loading...

Menanam Sayuran Secara Hidroponik, Apa Maksudnya?

Posted by

Prinsip-prinsip Cara Tanam Hidroponik Yang Perlu Diketahui


Hidroponik merupakan cara menanam dengan menggunakan media air, dengan begitu anda tidak memerlukan tanah / lahan yang luas. Dalam arti lain disebut juga sebagai metode budidaya tanaman yang menggunakan air sebagai medianya lalu ditambahkan dengan nutrisi yang bukan berasal dari tanah. Dengan menggunakan cara ini anda dapat mengelola kebun lebih mudah mulai dari pengendalian hama, nutrisi, serta pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan tanaman yang dibudidayakan.

Dalam cara menanam hidroponik kita tidak membutuhkan pemakaian pestisida dan herbisida beracun, dengan demikian akan mengurangi pemakaian dana serta ramah lingkungan sehingga hasil panen tanaman tersebut akan lebih sehat. Bertanam dengan menggunakan cara hidroponik akan membuat hasil panen menjadi berkualitas baik serta bebas kimia. Dalam berkebun hidroponik ada banyak cara yang bisa kita terapkan salah satunya adalah kultur air / disebut dengan nutriculture atau aquaculture. Cara ini merupakan metode hidroponik dengan cara merendam akar dari tanaman tersebut ke dalam air yang sudah dicampur dengan campuran kompleks nutrisi. Ada juga yang disebut dengan kultur agregat, cara ini merupakan cara bertanam dengan menggunakan media seperti pasir, kerikil, dan kelereng sebagai tempat tanaman tumbuh. Dengan cara media agregat ini nutrisi akan diserap langsung oleh akar.

Ada juga cara hidroponik kontinyu, cara ini merupakan cara bertanam dengan mengalirkan nutrisi langsung ke akar tanaman dengan menggunakan pompa. Cara ini banyak digunakan dalam pertanian dengan skala besar. Dan yang terakhir adalah hidroponik aeroponik yang merupakan cara bertanam dengan cara menggantungkan akar tanaman ke udara, selanjutnya dilakukan penyemprotan kabut secara berkala dengan air yang sudah diperkaya nutrisi. Manfaat dari cara menanam hidroponik adalah mudah dalam perawatannya seperti suhu, nutrisi dan cahaya.

Contoh Tanam Melon Secara Hidroponik 

Pertama tentu adalah persiapan media tanam. Yang perlu kita siapkan adalah peralatan penting seperti benih melon, pupuk, talang air, drum plastik penampung air, pipa paralon dan instalasinya, mesin pompa akuarium, timer, gabur dan penetral air atau disebut juga deionizer. Bila sudah menyiapkan peralatan-peralatan tersebut sekarang kita masuk ke tahap penyemaian dan penyesuaian.

Penyemaian tidak terlalu susah karena yang kita perlukan hanya tempat penyemaian yang berupa kapas basah berlapis kertas diatas nampan plastik. Benih melon yang sudah disiapkan akan disemaikan, direndam terlebih dahulu di dalam air hangat secukupnya dan diamkan selama 2–4 jam. Bila benih tenggelam berarti benih dalam kondisi baik dan bisa disemaikan di tempat yang telah disiapkan tadi. Jangan lupa menyemprotkan air setiap pagi dan sore hari agar tetap lembab dan terjaga. Proses penyemaian biasanya berlangsung antara 2-3 hari.

penyemaian melon hidroponik

Sekarang masuk ke tahap penyesuaian atau bisa dibilang adalah tahap kedua dimana benih tersebut diberikan nutrisi secara lengkap. Yang diperlukan adalah tempat penyesuaian berupa nampan plastik yang telah diberikan nutrisi yaitu air deionizer dan pupuk. Biasanya berlangsung setelah 8-10 hari setelah penyemaian.

Sekarang masuk ke sesi penanaman yang tentu menjadi sesi penting untuk proses menanam melon secara hidroponik ini. Ikutilah intruksinya secara detil dan berkala agar hasil melon saat ditanam memang benar-benar akan tumbuh dengan baik.

Proses penanaman melon sendiri mulai dilakukan saat di tahap penyesuaian, tanaman melon sudah mulai tumbuh daun. Biasanya ini terjadi pada hari ke 13 atau 14. Pemberian nutrisi bisa diatur dengan timer selama masa penanaman dimana untuk sekedar contoh, penyetelan timer adalah setiap 1 jam sekali selama 15 menit dimulai dari pkl 00.00 s.d pkl 18.00. Lalu berapa lama sampai penanaman sampai masa panen berlangsung? Kira-kira 60 hari sejak pertama kali dimulai sesi penanaman. Untuk sekedar siaga, bisa juga membeli obat anti insektisida atau pestisida di toko pertanian agar selama masa penanaman buah melon tersebut bebas dari gangguan hama dan lain-lain.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:26
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.