loading...

Fakta Minyak Ikan, Manfaat dan Efek Sampingnya Jika Berlebihan

Posted by

Berikut ini adalah fakta-fakta dan keterangan mengenai manfaat dari minyak ikan (ikan cod) juga resiko atau efek sampingnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Suatu bukti bahwa meskipun berasal dari bahan alami tetapi jika semua dikonsumsi dengan cara yang tidak benar diantaranya berlebihan tanpa mengikuti dosis yang dianjurkan akan membahayakan kesehatan anda.



Fakta-fakta Penting Minyak Ikan (Ikan Cod)
  • Minyak hati ikan kod merupakan sumber omega 3 fatty acid (asam lemak omega-3), yaitu EPA dan DHA, vitamin A dan D. Bahan-bahan ini merupakan zat yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan.
  • Segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan tentu tidak baik. Reaksi yang timbul memang dapat bermacam-macam. Salah satu risiko yang ada adalah hipervitaminosis A, yaitu asupan vitamin A yang terlalu banyak.
  • Kandungan mercuri secara teoritis bisa saja, bila ikan hidup di perairan yang tercemar mercuri dalam kadar tinggi. Namun bila proses purifikasi minyak hati ikan dilakukan dengan baik, tentunya kandungan zat berbahaya akan sudah disingkirkan. Sedangkan pestisida, rasanya tidak jadi masalah karena rasanya jarang ikan tercemar pestisida.
  • Konsumsi jangka panjang akan aman bila dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak melampaui batas maksimal keamanan yang ditetapkan. Konsumsi suplemen minyak ikan kod atau pun makanan/minuman yang mengandung minyak ikan kod dalam dosis / jumlah wajar tidak akan menyebabkan hal yang berbahaya.
  • Minyak hati ikan kod sebenarnya juga merupakan minyak ikan, tetapi ia berasal dari ikan kod (Gadus family). Dibandingkan dengan minyak ikan lainnya, minyak hati ikan kod memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin D yang jauh lebih banyak, namun untuk EPA dan DHA agak lebih sedikit.
  • Minyak hati ikan cod, terdapat dalam ikan cod. “Cod”adalah nama jenis ikan, yaitu family Gadus. Yang paling dikenal adalah ikan cod atlantik (Gadus morhua), Cod pasifik (Gadus macrocephalus), dan cod Greenland (Gadus ogac). Masih ada banyak lagi spesies ikan kod, dan proporsi minyak ikannya berbeda sedikit satu sama lain. Secara umum konsunsi minyak hati ikan kod perlu dibatasi untuk mencegah hipervitaminosis. Tetapi dalam konsumsi wajar, hal ini tidak terjadi.
  • Minyak hati ikan kod, ya tentunya dari ikan kod saja. Tetapi asam lemak omega tiga juga terdapat dalam minyak ikan jenis lainnya. Misalnya ikan tuna, herring, dsb. Tetapi komposisi kandungannya tidak sama.
  • Untuk dosis minyak hati ikan kod, dapat dilihat dalam kemasan masing-masing. Karena suplemen minyak hati ikan kod ada banyak macamnya. Khusus untuk minyak hati ikan kod yang sudah digabung dalam makanan / minuman, umumnya aman-aman saja karena sudah dihitung kemungkinan maksiman seseorang mengonsumsinya.
  • Penyimpanan minyak hati ikan kod tentunya tergantung sediaannya seperti apa. Kalau sudah dalam bentuk campuran dengan makanan / minuman, ya disesuaikan dengan makanan / minuman tersebut. Kalau dalam bentuk kapsul suplemen, ya tentu dapat disimpan seperti layaknya penyimbanan obat. Yang pasti harus dalam tempat yang kering, bersih, tidak terkena sinar matahari langsung, dan tidak lembab.
  • Kandungan minyak hati ikan kod akan sama saja. Keuntungan suplementasi masuk dalam campuran susu, adalah anak tidak perlu secara khusus diberikan suplemen tersebut. Selain itu dari segi rasa akan lebih mudah ditoleransi anak.
  • Minyak hati ikan cod, mengandung berbagai zat. Dan salah satunya adalah asam lemak omega-tiga. Disamping asam lemak omega-3, minyak hati ikan cod jugan mengandung vitamin A dan D. “Asam lemak omega-3” dan “omega-3” adalah sama, hanya yang disebut belakangan ini tidak menyebut nama lengkapnya saja. 
Sebuah artikel tentang minyak ikan cod yang dikutip dari liputan6 menyitir bahwa salah satu sumber protein yang bagus dikonsumsi anak bersumber dari ikan atau produk lain dari bahan makanan ini, yakni minyak ikan. Kenapa baik? Karena bahan makanan ini tidak mengandung lemak jenuh yang berisiko menyebabkan beragam penyakit.

Sayangnya, menurut spesialis gizi klinik, dr. Fiastuti Witjaksono SpGK, pada konferesi pers dan talk show bertajuk Menggali Peran Cod Liver Oil Melalui Champs Emulsion dalam Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Anak di FX senayan, Rabu 20 Maret 2013 konsumsi ikan di Indonesia termasuk rendah, hanya 8 gram perkapita per hari. Padahal seharusnya konsumsi ikan sekitar 50-70 gram per hari.

Untuk mengatasi kekurangan asupan gizi terutama protein tambahan suplemen atau vitamin merupakan langkah tepat selain dari ikan segar, salah satunya minyak ikan kod (Cod Liver Oil).

"Cod Liver Oil juga kaya akan vitamin A dan vitamin D sehingga membantu asupan vitamin A dan vitamin D. Dan perlu kita tahu, kandungan nutrisi dalam Cod Liver Oil bermanfaat membantu kecukupan gizi anak sehingga juga membantu tumbuh kembang anak agar optimal," kata Fiastuti. Selain itu, menurut Fiastuti, minyak ikan kod mengandung asam lemak omega 3 atau asam lemak tidak jenuh ganda. Kandungan lainnya adalah eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA) yang membantu mengoptimalkan perkembangan fungsi otak anak.

Referensi:
www.health.liputan6.com
dan sumber lain

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:14
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.