loading...

Manfaat Kesehatan Lobster Bagi Tubuh, Sumber Nutrisi Ampuh

Posted by

Manfaat Lobster Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal lobster, udang besar yang memiliki harga mahal jauh diatas harga udang pada umumnya. Ternyata lobster tidak hanya sebatas sebagai pelengkap kuliner masakan lezat tetapi juga mempunyai khasiat dan manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan selama dikonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan. Lobster atau di kenal sebagai udang raksasa di kenal baik sebagai makanan penghasil protein tinggi. Dalam satu cangkir daging lobster, lalu memasak dengan di tumis, maka akan menemukan 129 kalori. Cukup banyak bukan? Namun hal itu juga di imbangi dengan protein yang di hasilkan, yakni sebesar 28 gram. Bahkan angka ini mencapai 16% dari rekomendasi diet 2000 kalori. 


Kandungan yang di miliki juga bukan hanya itu. Namun juga karbohidrat, serat, juga beberapa vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah vitamin B niasin, B6, juga B12. Selain itu juga terdapat vitamin E, A serta vitamin C yang memiliki kadar lebih sedikit dari kumpulan vitamin B tadi.

Mineral yang ada dalam lobster juga cukup banyak, misalnya seperti fosfor, kalium, magnesium, serta seng yang paling mendominasi. Sebenarnya masih ada vitamin lainya yang terkandung dalam lobster ini, akan tetapi kadarnya sangat kecil.



Secara keseluruhan, tubuh lobster terdiri dari duri – duri besar/kecil sangat kokoh dan agak tajam, mulai dari ujung sungut kedua (second antena), kepala, bagian belakang badan dan lembaran ekornya.

Penampilan tubuh kelihatan seram dan buas terutama di organ kepalanya. Kepala lobster merupakan gabungan kepala dan bagian dada (cheplatorax), tertutup oleh kerangka keras dari zat kapur, besar mengembung dan berduri tajam.

Di ujung kepalanya memiliki dua pasang sungut. Satu pasang sungut pertama berduri tajam dan berbentuk cambuk panjang melampaui badan. Sepasang sungut yang lain adalah lebih kecil dan bercabang, bentuk menyerupai cambuk juga. Memiliki lima pasang kaki, sepasang kaki pertama tidak terlalu besar seperti capit namun sangat kuat.

Bagian perut lobster (bagian abdomen) kuat dan beruas. Pada ujung mempunyai ekor terdiri dari lima lembar kipas tipis dan bisa dengan mudah ditekuk. Pada bagian ekor (europoda) dan di ujungnya disebut telson.

Warna lobster pada umumnya hijau tua dengan garis – garis putih melintang terutama pada abdomennya. Sedangkan tangkai sungut besar (sungut pertama) berwarna merah muda.

Lobster usia dewasa memiliki ukuran sekitar 20 cm dan sering berganti kulit (moulting). Habitat subur lobster adalah di perairan dangkal hingga dasar laut berkedalaman 400 meter. Tetapi pada umumnya lobster bisa hidup baik di daerah terumbu karang atau perairan dangkal sampai pada kedalaman 100 m.

Lobster juga senang berada pada lubang – lubang karang atau menempel di dinding – dinding karang. Lobster muda mudah ditemui pada perairan karang dangkal di kedalaman 0,5 – 3,0 m, atau perairan dengan dasar pasir berkarang dan banyak ditumbuhi lamun atau rumput laut.

Menginjak usia dewasa, lobster secara berkelompok pindah ke perairan lebih dalam, mencapai 7 – 40 m, ini biasanya dilakukan pada waktu sore hari.

Berikut Manfaat Mengkonsumsi Lobster Bagi Kesehatan Tubuh

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori dan kolesterol dalam lobster lebih rendah jika dibandingkan dengan ayam atau sapi. Dengan kandungan protein yang tinggi itu dapat membantu pembentukan energi, hal tersebut bermanfaat untuk pemantapan gula darah, dan membantu untuk menurunkan berat badan.

Menghaluskan Kulit

Lobster yang dikonsumsi ternyata juga baik untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Sebab di dalamnya terdapat kandungan vitamin E dan vitamin A yang bekerja aktif untuk membantu menjaga peremajaan kulit anda agar tetap halus dan lembut

Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam kandungan 100 gram lobster, terdapat kandungan vitamin C yang mampu di jadikan penambah sistem kekebalan tubuh. Akan merasakanya ketika tubuh anda lelah, maka sebaiknya memakan vitamin C. Mengonsumsi lobster juga membantu memperbaiki sistem imunnitas.

Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Lobster merupakan makanan yang amat baik dikonsumsi untuk usia anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Pasalnya lobster memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Kedua zat ini sangat membantu pembentukan tulang untuk menjadi kuat dan kokoh. Bukan hanya itu, tapi juga membantu memperbaiki struktur tulang.

Memperkuat Pertumbuhan gigi

Gigi adalah salah satu organ penting untuk membantu anda makan, apalagi kalau patah, tidak dapat mennggunya untuk tumbuh kembali. Sebab gigi hanya mengalami masa tumbuh 2 kali, masa gigi susu serta gigi permanen. Ketika dua masa itu sudah terlewati, maka gigi tidak akan tumbuh lagi. Untuk itu sangat penting bagi kita menjaga serta merawat pertumbuhan gigi. Zat yang sangat berperan dalam hal ini adalah kalsium dan fosfor. Kedua senyawa itu baik untuk memperkuat gigi agar menancap pada akarnya, juga memperkuat struktur gigi untuk tidak patah.

Satu makanan, Sejuta Nutrisi

Anda mungkin perlu sesekali memberikan lobster sebagai daftar menu masakan rumah. Sebab meskipun hanya satu daging lobster, sudah memenuhi beberpa nutrisi yang cukup baik untuk tubuh anda. Misalnya vitamin B12, B6, C, A, E, serta beberapa mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng. Apalagi di perkaya akan zat omega 3 dan omega 6 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil. Kandungan tersebut juga sangat bermanfaat untuk orang tua, yakni penurun resiko penyakit kardiovaskular seperri jantungkoroner, artherosklerosis, dan stroke.


Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 di dalam lobster yang sangat tinggi. Asam lemak omega-3 tersebut dapat mencegah penyakit jantung serta mampu memelihara kesehatan jantung. jika berisiko tinggi terkena penyakit jantung, dianjurkan untuk mengganti nutrisi hewani lainnya dengan lobster.

Mencukupi Kebutuhan Gizi Lengkap Anda

Kandungan gizi lobster yang lengkap seperti vitamin B12, kalium, seng, selenium, natrium, fosfor, asam lemak omega-3, dan protein ini membuatnya menjadi sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Tak ada salahnya jika Anda sesekali menghidangkan lobster sebagai hidangan keluarga untuk mencukupi kebutuhan gizi Anda sekeluarga.

Sumber Protein

Lobster merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik. Hal ini berperan untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan protein lobster lebih tinggi dari ayam dan sapi, sedangkan kandungan kalori lebih rendah daripada ayam dan sapi.

Asam lemak omega-3

Telah terbukti bahwa orang yang menderita gangguan jantung dapat memanfaatkan lobster untuk menjaga jantung sehat, karena kandungan omega-3 di dalamnya.

Membantu menurunkan berat badan

Lobster adalah salah satu seafood yang sangat rendah lemak, rendah kalori dan rendah kolesterol, tetapi masih memberikan nutrisi yang diperlukan.

Daging lobster mengandung, vitamin ,seng, kalium, vitamin B12 dan selenium

Semua itu sangat penting bagi kesehatan. Kandungan seng di dalam lobster dapat meningkatkan vitalitas, libido menjadi lebih kuat dan tahan lama serta meningkatkan stamina.

Mengkonsumsi daging lobster sama halnya dengan mengkonsumi multi vitamin tablet atau suplemen kesehatan.

Penghasil Protein Tinggi

Meskipun makanan ini masuk dalam kategori ‘hati-hati bagi obesitas’, namun bukan berarti tidak berhak mengonsumsinya. Sebab siapa sangka manfaat lobster ini ternayata kaya akan kandungan protein hewani. Sangat di anjurkan untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan untuk mengonsumsi makanan ini.

Baik untuk Pembentukan Sel Baru

Manfaat lobster ini memang kaya akan kandungan protein. Sehingga memakan lobster untuk anda memang di perlukan. Sebab mampu membantu dalam proses pembentukan sel baru serta mengganti sel sel yang rusak. Dengan begitu sistem tubuh anda lebih berjalan lancar.

Mencegah Penyakit Kwashiorkor

Manfaat lobster juga sangat baik mengatasi penyakit yang berhubungan dengan mal nutrisi, salah satunya adalah penyakit kwashiokhor. Biasanya di tandai dengan membuncitnya perut, lalu tangan dan kaki menjadi kurus kering. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya asupan gizi, terutama gizi protein. Untuk itu di sarankan bagi penderita kwashiokhor mengonsumsi makanan ini.

Baik untuk Perkembangan Sel Otak

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari mengonsumsi lobster adalah mampu menstimulus perkembangan dan pertumbuhan sel otak. Keadaan protein apalagi yang berasal dari laut, lebih mendukung adanya kandungan zat omega 3. Zat ini sangat aktif dalam pembentukan se otak, dimana mampu mendorong untuk bekerja maksimal. Penelitian terakhir membuktikan, anak yang mengonsumsi omega 3 memiliki ingatan lebih tajam.

Cepat Mengatasi Memar dan Luka Lebam

Keadaan jatuh, memar dan luka lebam merupakan kejadian yang tidak bisa kita perhitungkan. Beberapa orang ketika mengalami luka tersebut, ada yang cepat sembuh ada juga yang lama. Salah satu cara untuk mengatasi luka lebam dan memar tersebut ialah dengan mengonsumsi lobster. Sebab kandungan proteinya mampu membantu tubuh untuk memperbaiki sel rusak akibat memar dan lebam tadi.

Membantu Pemasokan Energi Cadangan

Memakan lobster tentu membuat kenyang, bukan? Memang dalam kendungan lobster terrdapat kalori yang cukup untuk membuat menjadi kenyang. Apalagi protein yang di dalamnya juga sangat banyak. Jika kandungan protein yang banyak tadi tidak di gunakan, maka akan di simpan dalam bentuk energi dalam tubuh.

Kandungan Asam Amino Essensial

Dalam lobster juga terdapat asam amino essensial. Dimana asam amino ini tidak bisa di produksi oleh tubuh kita. Untuk itu cara pemenuhanya adalah dengan mengonsumsi dari luar. Misalnya dari makanan yang mengandung asam amino essensial tersebut.

Cepat Menyembuhkan Proses Peradangan

Manfaat lobster lainnya juga terdapat pada kandungan yang menakjubkan di dalam daging lobster adalah adanya omega 6 (asam arakhidonat atau AA) dan omega 3 (asam eikosapentaenoat atau EPA serta asam dokosaheksanoat atau DHA). Kandungan ini sangat aktif dan baik untuk memproduksi prostaglandin. Dengan di bantu pengubahan dari omega 6, hak ini dapat membantu menyembuhkan peradangan.

Mencegah dan Mengurangi Resiko Stroke

Bukan hanya itu, manfaat lobster yang ada dapatkan dari omega 6 adalah mampu mengurangi resiko stroke. Sebab dengan adanya zat omega 6, kelenturan dinding pembuluh darah semakin terjaga. Akibatnya kemungkinan dan resiko terjadinya stroke serta jantung koroner juga menurun.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:36
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.