loading...

Destinasi Wisata Alam, Tempat Terindah di Nusa Tenggara Timur Indonesia

Posted by

Daftar Tempat Tujuan Wisata di Nusa Tenggara Timur, Gunung dan Danau Kelimutu, Pulau Komodo, Sampai pantai-pantainya yang indah dan layak dijadikan destinasi liburan anda sekeluarga.

Wisata Danau Tiga Warna di NTT, Danau Kelimutu


Danau Kelimutu
Danau Tiga Warna Danau Kelimutu
Tidak hanya di Dieng yang yang memiliki telaga atau danau yang berwarna-warni, tetapi di Nusa Tenggara Timur juga terdapat danau yang mempunyai tiga macam warna yaitu Danau Kelimutu. Danau Kelimutu adalah danau kawah yang berlokasi di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini berlokasi di Desa Pemo, Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau ini dikenal dengan Danau Tiga Warna karena mempunyai 3 warna yang berbeda, yakni merah, biru, dan putih.
Wisata Fauna Kadal Raksasa Purba di Pulau Komodo


Pulau Komodo
Kadal Raksasa Sisa Jaman Prasejarah di Pulau Komodo
Salah satu pula di NTT yang sudah sangat terkenal sampai ke Luar negeri dan merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Komodo karena keberadaan Kadal Raksasa yang khas dan dipercaya sebagai salah satu warisan dari hewan masa prasejarah yang masih bertahan hidup. Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. di Pulau Komodo ini dikenal sebagai habitat asli hewan komodo yang ada di daerah ini, dan merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo . Pulau Komodo berlokasi di sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan Selat Sape, Kec. Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebagai salah satu keajaiban dunia maka pulau komodo sangat layak dikunjungi.

Wisata Pantai Berpasir Putih di Pantai Lasiana Kupang NTT


Pantai Lasiana
Pantai pasir Putih Lasiana Kupang
Jika di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Situbondo ada wisata Pasir Putih maka di NTT juga ada wisata pantai berpasir putih, yaitu pantai Lasiana. Pantai Lasiana adalah pantai unggulan di Kupang. Pantai ini mempunyai pasir putih dan hanparan batu karang yang ada di tepi pantai. Di sekeliling Pantai Lasiana terdapat pohon kelapa. Dapat dikatakan Pantai Laksana merupakan Brazilnya Indonesia.

Wisata Air Terjun Yang Indah di NTT, Air Terjun Oenesu dan Air Terjun Oehala
 
Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu ternyata juga mempuyai objek wisata air terjun yang sangat cantik. Air terjun ini sangat unik karena memiliki batuan yang mirip singa dan mulut gorila. Suasana di lokasi air terjun sangat sejuk karena dipenuhi banyak pepohonan.


Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala mempunyai bentuk yang unik seperti kasur. Banyak pepohonan di sekitar air terjun ini sehingga menimbulkan suasana yang sejuk. Air di sana sangat segar, pastinya anda tak mau ketinggalan menikmati keindahan air terjun ini dengan airnya yang jernih dan menyegarkan.

Tujuan Wisata Pantai Berbatu Karang, Pantai Pasir Panjang


Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang memliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Air pantai ini berwarna biru cerah dan agak kehijauan. Pantai ini dikelilingi karang yang besar. Disebut Pasir Panjang karena pasir di sekitar pantai ini panjang dan luas.

Destinasi Wisata Sunset di Pantai Timor


Pantai Timor
Pantai Timor
Pantai Timor ini tak jauh dari Kampung Solor. Pantai ini mempunyai pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

Pantai Tablolong


Pantai Tablolong
Pantai Tablolong
Lokasi pantai  Tablolong agak jauh dari kota Kupang. Pantai Tablolong mempunyai keunikan tersendiri yaitu warna pasir pantainya yang berwarna merah jambu. Warna air di pantai ini juga unik, yaitu hijau dan biru.

Pantai Neam


Pantai Neam
Pantai Neam
Pantai Neam lebih cocok disebut pantai tanpa nama. Perlu banyak waktu untuk bisa menemukan lokasi pantai ini, kurang lebih sekitar 3 jam dan cukup menguras banyak tenaga. Perjalanan menuju pantai ini, anda harus melewati hutan belantara. Pasir di Pantai Neam mirip seperti pasir gurun Sahara dengan versi pantai. Keindahan pantai ini terletak pada ombaknya dan panorama sunset yang menutup gunung karang.

Pulau Kera


Pulau Kera
Pulau Kera
Pulau Kera terletak di tengah laut luas dan dapat anda lihat dari tepi pantai Kupang. Anda harus menggunakan perahu nelayan untuk sampai di Pulau ini, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam.
Di  Pulau Kera terdapat pasir putih dengan campuran merah karang yang terpadu warna air laut yang biru sedikit kehijauan dan keungunan.

Pulau Semau


Pulau Semau
Pulau Semau
Pulau Semau memiliki pantai yang berpasir putih dan suasana yang cukup mistis. Di Pulau Semau terdapat mata air yang berbentuk kolam dan dikelilingi oleh pepohonan. Anda bisa mandi atau sekedar berendam di kolam mata air ini untuk merasakan kesegaran airnya.

Wisata Pantai dengan Batuan Berwarna-warni yang Khas di Pantai Kolbano


Pantai Kolbano
Pantai Kolbano
Pantai Kolbano dipenuhi bebatuan. Yang paling menarik dari pantai ini adalah tidak ada pasir terhampar di pantai ini. Hanya ada bebatuan yang berwarna warni di sepanjang tepi pantai ini. Untuk menuju lokasi pantai, anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 4 jam dari Kupang lalu melewati Timor Selatan.

Wisata Agro di  Kawasan Cagar Alam Gunung Mutis


Cagar Alam Gunung Mutis

Kawasan Wisata Cagar Alam Gunung Mutis terletak di wilayah Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kawasan Cagar Alam Gunung Mutis dan sekitarnya termasuk tipe hutan hujan yang relatif homogen dan di dominasi oleh jenis ampupu (Eucalyptus Urophylla). Jenis lain yang menonjol setelah ampupu adalah podocarpus sp, casuarinas junghuniana Mig dan Celtis Wightii Planch yang membentuk tajuk lapis kedua di bawah tajuk ampupu.

Secara vertikal kawasan hutan Cagar Alam Gunung Mutis dapat terlihat tersusun atas tiga lapis tajuk pohon. Lapisan paling atas setinggi 35 – 45 meter, lapisan kedua antara 15 – 25 meter dan lapisan ketiga berupa perdu atas pohon kecil dengan ketinggian 2 – 5 meter.

Masing-masing lapisan di dominasi oleh jenis tertentu, lapisan paling atas umumnya pohon ampupu (Eucalyptus Urophylla), lapisan kedua oleh pohon Tune (Podocarpus sp) dan Celtis Wiqhtii Planch, sedang lapis ketiga adalah Belta jenis Natwon (Daphiniphyllum Glancescens BI) yang tersebar merata di bagian bawah. Kawasan Wisata Gunung Mutis memiliki tipe vegetasi yang merupakan perwakilan hutan homogen dataran tinggi. Kawasan ini juga didominasi berbagai jenis ampupu (Eucalyptus urophylla) dan cendana (Santalum album). Selain kedua jenis tumbuhan itu, masih ada beragam jenis lain seperti paku-pakuan, rumput-rumputan, dll.
Fauna kawasan ini juga sama kayanya. Di kawasan ini pengunjung bisa menjumpai rusa Timor (Cervus timorensis), kuskus, biawak timor (Varanus timorensis), ular sanca Timor (Phyton timorensis), punai Timor (Treon psittacea), betet Timor (Apromictus jonguilaceus), pergam Timor (Ducula cineracea), dll.
Hal lain yang menarik untuk disaksikan adalah bagaimana suku-suku asli kawasan ini memanfaatkan dahan dan ranting pohon-pohon besar untuk membuatkan rumah bagi lebah hutan penghasil madu. Bagi masyarakat setempat, lebah hutan membantu mereka menopang kehidupan ekonomi dari hasil ternak dan pertanian. 

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:21

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.