loading...

Tanaman Cincau Rambat Hijau Untuk Obat Darah Tinggi, Demam dan Radang Lambung

Posted by

Tanaman Cincau Hijau Rambat. Sosoknya perdu merambat. Batang berkayu, bulat, terdapat tonjolan bekas daun, berwarna hijau.




Nama Ilmiah Cyclea barbata
Nama Daerah : Camcauh, juju, tarawalu, dan kepleng.

Ciri-ciri Umum : 
Daun berbulu, tepi rata, bulat, ujung runcing, pangkal tumpul, berwarna hijau. Bunga berkelopak mirip corong, kelopak berwarna hijau, mahkota bunga kecil, berwarna putih, dan berukuran kecil. Buah berwarna hijau keputih-putihan. Akar tunggang berwarna cokelat.

Cincau rambat (Cyclea barbata), sesuai dengan namanya merupakan tanaman berbatang lunak yang merambat dengan cara membelit. Batangnya berwarna hijau tua. Panjang batang bisa mencapai 4-5 m, untuk mencapai lokasi yang mendapat sinar matahari. Daunnya berbentuk jantung agak bulat, berwarna hijau tua dan dipenuhi bulu halus. Panjang dan lebar daun sekitar 10 cm. Ujung daun meruncing. Cincau rambat selalu berumah dua. Yakni bunga jantan dan betina berada pada dua tanaman yang berlainan. Bunga jantan maupun betina berupa dompolan pada malai kecil yang tumbuh menggantung dari bekas ketiak daun (ruas batang). Buahnya berupa beri yang juga membentuk dompolan dengan butiran lonjong ukuran 0,5 cm. Ketika muda, buah berwarna hijau dan menjadi putih kecokelatan ketika masak. Di dalam buah ini ada biji berwarna hitam yang bisa disemai.

Cincau rambat membentuk rimpang (umbi) di dalam tanah. Panjang umbi bisa sampai 50 cm. dengan diameter 2-3 cm. Warna kulit umbi cokelat cerah dengan bagian dalam keputihan. Dengan adanya umbi ini, tanaman cincau yang pada musim kemarau mengering seluruhnya, pada awal musim penghujan akan menumbuhkan tanaman baru.


Kandungan Kimia :
Karbohidrat, zat lemak, polifenol, saponoid, flavonoid, karbohidrat, alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradin, dan dimetil tenradin.

Khasiat dan Manfaat :
Mengatasi tekanan darah tinggi, demam, nyeri perut, keracunan, dan radang lambung.

Bagian yang Digunakan Daun

Penelitian khasiat cincau untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi pernah dilakukan di tahun 1966 oleh Prof. Dr. Sardjito, Dr. Rajiman dan Dr. Bambang Suwitho dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Pada penelitian itu pasien diberi daun cincau segar sebanyak 5 gram yang digerus dengan 150 cc air matang kemudian diperas. Air perasan itu diberikan kepada pasien untuk diminum dua kali sehari.

Uji coba itu dilakukan kepada pasien tekanan darah tinggi dengan usia di atas 40 tahun. Hasilnya pasien mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan. Seorang pasien usia 70 tahun dan tekanan darahnya mencapai 215mm/120mm mengalami penurunan tekanan darah menjadi 160mm/100mm dalam satu bulan setelah mengkonsumsi cincau. Keluhan pusing, sering lelah dan jalan sempoyongan hilang dan berat badan turun.

Selain itu kandungan serat di dalam cincau juga tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan terhadap cincau mengungkapkan terdapat 6,23 gram per 100 gram kandungan serat kasar dalam gel cincau.

Ini berarti bila cincau dikonsumsi bersama dengan buah dan sayur mayur sehari-hari bisa memadai untuk memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 gram sehingga bisa membantu memerangi penyakit degeneratif seperti jantung koroner. Sementara itu kalori yang terkandung di dalamnya adalah 122 kalori dan protein sebesar 6 gram.

Cara Membuat Ramuan Obat dari Cincau Hijau Rambat :

Untuk Mengobati Panas Perut/Radang Lambung, Tekanan Darah Tinggi, Disentri, dan Sariawan
  • Sediakan 20 helai daun cincau hijau lalu dicuci bersih. 
  • Remas-remas lalu beri 1 gelas air minum dingin lalu saring dengan kain. 
  • Tambahkan jeruk nipis sesuai selera. 
  • Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar. 
  • Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau sirup atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan lalu diminum. 
  • Lakukan selama lebih kurang 3 - 7 hari atau sampai sembuh.
Sedangkan untuk obat Demam bisa digunakan Rimpang Cincau rambat, diris-iris dan kemudian direbus atau siram/seduh air panas, setelah dingin diminum

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:07
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.