loading...

Obat Alami Untuk Rambut Rontok, Cara Pemakaian dan Ramuannya

Posted by

Rambut Rontok?. Problem umum bagi mereka yang sudah mulai berumur adalah masalah kebotakan yang diakibatkan oleh rontoknya mahkota kepala alias rambut. Meskipun problema rambut rontok juga bisa dialami oleh mereka yang masih muda usia.



Secara penampilan, rambut rontok memang bisa membuat turunnya kepercayaan diri terutama bagi para pemudi/perempuan meskipun bagi laki-laki juga berefek negati terhadap penampilan tetapi masih bisa lebih diabaikan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi atau mengatsi kerontokan rambut baik secara tradisional maupun medis dengan obat-obatan pabrik. Meskipun sebenarnya beberapa obat anti rontok atau hair tonic yang dikemas pabrik isinya juga kebanyakan dari ramuan herbal/tradisional hanya saja dikemas secara modern.

Jumlah rambut rontok normalnya 90-100 helai per hari. Selama akar rambut mengalami tiga fase tadi sebanyak kurang lebih 20 kali, di bawahnya akan timbul lagi benih rambut baru. Bila fase rambut rontok lebih cepat, akar belum bisa memunculkan helai rambut baru. Dampaknya, kepala terlihat seperti botak.
Fase rontok lebih cepat bisa disebabkan beberapa hal.

Salah satunya faktor genetik. Yakni, kelebihan hormon androgen pada akar rambut. Orang dengan faktor genetik ini bisa mengalami kebotakan pada usia 20 tahuN. Faktor kedua adalah kekurangan gizi, khususnya vitamin (B12, asam folat, D, biotin), mineral (Fe, Zn), dan protein. Akibatnya, rambut jadi lebih tipis dan bisa berwarna kuning atau kemerahan.

Berikut  beberapa tanaman herbal dan makanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi dan mengatasi kerontokan rambut secara alami dan relatif lebih aman.

Minyak Kemiri. Minyak kemiri sudah terkenal dari zaman dahulu, biasanya juga dipakai menumbuhkan kumis maupun jenggot. Resep ini sudah dipakai dari orang tua kita zaman dahulu dan hasilnya terpercaya sampai sekarang. Dan sekarang minyaknya sudah ada yang dikemas dalam botol, tinggal dipakai saja.


Buah Alpukat. Alpukat ini terkenal akan protein dan protein sangatlah baik untuk pertumbuhan rambut, tidak heran alpukat juga sering dipakai sebagai bahan utama untuk creambat maupun perawatan wajah.
Untuk menggunakannya, hancurkan alpukat di dalam mangkuk, dan aduk sampai kental. Kemudian usapkan pada rambut mulai ujung sampai akar rambut, Lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bersihkan rambut dengan menggunakan sampo, kemudian bilas.


Yoghurt. Yoghurt ternyata juga berguna untuk mengatasi rambut yang rontok. Cukup oleskan saja pada rambut seperti creambat kemudian didiamkan selama beberapa menit, kemudian di bilas lagi dengan air. Yogurt juga ternyata bagus untuk dijadikan masker wajah.


Bawang Putih. Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Anda tinggal haluskan bawang putih dengan blender, seperti dijadikan jus. Kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Besok paginya tinggal dibilas dengan air ataupun langsung ditambah dengan shampoo penumbuh rambut akan lebih terasa efeknya.

Jahe. Jahe juga dapat mengatasi rambut rontok anda, caranya hampir sama seperti menggunakan bawang putih. Atau juga dapat anda kombinasikan keduanya dicampur dalam 1 blender. Kemudian oleskan pada rambut anda. (jangan lupa keramas)

Teh Hijau. Produk teh hijau selain sudah terkenal sebagai herbal untuk melangsingkan atau menurunkan berat badan ternyata teh hijau juga berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Cara mengolahnya juga gampang yaitu dengan cara, seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

Lidah Buaya. Ekstrak lidah buaya dapat membantu mengatasi kerontokan secara cepat dan alami. Kandungan didalamnya, bisa membantu mengembalikan tekstur sel-sel kulit rusak dan meremajakan sera membentuk sel-sel jaringan rambut menjadi lebih sehat. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda hanya mengambil potongan lidah buaya berukuran besar, dengan daging tebal. Belah potongan lidah buaya tadi menjadi dua bagian, kemudian ambil bagian dalamnya. Usapkan ke seluruh bagian kepala dari kulit, hingga ujung rambut secara merata. Diamkan selama 15 sampai 20 menit, sebelum Anda mencucinya hingga bersih. 

Jeruk Nipis. Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda sudah bisa melakukan perawatan rambut yang rontok secara alami. Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih.

Ramuan Herbal Lain Yang Efektif Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Buah Kelapa Hijau
1 buah kelapa hijau muda, potong bawah atasnya, beri lubang sedikit, masukkan garam sedikit embunkan semalaman, gunakan air kelapa tersebut untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat, lakukan rutin sebelum mandi.

Cuka Apel
1 sendok makan cuka apel + 150 ml air matang, diminum lakukan 2 kali sehari.

Bunga Jambu Biji dan Teh Jambu Biji
Bunga jambu biji secukupnya + teh jambu biji 1 cangkir + air secukupnya. Seduh bahan dengan air sampai pekat. Gunakan untuk mencuci kepala sambil dipijat.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:22

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.