loading...

Manfaat Arang Kayu Bagi Kesehatan dan Lingkungan Hidup

Posted by

Arang Kayu. Saat anda membeli sate, pernahkan terpikir apa bahan bakar yang digunakan untuk membakar sate yang paling nikmat? Tepat jawabannya adalah arang. Arang yang khusus dibuat dari kayu yang dibakar dan diproses sedemikian rupa sehingga menjadi bahan bakar yang bernama arang kayu.



Meskipun masyarakat dunia telah menggunakan arang kayu sejak ribuan tahun, kegunaannya lebih banyak dikonsumsi untuk bahan bakar memasak. Karena perkembangan teknologi yang memanfaatkan sumber gas alam, listrik dan bensin untuk bahan bakar, sehingga tingkat konsumsi masyarakat terhadap arang semakin berkurang.

Bahkan, akhir-akhir ini volume permintaan arang kayu di pasaran dalam dan luar negeri semakin menurun karena masyarakat sudah banyak yang beralih kepada bahan bakar migas dan energi listrik.

Setelah diabaikan selama beberapa tahun terakhir, kini arang kayu mulai menarik perhatian setelah munculnya penemuan baru yang menyatakan produk arang tersebut banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Kemajuan teknologi modern telah mengangkat tingkat produktivitas ilmu pengetahuan untuk meneliti manfaat arang bagi kepentingan manusia dengan aneka kegunaannya.

Hasil penelitian di Jepang menyebutkan, komoditi arang yang mengandung karbon itu dapat diolah menjadi berbagai produk rumah tangga yang berkhasiat bagi kesehatan. Di samping digunakan untuk bahan campuran pakaian, produk kerajinan dan pertanian.

Nipponia, majalah triwulan terbitan Jepang, memuat tentang "Arang menambah hidup yang baik" karena memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan manusia. Dalam tulisan Sanado Kuniko itu, disebutkan beberapa manfaat yang menakjubkan dari arang dan bagaimana masyarakat Jepang memanfaatkannya. Arang menarik perhatian karena karakteristik uniknya yang dapat digunakan dalam banyak cara. Seperti mempunyai rongga-rongga kecil yang sangat banyak arah sehingga 1 gram arang mempunyai luas permukaan sekitar 250 meter persegi. Rongga-rongga ini dapat melekatkan zat-zat yang berlainan pada dindingnya, yang kemudian nantinya dilepaskan.

Misalnya arang menyerap air dari udara lembab, kemudian melepaskannya pada kondisi yang kering. Sehingga membuatnya berfungsi pengatur kelembaban yang baik. Selain itu, arang juga mempunyai manfaat menyerap bau ruangan yang tidak sedap dan zat-zat merugikan. Arang menghasilkan ion-ion negatif yang membuat orang lebih santai. Infra merah yang keluar dari pembakaran arang memberikan efek bagi kelancaran peredaran darah.

Manfaat Baru Arang Kayu

Para peneliti di Jepang kini terus mengkaji manfaat dari arang, meneliti manfaat baru lainnya untuk mengembangkan produk-produk baru, seperti penjernihan air, alat untuk menjaga sayur dan makanan tetap segar, penambah kualitas tanah, pengatur kelembaban dinding dan lantai rumah dan obat penghilang bau. Arang yang digunakannya itu berasal dari kayu keras (kayu ek holm) yang lama terbakar.

Di Jepang arang kualitas terbaik itu disebut "Kishu binchotan" memancarkan sinar infra merah tinggi menebarkan aroma masakan yang dipanggang. Arang adalah kayu yang telah dikarbonisasi dengan pembakaran sebagian dengan sedikit udara itu, terdiri atas dua jenis, yakni arang hitam dan arang putih.

Jenis arang putih itu dibuat dari jenis kayu yang sangat keras atau sama dengan arang hitam dari kayu ek holm (sejenis kayu pilihan yang keras). Sementara itu, arang bambu mempunyai lebih banyak rongga, sehingga dapat menyerap banyak bau dan air daripada arang kayu.

Sedangkan cuka kayu, cairan yang dibuat dengan mendinginkan partikel air dari asap tempat pembakaran, digunakan mulai dari alat untuk antibakteri, insektisida pertanian hingga obat penghilang bau serta bahan tambahan untuk mandi dan produk-produk yang dapat mempertinggi tingkat kecantikan.

Arang binchotan dibuat pada suhu yang sangat tinggi dan mempunyai efek alkali. Cocok untuk menjernihkan air minum karena melepaskan klorin dan zat-zat berbahaya lainnya. Arang ini tetap keras di dalam air, saking kerasnya tidak melepaskan bubuk apapun.  
Kalau memasukkan 50 sampai 60 gram arang ini ke dalam satu liter air ledeng, berarti Anda menambah kandungan mineral dan membuatnya lebih basa, menjadikan air minum yang baik. Arang yang digunakan untuk penjernih air, dicuci dulu lalu disteril dalam air mendidih, kemudian dikeringkan dibawah matahari.
Jika menggunakan arang sebagai pengatur kelembaban dan menyerap bau, maka memerlukan 8 kg untuk ruangan yang luasnya sekitar 10 hingga 13 meter persegi. Arang juga ramah lingkungan, bila setelah selesai digunakan, hancurkan menjadi potongan-potongan kecil dan dikembalikan ke alam. Sampai kini penelitian masih berlangsung dengan harapan lebih banyak fungsi lain yang akan ditemukan dari arang kayu tersebut.

Referensi
http://www.suaramerdeka.com/harian/0209/16/ragam1.htm

Secara Khusus Berikut Manfaat Arang Kayu

Arang sudah digunakan pleh manusia sejak dahulu kala. Dipakai untuk bahan bakar dalam proses memasak dan juga melakukan kegiatan lain. Berikut adalah manfaat dari arang yang sangat menakjubkan :

Kosmetik dan Kecantikan

Arang dapat melembutkan wajah dan membersihkan muka. Arang juga dapat mengobati jerawat, bintik-bintik hitam dan kerutan diwajah. Kemudian arang dapat mengurangi kadar minyak di wajah dan menjaga kelembapan alami kulit, mengurangi racun yang terpapar di kulit sehingga terhindar dari radikal bebas. Selain itu Arang juga dapat menghilangkan bau badan, menjadi pemutih gigi, dan dapat membersihkan kulit kepala.

Penjernih Air (Water Purifier)

Arang diketahuii mempunyai karakter tersendiri yang unik. Di Jepang, riset menemukan bahwa Arang dari kayu keras dapat menjernihkan air dan juga dapat menambahkan kandungan mineral pada air tersebut sehingga menjadikan air tersebut lebih baik untuk diminum.

Penghilang Bau dan Pelembab Ruangan

Masih dari Jepang, riset menemukan bahwa Arang dapat menjadi Penghilang bau dan Mengatur kelembapab ruangan. Fungsinya yaitu untuk menyerap bau tidak sedap yang terdapat di ruangan dan menghilangkan zat –zat merugikan lain,

Bahan Bakar Terbarukan

Menjadi bahan bakar adalah manfaat dan kegunaan Arang yang paling umum. Uniknya, Arang yang berasal dari kayu (wood charcoal) dan yang berasal dari Kelapa (wood Charcoal) memiliki kelebihan yang sangat baik. Arang Kayu (wood charcoal) baik dalam bentuk arang maupun Briket Kayu (wood charcoal briquette) memiliki kadar carbon yang tinggi sehingga kalori yang dihasilkan juga maksimal. Residunya pun tidak merusak alam sehingga apabila arang tersebut telah habis tidak akan meninggalkan dampak buruk bagi ekosistem. Arang Kelapa dalam bentuk arang batok kelapa (Coconut Shell Charcoal) dan juga dalam bentuk briket arang batok kelapa (Coconut Charcoal Briquette) merupakan produk yang tidak beracun (non-toxic), memiliki waktu bakar yang lebih lama, dan juga tidak berbahaya bagi lingkungan.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:34
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.