Indonesia, Jepang, China, Taiwan, India, Kenya, Tanzania, Uganda, Madagascar, Bolivia, dan Australia. Siegesbeckia orientalismemiliki beberapa nama daerah , antara lain : Menyuwun, Jabung, Limpungan, Jabungan ( Jawa); Nampong ( Sunda), Selain nama daerah Siegesbeckia orientalis juga memiliki nama umum : St Paulswort (USA), small Yellow crown beard ( Inggris), Kirenso ( Jepang), Xi xian cao ( Cina), Trompetilla ( Colombia)


Klasifikasi :
  • Kingdom : Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Asterales
  • Famil : Asteraceae
  • Genus : Siegesbeckia
  • Spesies : Siegesbeckia orientalis. Linn
Sinonim : Siegesbeckia humilis koidzumi, Siegesbeckia iberica wildnow, Siegesbeckia gracillis de condole, Siegesbeckia microcephala de condole

Kandungan senyawa aktif pada Jabung ( Siegesbeckia orientalis ) : diterpenoid,,flavonoid, kristal semacam asam salisilat ( aspirin).

Sebenarnya tumbuhan ini sudah berabad abad yang lalu digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit pada reumatik sendi

Di Inggris untuk obat kurap
Di China untuk obat malaria, reumatik sendi, gigitan ular, ginjal
Di Indonesia sebagai obat reumatik
Di Kep Mauritius : untuk obat sifilis, lepra dan berbagai penyakit kulit.

Siegesbeckia orientalis telah dipatenkan sebagai :
1. obat anti inflamasi, antipiretik, analgesic
2. obat Kosmetik : antiaging , dermabrasi, metode pengobatan melawan efek penuaan kulit
3. obat persendian / reumatik di China

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:24
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.