loading...

Resep Sehat Jahe Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda

Posted by

Mengoptimalkan Manfaat Jahe Untuk Kekebalan Tubuh (Imunitas)

Jika di negara kita minuman yang bernama wedang jahe sudah sangat populer, bahkan kita saat ini tidak usah berepot-repot menggeprek jahe untuk membuat wedang jahe karena dimana-mana sudah tersedia jahe instan yang tinggal dituang air panas sudah siap santap.

Tetapi menurut beberapa sumber, khasiat terbaik jahe adalah saat jahe segar dibuat minuman atau wedang jahe baik dengan digeprek maupun yang lainnya, intinya jahe segar dipercaya lebih bermanfaat bagi kesehatan tubuh daripada jahe instan.


Khasiat Jahe Segar Bagi Kesehatan

Ternyata jahe, selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa meningkatkan kebugaran Anda dengan menurunkan peradangan dan menumpulkan rasa sakit di otot-otot Anda.

Studi terbaru menemukan bahwa Anda bisa memulihkan kekuatan otot akibat mengangkat beban setelah Anda mengonsumsi jahe.

Sebelumnya, penelitian mengungkapkan bahwa jahe bisa menjinakkan peradangan akibat olahraga dan nyeri otot yang disebabkan oleh berlari atau latihan ketahanan.

Namun studi lain, yang satu ini diterbitkan pada tahun 2014, menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi suplemen jahe selama enam minggu, pelari laki-laki memiliki tingkat lebih rendah dari sitoki, yakni menurunnya sistem kekebalan akibat latihan berat.

“Menambahkan jahe segar untuk vinaigrettes, bumbu daging atau campuran pancake atau mencampurnya pada teh membuat ketahanan tubuh Anda meningkat tajam," kata koki selebriti, Candice Kumai, seperti dilansir laman Yahoo Health, Minggu (25/10).

Berikut ini resep smoothie jahe yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.


Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Susu almond 1 cangkir
  • ½ pisang
  • ½ buah pir
  • 1,2 cangkir yogurt Yunani
  • 1 dan ½ cangkir es
  • 1 sdm jahe segar
  • 1 sendok vanili ekstrak
Caranya Sederhana:
  •  Haluskan bahan berikut bersama-sama selama 1 menit.
Berani mencoba? Dapatkan khasiatnya dengan rutin mengkonsumsinya, jangan berlebihan, secukupnya saja.

Ramuan Kesehatan Jahe:

Mencegah Infeksi Tenggorokan

Jika tenggorokan kita terasa kering, gatal dan sakit untuk sementara waktu, maka teh jahe adalah minuman terbaik untuk menghindari infeksi tenggorokan. Campuran teh dan jahe parut sangat membantu menenangkan sakit tenggorokan, serta mengurangi sakit kepala.


Mengatasi Penyakit Flu

Resep lain yang efektif untuk flu adalah jahe dan madu. Cara membuatnya cukup muda, ambil sepotong jahe, kunyah dengan sesendok madu. Resep ini akan membantu meredakan batuk dan flu. Bahkan, resep ini solusi cepat untuk batuk.

Mengobati Mual dan Muntah

Jika kita merasa mual, kita dapat memotong seruas jahe mentah, lalu kunyah. Ini akan mengubah rasa mulut dan membuat kita sedikit nyaman. Kita juga dapat menyimpan sepotong jahe di mulut kita, seperti permen, setelah muntah. Dan ini membantu kita merasa lebih baik.

Obat Alami Masalah Pencernaan

Pengobatan jahe juga sangat baik untuk pencernaan. Caranya, kita dapat membuat dari satu
sendok sari jahe, dengan sedikit merica atau ajwain setelah makan. Resep ini dapat membantu masalah pencernaan dalam mencerna makanan, terutama jika kita sudah makan makanan berat atau makan terlalu banyak.

Mengatasi Masalah Perut Saat Menstruasi

Apakah kita cukup kuat mengatasi masalah perut saat menstruasi? Biasanya perempuan menderita keram saat menstruasi. Hal ini sangat menyakitkan dan mengganggu kehidupan normal kita.

Untuk mengatasinya, rebus satu ruas jahe ke dalam air selama 15 menit. Kemudian minum ketika ketika masih hangat. Minuman yang bersifat antiseptik ini berkhasiat membantu untuk meringankan keram menstruasi.

Manfaat Lainnya:
  • Menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir dengan cepat dan lancar, serta memperingan kerja jantung memompa darah.
  • Membantu pencernaan karena jahe mengandung enzim pencernaan, yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.
  • Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah, mencegahnya tersumbatnya pembuluh darah penyebab utama stroke, dan serangan jantung. Gingerol juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol.
  • Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual, ini termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Ini juga bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil muda yang sering mual dan ada rasa ingin muntah terus.
  • Memperkuat lambung dan membuatnya menjadi aman, Hal itu karena bisa merangsang selaput lender perut besar dan usus oleh minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe. Selain itu jahe juga bisa meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.
  • Jahe mengandung anti oksidan yang membantu mentralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
  • Membangkitkan gairah dan nafsu makan, karena jahe merangsang kelenjar pencernaan.
  • Jahe juga bisa dipakai untuk mengobati batuk, flu, diare, dan penyakit radang sendi tulang.
  • Jahe berfungsi juga membersihkan tubuh melalui keringat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 18:55

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.