loading...

Jenis KB Suntik, Kelebihan dan Efek Samping Serta Kekurangannya Dibanding Jenis KB Lain

Posted by

Ketahui kelebihan dan kekurangan Jenis KB Suntik termasuk Efek Samping bagi Ibu-ibu atau wanita yang menggunakan KB Suntik ini. Bagaimana cara agar cepat hamil saat KB Suntik dihentikan? Ikuti Tips nya berikut ini.



Jenis-Jenis Suntik KB

KB Suntik dibagi menjadi jenis, yaitu:

  • KB Suntik 3 Bulan, adalah jenis Suntikan KB yang mengandung hormon Depo Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) dengan volume 150 mg. Alat kontrasepsi ini diberikan setiap 3 bulan atau 12 Minggu. Suntikan pertama diberikan 7 hari pertama saat periode menstruasi Anda, atau 6 minggu setelah persalinan. Jenis Suntikan KB ini ada yang dikemas dalam cairan 1ml atau 3ml.
  • KB Suntik 1 Bulan, adalah jenis Suntikan KB yang diberikan 1 bulan sekali. Dengan pemberian suntikan pertama sama dengan suntik 3 bulan, yaitu setelah 7 hari pertama periode menstruasi, atau 6 minggu setelah melahirkan. Alat kontrasepsi ini mengandung kombinasi hormon Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) dan Estradiol Cypionate (hormon estrogen).
Kelebihan Suntik KB

Metode KB Suntik adalah metode kontrasepsi hormonal efektif mencegah kehamilan hingga 99%. Memberikan kenyamanan kepada pasangan suami istri, karena dengan satu kali suntikan anda tidak perlu memikirkan kontrasepsi selama 1 sampai 3 bulan, sesuai dengan jenis Suntik KB yang anda pilih. Anda dan pasangan bisa lebih spontan dalam berhubungan intim tanpa harus khawatir menjadi hamil. Kehamilan bisa anda dapatkan kembali, setelah menghentikan penggunaan KB Suntik.

Metode KB Suntik dapat digunakan oleh ibu menyusui, dengan catatan suntikan pertama diberikan 6 minggu setelah persalinan, Menurunkan resiko kanker rahim dan memberikan perlindungan terhadap infeksi panggul.

Efek Samping / Kekurangan Suntik KB

Dari beberapa kelebihan Metode KB Suntik tersebut diatas, pada beberapa kasus KB Suntik juga memberikan efek samping terutama pada awal pemakaian, yang diantaranya adalah:
  • Siklus haid menjadi tidak teratur berkepanjangan, atau bahkan anda tidak mengalami haid sama sekali, selama beberapa bulan pertama saat pemakaian atau berhenti melakukan KB suntik,
  • Beberapa ibu yang menggunakan metode KB suntik 3 bulan mengalami penambahan berat,
  • Ibu mengalami jerawat, sakit kepala, nyeri payudara, perubahan suasana hati, dan perut kembung,
  • Pada beberapa kasus, kesuburan wanita baru pulih setelah beberapa bulan menghentikan penggunaan KB suntik,
  • Penggunaan KB suntik 3 bulan memicu terjadinya osteoporosis.
  • Cendrung mudah gemuk, efek samping penambahan berat badan ini yang paling sering ditakuti oleh ibu-ibu.
  • Setelah suntikan dihentikan, kesuburan akan kembali dengan lambat.
  • Perubahan lipid serum (kolesterol) menjadi tinggi pada penggunaan jangka panjang.
  • Dapat menurunkan densitas atau kepadatan tulang pada penggunaan jangka panjang.
  • Pada penggunaan jangka panjang juga dapat menurunkan libido, pengeringan vag*na, gangguan emosi, sakit kepala, sering gemetar, dan timbulnya jerawat.
KB suntik 3 bulan tidak boleh diberikan pada wanita yang mengalami hal-hal berikut:
  • Hamil
  • Kanker payudara
  • Karsinoma atau kanker organ resproduksi
  • Pendarahan uterus abnormal
  • Darah tinggi
  • Memiliki penyakit jantung, stroke, dan migrain
  • Merokok lebih dari 15 batang per hari dan berumur diatas 35 tahun
Hal-hal yang perlu diketahui berkenaan dengan efek samping KB suntik 3 bulan
  • KB suntik seringkali menimbulkan gangguan haid (amenore) gangguan haid ini biasanya bersifat sementara dan jarang sekali mengganggu kesehatan.
  • Efek samping seperti peningkatan berat badan, sakit kepala, dan nyeri payudara. Sebenarnya jarang terjadi, tidak berbahaya, dan akan cepat hilang.
  • Karena kembalinya kesuburan terjadi lambat, maka sebelum penggunaan berkonsultasilah terlebih dahulu jika ingin merencanakan kehamilan dalam waktu dekat.
  • Ketika suntikan dihentikan, menstruasi tidak segera datang. 
  • Umumnya haid datang setelah 6 bulan. Selama tidak haid itu, bisa saja terjadi kehamilan. Oleh karena itu, jika setelah 3-6 bulan tidak haid juga, maka harus kembali ke dokter untuk mencari penyebabnya
Cara Agar Cepat Hamil Saat KB Suntik Dihentikan


Menjalani fase istirahat
Ketika menggunakan kontrasepsi hormonal, sangatlah penting untuk selalu dilakukan fase beristirahat. Contohnya, program KB hormonal 2 tahun sebaiknya harus diimbangi dengan fase istirahat setelah satu tahun pertama. Fase istirahat umumnya dilakukan sekitar 1 hingga 2 bulan dengan cara melepaskan alat KB. Pada tahap ini, sangat disarankan untuk menggunakan alat KB non hormonal seperti spiral ataupun kondom.

Menjaga kondisi tubuh 
Tips cepat hamil yang sederhana dan praktis adalah dengan selalu menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Lakukan seleksi terhadap asupan gizi yang seimbang dan jagalah selalu stamina dengan cara berolahraga secara tertaur. Pola hidup sehat tentunya akan sangat mempengaruhi tingkat kebugaran dan juga tingkat kesuburan manusia. Maka dari itu, hindarilah kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol yang jelas-jelas dapat menurunkan tingkat kesuburan wanita maupun pria.

Suplemen penyubur
Mayoritas wanita akan berhenti meminum pil KB atau menerapkan KB suntik setelah mereka menginginkan kehamilan atau punya anak. Namun, proses tersebut pada dasarnya tidaklah semudah yang diinginkan. Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan memperbanyak asupan suplemen penyubur yang sudah direkomendasikan dan disetujui oleh dokter ahli kandungan.

Hindari stres
Sebisa mungkin hindarilah semua keadaan atau kondisi yang dapat membuat tertekan atau stres. Dengan sering mengalami stress, maka dapat berdampak negatif terhadap keseimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang tersebut kemudian akan mengakibatkan siklus menstruasi atau haid bulan yang tidak teratur.

(Diolah dari berbagai sumber )

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:02
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.