loading...

Pasar Hewan: Mau Kemana Arah Pergerakan Harga Sapi LOKAL?

Posted by

Setelah hari raya kurban berlalu sebulan lebih, ternyata harga sapi dipasaran daerah timur (Jawa Timur) tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan harga, bahkan sebagian komoditi sapi dengan berat kecil dibawah 300 kg mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.



Sebagai contoh harga minggu lalu untuk sap-sapi bakalan dengan berat dibawah 300 kg harga mencapai Rp 50.000/kg. Bagaimana dengan harga pedet? Harga pedet jangan ditanya harga normal perkilonya karena harga pedet sangat tergantung dengan penilaian pembelinya sendiri. Asalkan mereka suka biasanya harga yang tidak masuk akal akan terjadi, bahkan perkilonya bisa melebihi Rp 100.000/kg. Coba saja dibayangkan pedet yang baru berumur 4 bulan dan baru saja lepas sapih sudah bisa laku dijual harga Rp 14.000.000 per ekor. Berapa kira-kira harga perkilonya silahkan hitung sendiri dengan asumsi berat normal pedet usia 4 bulan berapa kg layaknya.

Tetapi disisi lain ternyata harga sapi-sapi besar dengan berat diatas 500 kg harganya kurang begitu bagus jika dibandingkan dengan harga sapi bakalan, apalagi jika dibandingkan dengan harga sapi pedet, seperti bumi dengan langit.

Harga sapi-sapi besar berada dikisaran 40.000-43.000 Rp/kg, jauh sekali dibawah harga sapi kecil maupun harga pedet.

Dengan harga karkas saat ini antara Rp 80.000 - Rp 81.000/kg, seharusnya jagal masih bisa mendapatkan keuntungan apabila kualitas sapinya bagus dengan asumsi persentase karkasnya diatas 52%. Kenyataannya di RPH banyak jagal yang mengurangi jumlah potongannya, bahkan sebagian beralih hanya mengambil daging dari jagal lain untuk dijual ke pasar alias tidak potong sapi lagi.

Jika kondisi terus seperti ini, jagal satu persatu berguguran dan tidak memotong lagi maka bisnis persapian akan lesu dibulan-bulan berikutnya.

Harga Sapi bakalan dan pedet yang demikian mahal mengundang pertanyaan bagaimana stok sapi lokal sesungguhnya? Benarkah sapi lokal masih banyak atau sebenarnya sudah diambang "kritis". Jika harga sapi terus bertahan seperti ini maka banyak jagal yang akan gulung tikar.

Mau dibawa kemana sebenarnya industri sapi lokal rakyat ini menuju?

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:43

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.