loading...

Ingin Tanam Kangkung Tetapi Lahan Anda Sempit? Gunakan Polybag

Posted by

Cara Bertanam Kangkung Organik Di Polybag, Solusi atas Sempitnya Lahan Pekarangan 

Jenis-jenis Kangkung dan Varietasnya
 
Sebelum mulai budidaya kangkung di polybag, lebih baik jika kita kenali dulu jenis-jenis kangkung yang beredar dipasaran. Jenis tanaman Kangkung ada dua macam, yaitu kangkung darat (Ipomea Reptans) dan Kangkung air (Ipomea Aquatis). Kangkung darat berwarna hijau terang dengan ujung daun yang runcing dan memiliki bunga yang berwarna putih. Kangkung air daunnya berwarna hijau aga gelap dengan ujung yang membulat atau lebih tumpul, sehingga terlihat lebih lebar. Bunga kangkungnya biasanya berwarna ungu.

Kangkung darat yang kami gunakan adalah varietas Sutera. Varietas ini merupakan varietas kangkung introduksi dari Hawaii, yang dilepas oleh Kementrian Pertanian pada Tahun 1980 setelah melalui pengujian oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa). Kandungan Gizi cukup tinggi terutama vitamin A, Vitamin C, zat Besi, Kalsium, Potasium dan Fosfor (Eri Sofiari dalam Rahman dan Parkplan 2004). Jadi bagi yang kekurangan Vitamin A atau C bisa memperbanyak mengkonsumsi kangkung.

Kangkung ini bisa tumbuh dalam keadaaan tegak atau menjalar. Tinggi tanaman kangkung yang tegak bisa mencapai 45 cm. Kangkung ini batangnya berbuku-buku dan bagian dalamnya berongga. Tanaman kangkung ini mampu bertahan hidup lebih dari satu tahun. Pada hari ke 39 setelah tanam baru bisa dipanen, dengan produktivitas 23 ton/hektar.

Kangkung Sutera memiliki keunggulan, diataranya adalah :
  • Tahan terhadap penyakit karat daun (Puccinia SP), 
  • Tahan virus kuning dan 
  • Tahan Kekeringan.

Kalau kita perhatikan di pasar traditional atau di pasar modern, kangkung darat lebih banyak dijual. Dan harganya pun relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan kangkung air. Apalagi kangkung yang ditanam secara organik, pasti harganya lebih tinggi lagi.

Cara Mudah Menanam Kangkung Di Polybag



Sebelum menanam kangkung siapkan media tanam dan benih kangkungnya. Yang disiapkan diantaranya adalah polybag ukuran 30 cm, sekop kecil, pupuk kandang, tanah dan sekam.

Kangkung sutera yang kami tanam bukan di tanah langsung, tapi ditanam didalam polybag. Kebetulan saat kami menanam adalah musim hujan. Dan musin hujan adalah waktu yang paling baik untuk menanam kangkung. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menanam kangkung Sutera adalah:

Media Tanam
Media tanam yang kami gunakan untuk mengisi polybag adalah campuran sekam, tanah dan pupuk kandang. Dengan perbandingannya 1:1:1


Pembibitan
Kangkung darat varietas Sutera ini ditanam dari biji, kebutuhan benih 400 gram/ ha. (kalau punya lahan luas ini ya... ), tapi karena memanfaatkan lahan sempit, untuk mempermudah , disini bibit langsung ditanam pada polybag yang cukup besar. Jadi tidak perlu memindahkan dari media pembibitan ke media penanaman. Jika kita meggunakan polybag yang ukuran 30 cm, maka kebutuhan biji per polybagnya disesuaikan saja, dan saya sarankan tidak terlalu banyak, cukup 10 – 15 butir saja per polybagnya. Dan letaknya diatur.

Pemeliharaan (Penyiraman dan Pemupukan).
Perawatan tanaman tidak banya dilakukan kecuali hanya membersihkan rumput atau gulma yang tumbuh di sela-sela tanaman. Jangan menggunakan fungisida atau pestisida. Kangkung disiram pagi dan sore. Jika tanaman terlihat kurang subur bisa ditambahkan lagi kompos.

Pemanenan Kangkung

Tanaman kangkung baru bisa dipanen setelah berumur 40 hari. Tanaman bisa dipanen serentak ( dibabat habis). Tapi jika ingin mempertahankan penanaman hingga lama, misalnya 5-6 bulan, maka panen bisa dilakukan 4 bulan sekali dengan memangkas stek pucuk.

Hasil pangkasan merupakan panen pertama dan pangkasan/ panen selanjutnya dilakukan setiap sebulan sekali. Pertanaman dapat dibongkar setelah tanaman berumur 6 bulan, karena biasaya tanaman tampak kerdil, dan memang harus diperbaharui atau disulam dengan tanaman baru.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:51
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.