loading...

Macam-Macam Penyebab Mata Minus dan Cara Mencegah Serta Mengobatinya

Posted by

Faktor Penyebab Mata Minus Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Kebiasaan anak-anak yang sering terbawa hingga dewasa salah satunya adalah membaca sambil tidur, disamping memang menyenangkan juga tidak jarang bisa membuat orang menjadi cepat tertidur dan bisa jadi terpai bagi orang yang insomnia. Tetapi ternyata kebiasaan ini juga menimbulkan efek buruk pada kesehatan mata yaitu timbul penyakit mata minus.

Kebiasaan lainnya adalah membaca buku dengan penerangan seadanya atau remang-remang. Mungkin saat masih muda mudah saja membaca dengan penerangan yang alakadarnya, tetapi seiring umur efek kebiasaan membaca dengan lampu kurang terang ini juga mengakibatkan dampak buruk pada mata yaitu timbul mata minus.

Sebagai seorang pekerja kantoran, banyak dari mereka yang harus terus-menerus berkutat dengan layar komputer. Terkadang karena bertumpuknya pekerjaan sampai lupa untuk sekedar mengalihkan pandangan sejenak ke tempat lain atau keluar ruangan agar pandangan mata menjadi segar. Kebiasaan terus-menerus dilayar komputer tanpa henti dan tanpa istirahat yang cukup pada gilirannya akan menyebabkan juga timbulnya penyakit mata minus.

Banyak faktor-fakor penyebab timbulnya mata minus. Berikut beberapa macam penyebab mata minus yang bisa dijadikan referensi untuk mereka yang masih memiliki mata "normal" atau tidak minus. Faktor-faktor penyebab mata minus tersebut adalah:    

Asupan Makanan Sehat Minim.
Pola makan yang sehat, yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna juga sangat berpengaruh terhadap mata. Biasakan makan-makanan yang seimbang, baik antara karbohidrat dan sayur-mayur dan dilengkapi dengan buah-buahan. Mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan selain tidak baik bagi tubuh, juga tidak baik untuk kandungan ketajaman pada mata.

Kebiasaan Buruk.
Kebiasaan pola hidup yang buruk dapat memicu penyebab mata minus dan mempengaruhi kesehatan pada mata bahkan dapat merusak mata. Karena kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering di lakukan dapat menyebabkan mata mudah lelah dan terbiasa melakukan kerja penglihatan dengan tidak sesuai kerja pada otot mata. Namun, kebiasaan-kebiasaan yang memicu mata minus ini, sering tidak kita sadari, contoh kebiasaan buruk yang merusak mata adalah: membaca di tempat yang redup / gelap, kebiasaan membaca sambil tiduran, kebiasaan membaca dengan jarak yang terlalu dekat, dan kebiasaan buruk lainnya.

Berada di Ruangan yang Tidak Sehat
Sering berada di lingkungan yang kurang sehat, tentu dapat mempengaruhi kesehatan dan kebersihan mata, baik lingkungan udara, air, maupun makanan. Sering beradu di jalan raya yang pasti penuh dengan polusi, yang tidak baik terhadap mata, mata menjadi terkena debu dan udara kotor. Polusi dan asap kendaraan sebenarnya juga penyebab mata minus jika terlalu sering terkena polutan udara kotor dan terik sinar mata hari yang berlebih juga tidak baik untuk mata. Makanan-makanan yang banyak mengandung zat pengawet dan pewarna juga dapat memicu kerusakan pada mata dan menyebabkan mata minus.

Asupan Gula Berlebihan.
Disadari atau tidak ternyata penelitian mengungkapkan, bahwa banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, terutama gula. Ternyata makanan manis dapat menjadi penyebab mata minus pada mata kita, jadi kita harus seimbang mengonsumsi makan dan minum yang sehat untuk suplay tubuh kita, dan terutama untuk kesehatan dan ketajaman mata kita.

 Jarang dapat Sinar Ultra Violet.
Meskipun di awal saya mengatakan bahwa terkena sinar matahari itu dapat berpengaruh pada kesehatan mata, namun itu jika terlalu berlebihan, karena mata kita rentang pada sinar yang terlalu panas dan terik matahari secara langsung. Maka, untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, bisa saya sarankan untuk sambil berolahraga kecil pada pagi hari untuk jalan-jalan sekalian melihat tanaman yang hijau-hijau segar, juga mendapat sinar matahari untuk pemenuhan rangsangan cahaya alami pada mata, yaa kan juga sekalin dapat vitamin D untuk kulit dan tulang. Jika anda berada dalam perjalanan atau sedang berada di luar rumah dan matahari sangat terik, saya sarankan anda untuk menggunakan kacamata hitam, agar mata kita tidak silau dan merangsang gejala mata minus.

Sering di Depan Layar Kaca.
Maksudnya jika anda berada terlalu banyak menatap dan menonton televisi maupun komputer yang mempunyai sinar radiasi tinggi dapat memicu penyebab mata minus, karena saat mata kita memelototi layar televisi maupun komputer, mata kita akan berkedip lebih sedikit dari pada saat kita tidak memelototi layar radiasi tersebut.

Maka, mengakibatkan selaput mata kita menjadi cepat kering, dan retina bekerja tidak normal, yaa akibatnya mata menjadi cepat minus atau plus. Minus biasanya di derita pada anak-anak sampai dewasa, dan plus biasanya di derita oleh orang tua, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa sebaliknya.
Pemakaian Kaca Mata Berlebihan

Pemakaian kacamata yang terlalu sering membuat mata anda tidak berkesempatan pada mata untuk bekerja mencari titik fokusnya sendiri. Pandangan ini masih banyak yang memperdebatkan, antara pemicu penyebab mata minus karena terlalu tergantung memakai kacamata dengan pandangan bahwa sebaiknya ada kalanya membiarkan mata bernafas, tanpa bantuan kaca mata. Karena jika mata terlalu lama menggunakan kacamata, sebenarnya kita mengajarkan pada mata kita untuk ketergantungan pada kacamata dalam melihat.
Adapun penyebab utama mata minus pada anak-anak tidak jauh beda dengan kasus orang dewasa di atas mari kita lihat penyebab mata minus pada anak-anak .

Penyebab Mata Minus anak-anak

Jumlah anak-anak kecil yang memakai kaca mata minus di perkotaan karena menderita rabun jauh alias mata minus lebih banyak ditemukan di perkotaan dibandingkan di desa-desa. Selain karena faktor genetik, gaya hidup juga berpengaruh karena sejak kecil orang moderen di perkotaan lebih jarang keluar rumah.

Teknologi
Penyebab mata minus pada anak yang pertama adalah teknologi. Disadari atau tidak, perkembangan teknologi sering membawa berbagai dampak negatif. Kalau jaman saya kecil dulu, sering saya diperingatkan untuk tidak melihat televisi atau membaca buku sambil tiduran, karena bisa merusak mata. Saat ini, tidak hanya televisi yang harus diwaspadai. Tren handphone, bahkan smartphone atau BBM juga sudah menjangkiti anak usia sekolah. Dampaknya tidak saja pada semakin tingginya tingkat individualitas, bahaya situs porno, tapi juga radiasi sinar dari layarnya. Kebiasaan main game di HP juga harus diwaspadi, karena kecilnya layar menjadikan anak yg melihat akan sering memicingkan matanya, atau seringnya memainkan game tersebut membuat mata anak akan terpapar sinar secara kontinyu sehingga mata akan cepat lelah.

Kebiasaan Buruk
Minusnya mata bukanlah akibat yang langsung terjadi dalam hitungan menit. Hal itu adalah hasil dari akumulasi “pemaksaan” pada fungsi mata secara standar. Dapat dikatakan bahwa kaca mata adalah salah satu “hadiah” dari sebuah kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk salah satu penyebab mata minus.

Hal Sepele Yang Diabaikan
Beberapa hal kecil yang sepertinya remeh juga bisa menjadi penyebab mata minus, misalnya penerangan atau lampu yg kurang memadai, kurangnya asupan vitamin A, atau terlalu sering berada di lingkungan yg berdebu.
Terlalu banyak menonton televisi, bermain video game, menatap layar komputer ataupun kegiatan sejenisnya juga merupakan penyebab terjadinya miopi. Sebuah penelitian mengungkap bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu diluar ruangan tanpa pengaruh radiasi mempunyai mata yang cenderung sehat daripada anak-anak yang menghabiskan waktunya didalam ruangan dengan radiasi sinar elektronik tersebut.

Mata minus dapat dikurangi dengan menjaga kesehatan mata agar minus tidak bertambah cepat dengan memberikan kacamata atau lensa kontak sesuai ukuran serta mengurangi aktivitas membaca terlalu dekat dan terlalu lama bekerja di depan komputer. Pada umumnya mata minus akan berhenti bertambah saat mendekati usia 30-an dan akan cenderung turun di usia 40-an.

Pengobatan Mata Minus Secara Alami

Dengan Daun sirih
Cara untuk menggunakan daun sirih sebagai obat mata minus adalah dengan cara menempelkan dua helai daun sirih yang sudah dicuci bersih di kedua mata Anda saat Anda tidur.

Mengubah pandangan mata
Jika Anda adalah orang yang sepanjang hari bekerja di depan monitor komputer, sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk mengubah arah pandang Anda ke objek yang jauh agar otot mata Anda tetap elastis.

Dengan Membersihkan mata
Jika Anda baru saja melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan seperti motor atau sepeda,segera bersihkan mata Anda begitu sampai di rumah karena debu yang ada di sepanjang jalan akan menempel di mata Anda tanpa Anda sadari. Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk mendapatkan hasil maksimal

Melepas kacamata
Jika Anda adalah penderita mata minus atau plus yang sudah menggunakan kacamata, jangan terus menerus menggunakan kacamata itu jika Anda merasa tidak terlalu perlu menggunakan kacamata. Sesekali lepaslah kacamata Anda

Mengkonsumsi Minyak Ikan Sesuai Dosis
Minyak ikan memiliki banyak keuntungan bagi kesehatan khususnya kesehatan mata. Hal ini dibuktikan melalui penelitian oleh John Paul SanGiovanni, ScD dari National Eye Institute dimana minyak ikan mampu mencegah gangguan mata serius seperti masalah penurunan penglihatan akibat bertambahnya usia dan sindrom mata kering. Minyak ikan kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang dapat menekan risiko gangguan penglihatan degeneratif yang disebut Age-related Macular Degeneration (AMD) hingga 30 persen lebih jika dikonsumsi sekurangnya 2 kali dalam seminggu.

Selain itu asam lemak omega-3 juga merupakan komponen yang sangat penting untuk kesehatan retina karena ia memperbaharui sel-sel pada retina secara alami. Anda dapat memperoleh manfaat dari minyak ikan ini melalui ikan salmon, tuna, sarden, kerang-kerangan, serta suplemen kapsul.

Namun harus diingat, konsumsi minyak ikan juga harus dengan dosis yang tepat. Jika berlebihan dapat mengakibatkan pendarahan internal dan alergi. Dosis yang disarankan adalah 500-1000 mg per hari atau konsultasikan dengan dokter ahli gizi Anda untuk memperoleh dosis sesuai kebutuhan dan usia. 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:55
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.