loading...

Cara Memperbanyak Tanaman Seledri Untuk Bibit Penanaman di Pot atau Polybag

Posted by

Cara membudidayakan tanaman seledri di polybag  (Pot) dengan perbanyakan secara generatif dan vegetatif.

Membudidayakan tanaman sayuran dalam pot, polybag dan vertikultur dengan berbagai media tanam sudah mulai trend di Indonesia. Hal ini tentu saja karena makin sempitnya lahan untuk menanam tanaman sayuran dan buah-buahan secara tradisional dengan bedengan di tanah pertanian atau tegalan yang relatif luas.



Tanaman buah dalam pot yang bisa disebut tabulampot sudah semakin banyak dikembangkan. Bahkan tabulampot saat ini bisa berbuah dengan sangat lebat dengan metode penanaman, pemupukan dan pemeliharaan yang benar.

Sedangkan untuk tanaman sayuran seperti sawi, seledri, cabai dan lain-lain, sedang banyak digalakkan penanaman secara vertikultur dengan media bambu atau dengan paralon. Cara tanam model vertikultur terbukti sangat ampuh mensiasati sempitnya lahan dipekarangan rumah.

Berikut akan coba diulas mengenai tanaman seledri yang juga bisa ditanam dengan teknik vertikultur ataupun ditanam dalam pot atau polybag.

Untuk mengembangbiakkan atau memperbanyak tanaman seledri terdapat dua cara yaitu perbanyakan generatif (dari biji) dan perbanyakan vegetatif (dari anakan). Perbanyakan generatif biasanya diterapkan untuk budidaya seledri skala luas atau komersial. Untuk budidaya skala pekarangan seperti dalam pot atau polybag, perbanyakan secara vegetatif lebih mudah dilakukan.

Perbanyakan generatif dimulai dengan menyemaikan biji terlebih dahulu. Setelah biji tumbuh menjadi bibit, baru dipindahkan ke dalam pot atau polybag.

Cara-cara untuk memperbanyak tanaman seledri dengan biji (generatif):
  • Siapkan biji seledri yang bisa dibeli ditoko-toko pertanian disekitar kota anda. Langkah pertama sebelum biji disemai, rendam terlebih dahulu dalam air hangat kuku (50-60 derajat celcius) selama 1 jam.
  • Selanjutnya anda siapkan tempat persemaian berupa bedengan atau baki semai. Media semai terdiri dari campuran tanah dan kompos yang telah diayak dengan perbandingan 2:1. Baca cara membuat media persemaian.
  • Tanaman seledri yang baru ditanam sangat rentan rusak jika terkena hujan secara langsung dan mudah kering jika langsung terpapar sinar matahari sehingga perlu naungan. Gunakan naungan dengan plastik bening pada bedengan semai untuk menlindungi tanaman dari kucuran air hujan langsung dan terik matahari.
  • Buat alur garitan di atas bedengan sedalam 0,5 cm dengan jarak antar alur 10-20 cm. Tebarkan benih ke dalam alur tersebut dan tutup tipis dengan tanah lalu siram untuk mempertahankan kelembabannya.
  • Siram dengan air secukupnya setiap pagi atau sore untuk mempertahankan kelembaban media persemaian. Media jangan terlalu basah dan jangan pula sampai kekeringan.
  • Setelah tumbuh dan kira-kira berumur sekitar 1 bulan, bibit siap dipindahkan ke pot atau polybag ditandai dengan tumbuhnya 3-5 helai daun seledri.
Cara Memperbanyak Tanaman Seledri dengan Vegetatif

Cara kedua ini akan lebih cepat tumbuh karena bibit yang kita pakai adalah dari tanaman seledri yang sudah kita tanam sebelumnya. Dengan kata lain perbanyakan vegetatif biasanya dilakukan apabila kita telah memiliki tanaman seledri. Cara perbanyakannya, ambil anakan yang terdapat dalam rumpun tanaman seledri yang telah ada. Kemudian pindahkan ke pot atau polybag baru. Selanjutnya tanaman bisa diperbanyak dari rumpun seledri yang tumbuh.

Demikian sedikit tips menanam seledri di polybag atau dalam pot atau juga dengan model vertikultur, sistem tanam yang sangat menghemat lain karena wadah tanamnya dibuat bertingkat dan vertikal.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:53
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.