Loading...

WAGYU: Ciri Khas Daging Wagyu dan Logo Daging Wagyu Asal Jepang

Loading...
Sapi Wagyu. Sapi yang berasal dari Jepang ini memang memiliki kekhasan yang tidak dimiliki jenis sapi lainnya. Awalnya sapi wagyu hanya ada di Jepang yaitu didaerah Kobe, seiring berjalannya waktu, bibit sapi ini "diselundupkan" ke luar negeri seperti ke Australia dan Amerika Serikat yang akhirnya juga dikembangbiakkan disana sebagai komoditi daging sapi termahal. Wagyu adalah sebutan bagi daging yang diperoleh dari sapi yang dipelihara secara khusus sehingga dihasilkan daging dengan kualitas tertinggi.  Harga daging wagyupun cukup mahal minimal berharga 12.000 yen per kilogramnya atau sekitar 1,4 juta rupiah per kilogramnya.  Bahkan pernah ada seekor sapi wagyu yang dijual seharga 3,5 milyar rupiah.  Sapi wagyu sendiri awalnya dikembangbiakkan di Jepang, tapi saat ini sudah ada 3 negara yang mengembangbiakan sapi wagyu ini yaitu Australia, Amerika Serikat dan Kanada.


Sapi Wagyu
Daging wagyu dapat dikenali dari ciri khasnya berupa jaringan lemak daging yang berpola marmer.  Lemak ini akan meleleh pada saat dimasak sehingga memberikan citarasa yang lezat pada saat kita menyantapnya.  Selain itu lemak daging wagyu merupakan lemak tidak jenuh yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang tinggi sehingga memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh.  Tingkat kualitas dagingnya terbagi menjadi 12 jenis dalam 5 tingkatan yang dilihat dari pola lemaknya.
Daging wagyu sendiri bila dijual dalam potongan kecil selalu ditandai dengan logo khusus yang merupakan logo dari lembaga penjamin kualitas daging wagyu. Untuk Jepang logonya adalah seperti ini :
Adanya logo ini menjamin bahwa daging tersebut adalah daging wagyu yang sudah terjamin kualitasnya.  Hal ini dikarenakan dalam semua proses sejak sapi itu lahir, dipelihara, dipotong sampai didistribusikan semuanya tercatat dengan lengkap detailnya.  Proses ini dimulai semenjak anak sapi / bakalan sapi dibeli untuk dibesarkan.  Anak sapi wagyu haruslah mempunyai silsilah keturunan yang baik sampai 2 tingkat di atasnya.  Setiap anak sapi wagyu yang dijual di pelelangan bakalan sapi dilengkapi sertifikat yang menjelaskan secara detail siapa kedua induk dari anak sapi tersebut dan juga siapa kedua "kakek-nenek" dari kedua induknya.  Data-data ini akan menentukan perkiraan harga anak sapi tersebut.  Setelah anak sapi tersebut dibeli peternak untuk dibesarkan, maka selama proses penggemukan tersebut semua data baik jenis makanan, jumlah maupun pertumbuhan berat sapi tersebut juga dicatat secara lengkap dan ditambahkan ke dalam data anak sapi tersebut.  Setelah sapi tersebut dipotongpun tiap potongan daging akan diberi kode dengan teliti yang akan mengacu kepada data dari mana asal potongan daging tersebut, sehingga setiap potongan daging dapat dilacak dari mana asalnya sampai akhirnya terhidang di meja makan.

Memang sebagai daging yang harganya demikian mahal kualitas, asal-usul dan logo daging harus benar-benar diperhatikan agar tidak dipalsukan sehingga kualitas daging wagyu sebagai daging sapi terenak dan termahal di dunia bisa tetap terjaga. Banyak restoran-restoran di Kota-kota besar yang menyediakan menu daging wagyu terutama untuk masakan berupa steak wagyu yang tentu saja harganya beberapa kali lipat steak daging sapi biasa. Nah jika anda ingin mencoba steak daging wagyu jangan lupa siapkan dananya beberapa kali lipat dari harga steak daging sapi biasa ya...selamat mencoba.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:23
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.