loading...

Buah Asam, Manfaatnya Mengatasi Kecutnya

Posted by

Asam tumbuh subur di iklim tropis

Asam merupakan jenis tanaman tropis dari keluarga Fabaceae, dalam genus tamarindus. Tamarindus indica adalah nama latin yang diberikan untuk asam. Di negara kita, asam telah terkenal dengan berbagai manfaatnya yang besar bagi kesehatan, selain fungsinya sebagai rempah-rempah masakan favorit kamu tentunya. Asam banyak ditemukan di Afrika, Asia, Amerika Selatan dan kepulauan Karibia. Bahkan di kepulauan Karibia, asam disantap sebagai buah favorit.

Kaya nutrisi

Asam memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung senyawa yang penting untuk tubuh seperti volatil, kimia, mineral,vitamin dan serat makanan. Selain itu asam muga kaya akan kandungan polisakarida non-pati (NSP), serat yang baik untuk gusi, hemiselulosa, lendirpektin dan tanin. 100gr daging buah asam memberikan menyumbang 13% serat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Serat buah asam mencegah sembelit

Serat makanan NSP yang terkandung dalam buah asam, berfungsi untuk meningkatkan sistem gerak usus sehingga membantu mencegah sembelit. Serat yang dikandungnya juga mengikat racun makanan sehingga membantu melindungi selaput lendir usus dari bahan kimia yang menjadi penyebab kanker.

Kandungan fitokimia dan mineral

Fakta lain yang tersimpan dalam buah asam adalah kandungan fitokimia yang mudah menguap seperti limonene, geraniol, safrole, asam sinamat, metil salisilat, pyrazine dan alkylthiazoles. Kandungan inilah yang memberikan sensasi rasa asam pada buah ini. Selain itu asam merupakan sumber mineral seperti tembaga, kalium, kalsium, zat besi, selenium, seng dan magnesium.

Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Zat besi sangat penting untuk produksi sel darah merah dan sebagai faktor pendukung untuk produksi enzim sitokrom oksidase.

Memenuhi kebutuhan vitamin

Belum puas dengan serat dan mineral, asam ternyata kaya akan kandungan vitamin yang penting untuk tubuh. Kandungan vitamin dalam asam seperti thiamin, vitamin A, asam folat, riboflavin, niasin, dan vitamin C. Asam mampu memenuhi 36% kebutuhan tubuh akan thiamin. Dan, kandungan vitamin asam berperan sebagai antioksidan serta faktor pendukung metabolisme enzim dalam tubuh.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 08:08

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.