loading...

Obat Diabetes Alami, Daun Dandang Gendis, Bermanfaat Juga Untuk Mengobati Disentri dan Sembelit

Posted by


Manfaat Tanaman Dandang Gendis Untuk Mengobati Diabetes, Mengatasi Anemia, Memperlancar Peredaran Darah dan Mencegah Sembelit

Tanaman Dandang Gendis. Nama ilmiahnya Clinacanthus nutans Lindau  sinonim  C. burmani Nees, Beloperone futgina Hassk. Tanaman itu merupakan tumbuhan perdu tahunan. Tingginya bias 2,5 meter. Berakar tunggang berwarna putih kotor. Daunnya lanset, tunggal berhadapan, ujungnya runcing, pangkal membulat, pinggiran atau tepi bergerigi atau berlekuk lekuk seperti mata gergaji. Panjang daun 8 – 12 cm dan lebarnya 4 – 6 cm. Tulang daun menyirip warnanya hijau. Batangnya berkayu lunak, tegak, silindris, beruas, berwarna hijau. Tanaman tumbuhnya cenderung meninggi. Sampai ketinggian tertentu lebih dari semeter belum menampakkan bunganya.


Bagian tanaman yang berkhasiat sebagai obat adalah daunnya. Tanaman ini mengandung saponin dan polifenol, yang secara umum bersifat antara lain: antiseptik dan aromatikum, mencegah infeksi dan tumbuhnya jamur, membantu mengatasi diabetes, penyegar dan penguat tubuh, pelancar peredaran darah, membantu mengatasi anemia, serta mengurangi pembengkakan.

Halnya dengan khasiat saponin dalam  “gendis”, ialah, bisa menghambat pertumbuhan kanker kolon dan membantu menormalkan kadar kolestrol. Sedangkan polifenol merupakan asam fenolik dan flavonoid yang bersifat antimikroba serta menurunkan kadar gula darah. Khasiat “gendis” sebagai antidiabetes, pernah diteliti pakar dari Indonesia (ITB, BBPT) dan Thailand.

Dandang gendis yang memiliki nama ilmiah Clinacanthus nutans Lindau. Di Sunda dikenal sebagai Ki tajam dan di Jawa dikenal sebagai gendis. Dain dandang gendis memiliki kandungan kimia alkaloid, saponin dan minyak atsiri.

Tanaman dandang gendis biasa tumbuh liar di pekarangan atau kadang dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan merpakan tanaman perdu tahunan. Tingginya bisa mencapai kurang lebih 2,5 meter. Daunnya mempunyai bentuk tunggal dan berhadapan satu sama lain. Panjang daunnya berkisar 8-12 cm, sedangkan lebarnya antara 4-6 cm. Bunganya tumbuh di ketiak daun dan di ujung batang. Mahkota daun berbentuk tabung dengan panjang 2-3 cm berwarna merah muda. Buah yang dihasilkan berwarna cokelat dengan bentuk bulat memanjang.

Cara Membuat Ramuan Herbal Dandang Gendis Untuk Pengobatan:

Daun Dandang Gendis untuk Mengobati Diabetes
  • Ambil 7 lembar (untuk sakit ringan) atau 21 lembar (untuk sakit berat) daun dandang gendis. 
  • Cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air. 
  • Tunggu hingga air menjadi 1 gelas. 
  • Setelah dingin disaring. 
  • Minum 2 kali sehari selama 14 hari. 
  • Untuk pemeliharaan kesehatan penderita diabetes rebusan ini sebaiknya dilakukan tiga kali seminggu.
Obat Disentri
  • Ambil 1 genggam daun dandang gendis. 
  • Cuci bersih lalu direbus dengan 5 gelas air. 
  • Tunggu hingga tersisa 3 gelas air. 
  • Setelah dingin disaring dan diminum 3 kali sehari.
Mengatasi Susah Buang Air Kecil
  • Ambil kurang lebih 15 gram daun dandang gendis. 
  • Cuci bersih dan rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. 
  • Setelah dingin disaring dan diminum sampai habis.
Perhatian
Bagi ibu hamil sebaiknya tidak mengunakan ramuan daun dandang gendhis karena belum diketahui efek abortivumnya.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:08
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.