loading...

Tips Cara Berbelanja Perabot atau Furniture dengan Benar, Teliti Sebelum Membeli

Posted by

Furniture (Perabot). Terkadang prang berbelanja furniture hanya disesuaikan dengan luasnya ruangan dan jarang sekali yang benar-benar meneliti apakah furniture yang dibelinya memiliki kualitas yang bagus dan bisa tahan lama digunakan. Berbelanja furnitur lebih dari sekadar gaya karena ada begitu banyak elemen yang perlu dipertimbangkan. Anda memiliki hak untuk memilih furnitur yang tepat. Supaya mendapatkan furnitur terbaik dan sesuai kebutuhan, berikut beberapa panduan untuk Anda.


Mencoba Duduk di atasnya

Saat  mencari furnitur seperti sofa atau kursi, penting untuk mencoba duduk di atasnya sebelum membeli. Cara ini  tidak hanya untuk mencoba kenyamanan furniturenya, tetapi juga bagaimana furnitur tersebut cocok untuk tubuh Anda. Apakah kursi mengakomodasi panjang kaki Anda? Apakah kaki Anda beristirahat dengan nyaman di lantai? Apakah Anda merasa lengan Anda terlalu tinggi saat meletakkannya pada sandaran? Hal-hal tersebut mungkin tidak tampak seperti masalah besar, tetapi akan menambahkan pengalaman tidak nyaman setelah beberapa jam duduk lama di sofa atau kursi. Pastikan semuanya sempurna.

Cek Bagian  bawah furnitur
Jika Anda membeli dari toko, lihat dan periksa bagaimana potongan-potongan furnitur disatukan. Upayakan melihat sendi, ikat kain dan tanda-tanda lain dari kualitas furnitur.

Coba Angkat Furniture

Dalam kebanyakan kasus, berat furnitur Anda menandakan kualitas. Jika furnitur yang Anda ingin beli lebih ringan dari yang diharapkan, bisa menjadi pertanda bahwa kerangkanya tidak kokoh. Jika Anda berada di pasar murah, pastikan Anda mencari furnitur yang diperuntukkan dalam jangka pendek. Furnitur yang mudah dipindahkan ini, mungkin tidak menjadi masalah bagi Anda, tapi pastikan harganya sesuai.

Periksa kain/finishing

Warna, tekstur, dan pola pada sebuah furnitur akan Anda lihat setiap harinya. Dengan demikian, pastikan hal ini baik-baik. Pikirkan tentang nuansa kain atau kayu. Pertimbangkan juga bagaimana merawatnya. Pemeliharaan adalah bagian besar dari menjaga furnitur Anda terlihat baik. Sebelum memutuskan, pikirkan apakah Anda memiliki kesabaran untuk memoles meja kayu supaya mengilap setiap pekan.

Ukur Dengan Cermat Luas Ruangan Anda

Siapkan pita panjang untuk mengukur ruang. Seberapa tinggi, panjang, dan lebar furnitur yang dibutuhkan di ruangan Anda. Ukur juga besar ruang pintu di rumah Anda, untuk memastikan furnitur bisa masuk.

Sebaiknya, lakukan pengukuran dua kali. Tidak ada yang lebih buruk daripada menemukan furnitur baru Anda tidak muat di ruangan Anda. Lebih baik aman daripada menyesal.

Tips Memilih Furniture "Built In"


Lemari pakaian Built-in
Selain sebagai tempat untuk melindungi pakaian, lemari pakaian juga berfungsi sebagai tempat penyimpanansegala macam barang-barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari barang yang sering anda gunakan hingga barang kenangan peninggalan orang tua yang sangay sayang jika harus di musnahkan. Untuk menyiasati kebutuhan tersebut, tentu penggunaan lemari adalah jalan keluarnya. Furniture yang satu ini dapat hadir di segala ruangan,termasuk sudut rumah sekalipun. Karena sifatnya yang ideal, jadi sangat cocok digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang peninggalan.

Agar fungsi pemakaian lemari pakain tersebut maksimal, maka hal pertama yang perlu di perhatikan adalah cara menyusun barang yang baik dalam lemari. Sebisa mungkin hindari meletakan barang dalam lemari secara acak atau tidak teratur, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mencari atau menamukan barang yang anda sinpan dalam lemari tersebut.

Untuk lemari pakaian, aturlah partisi atau sekat yang ada di dalamnya sedemikian rupa sehingga anda lebih mudah untuk memebedakan barang sesuai dengan jenis dan kebutuhanya. Tentukan banyak kotak untuk baju yang di lipat serta banyak sekat untuk bagian baju yang di gantung. Selai itu, beri satu bagian untuk menyimpan pakaian dalam.

Biasanya untuk kotak paling atas, bagian yang paling dekat dengan plafon, anda bisa memanfaatkan untuk menempatkan barang atau baju yang jarang di gunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti jaket, mantel, koper, atau tas ransel dan sebagainya.

Sedangkan untuk tampilanya, anda bebas menentukan bagian mana yang akan di tutup dengan material massive dan bagian mana yang akan di tutup dengan material kaca. Yang paling utama adalah pilihlah material furnitur built-in sesuai dengan ruangan dan budget Anda. Sedangkan, bahan yang paling umum di gunakan untuk membuat furniture built-in adalah multiplex dan particle board, serta berbagai macam kayu olahan lainya.

Kitchen Set Built-in
Tidak dapat anda pungkiri, dapur adalah ruangan yang paling banyak menampung barang , mulai dari alat memasak, alat makan, bahkan peralatan yang sering di gunakan setiap hari dan peralatan cadangan, hingga persediaan bahan makanan. Dapur dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu dapur basah dan dapur kering. Kedua jenis dapur ini juga harus selalu diberi perhatian khusus dan perlu di perhitungkan. Belum lagi dengan kehadiran area ruang makan, yang akhir-akhir ini sering bersinggungan dan menyatu dengan dapur atau pantry.

Jadi, hal terpenting yang harus Anda perhatikan saat memasang kitchen set built-in adalah semua barang yang di gunakan untuk memasak serta perlengkapan lainya tersebut harus mampu terwadahi dengan baik dalam satu area.

Biasanya, yang sering menjadi masalah dalam ruangan dapur adalah luas lahan yang terbatas, sehingga dapat memunculkan aroma tidak sedap. Namun, sekalipun ruangan tersebut sempit apabila di-layout dengan baik dan benar, anda tetap dapat memfungsikanya secara maksimal. Agar terhindar dari serangan bau tidak sedap, bakteri, jamur, dan lumut, area dapur harus mempunyai view (bukaan) yang cukup, sehingga cahaya matahari dapat masuk dan udara bebas keluar masuk. Pastikan bahwa furnitur dapur anda tidak menutupi view tersebut.

Biasaya, kitchen terdiri dari cabinet bawah , atas, serta bagan dinding pelindung. Untuk perlatan atau barang yang jarang digunakan, biasanya di letakan pada area kabinet bawah,seperti bak sampah atau ember. Selain itu, perhatikan juga letak bak cuci piring (sink) agar tidk terlalu jauh dari jangkauan penggunaan.

Untuk mendapatkan tampilan yang menarik pada area ini, anda cukup menyesuaikan warna kitchen set dengan tema ruangan. Hal itu dapat anda lakukan dengan cara memilih material yang serasi. Sedangkan, untuk bagian cabinet penyimpnan, coba gunakan material kayu solid atau kayu lapis. Selain tamilanya yang bagus, material tersebut juga sangat cocok jika di padukan dengan material bergaya apapun.

Agar kegiatan memasak lebih aman serta menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, cobalah untuk mengaplikasikan material keramik mojaik pada area dpan kompor. Sedangkan, untuk area table top, gunakan material yang berbahan dasar kuat, anti gores, serta mudah di bersihkan seperti bahan material granit, keramik, dan marmer. Untuk area bak cuci, stainless still yang mudah di bersihkan serta anti karat.

Lemari Kabinet Built-in untuk Televisi
Ruang keluarga adalah ruangan yang paling sering di gunakan oleh anggota keluarga untuk melakuakan aktifitas bersama, seperti berkumpul, menonton televisi, dan bersantai. Terlebih, jika pada area ini di dukung dengan berbagai perlengkapan atau furniture, seperti karpet, sofa keluarga,dan televise, tentunya akan membuat susasana ruangan semakin nyaman dan menyenangkan. Agar tampilan ruang keluarga lebih sempurna, anda dpat mengaplikasikan furniture built-in untuk lemari cabinet televise sebagai tempat untuk menyimpan perangakat elektronik.

Fungsi dari lemari kabinet televisi adalah untuk menyimpan peralatan elektronik utama (televise) dan peralatan pelengkap lainya, sepeti pemutar audio, video, dan pengeras suara. Untuk mempermudah penggunaan, letakan kepingan lagu tersebut dekat dengan perangkay tersebut. Karena perangkat pada area ini terbilang sangat banyak, maka sangat cocok jika menggunakan lemari dengan bentuk dan model built-in.

Untuk segi model dan bentuk, anda bebas dalam menentukanya. Hanya saja, yang terpenting dalam membuat lemari built-in ini adalah mengukur dengan benar dan pas perangakat yang nantinya akan di letakan pda furniture tersebut. Misalnya, ukurlah tinggi dan lebar televise dengan benar dan seksama. Dari sana, anada akan tahu seberapa besar area yang di butuhkan untuk menempatkan televise tersebut, begitu juga untuk perangkat penunjanganya.

Kelebihan dan keutungan yang di dapat dengan menggunakan furnitur built-in adalah ruangan Nampak lebih rapi dan tertata dengan baik. Tidak ada lagi kabel-kabel elektronik yang menjuntai keluar. Dengan adanaya furnitur ini, semua peralatan tersebut dapat di tata tersendiri di dalamnya. Untuk menghasilkan kesan lebar dan luas pada ruangan, anda dapat mengganti dinding belakang built-in televis denga material lain seperti kaca.

Kamar Mandi dengan Furnitur Built-in
Akhir-akhir ini, desain area kamar mandi sedang menjadi topik perbincangan di dunia desain interior. Bukan hanya di lihat dari fungsinya saja, namun kenyamanan suasana di dalamnya juga menjadi perhatian tersendiri bagi mereka. Dengan tampilan yang semakin bersih, kompak, serta menawan, membuat kamar mandi menjadi area yang paling banyak diidamkan.

Seperti anda ketahui, kamar mandi yang termasuk dalam kriteria ideal apabila mempunyai dua area, yaitu kamar mandi basah dan kamar mandi kering. Kamar mandi basah adalah area utama bagi pengguna ruangan untuk melakuakan aktivitas di dalamnya. Pancuran atau bathtub, ada dalam area ini. Sementra untuk kamar mandi kering modern , biasanya tidak hanya di lengkapi wastafel dan lemari penyimpanan, namun juga di tambahkan kloset.

Elemen paling penting dalam area kamar mandi adalah wastafel yang sering di gunakan sebagai tempat membilas muka, mencuci tangan, dan menyikat gigi. Sehingga, ada banyak perlengkapan yang anda butuhkan saat berada di depan wastafel. Oleh karena itu, rak-rak penyimpanan perlengkapan mandi dan semacamnya bisa di letakan tidak jauh dari area wastafel.

Akan lebih baik apabila perlengkapam tersebut di letakan dengan posisi menggantung agar tidak terkena cipratan atau genangan air. Atur ketinggian rak yang menggantung tersebut sedemikian sehingga dapat di jangkau tangan anda, misalnya di letakan sejajar dengan kaca. Simpan semua perlengakapan mandi anda, seperti handuk, kosmetik, serta perangkat mandi lainya di dalam rak ini.

Akan lebih menarik lagi apabila wastafel di bungkus dengan meja customized serta di desain sesuai bentuk dan kebutuhan. Selain itu, perhatikan pula saluran pembuangan pada bagian bawah wastafel agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Pada are ini, material yang banyak di minati dan di gunakan adalah material kayu olahan, karaena mampu menghadirkan kesan bersih dan mewah. Namun, bahan seperti semen juga dapat anda jadikan pilihan lain dengan melapisi keramik atau material batu alam sebagai bahan finishing-nya atau di biarkan begitu saja, sehingga tampil alami. Selain itu, anda dapat memanfaatkan kehadiran keramik pada area kamar mandi untuk menghasilkan suasana warna yang lebih nyaman.

Meja Built-in
Meja built-in adalah furnitur yang paling mudah untuk anda pilih. Apalagi dengan semakin bervariasinya model, bentuk, warna, serta bahan yang di tawarkan. Bisa dibilang, setiap ruangan pastinya akan sangat membutuhkan furnitur yang satu ini. Namun, sebelum membelinya, terlebih dahulu anda harus menyesuaikan ukuran furnitur dengan besar dan tema ruangan yang ada.

Selama ini, meja yang paling banyak di pilih dan di gumakan oleh orang-orang adalah jenis meja freestanding table atau meja bongkar pasang. Mengapa pilihan jatuh pada meja tersebut? Sebab, meja ini mempunyai sifat mudah di pindah-pindah saat anda merasa bosan. Namun, di sisi lain, apabila ruangan yang tidak terlalu besar atau terbatas, maka biasanya pilihan akan jatuh pada material furnitur built-in.

Jenis meja freestanding table ini biasanya mempunyai bentuk dan model persegi panjang atau bulat, dengan satu bahkan hingga empat kaki penyangga. Dan, biasanya sepasang laci di letakan pada bagian bawah furnitur sebagai tempat untuk menyimpan barang. Lalu, bagaimana dengan jenis meja built-in? pada furnitur built-in, tempat penyimpanan di buat jauhlebih banyak! Namun, yang perlu anda perhatikan adalah posisinya. Karena furnitur ini “ditanam”, maka peletakanya harus sesuai dengan kebutuhan ruang dan jangan sampai letak furnitur justru menggangu sirkulasi udara dalam ruangan.

Ruang Keluarga dengan Kursi Built-in
Dalam sebuah ruangan, kehadiran meja biasanya selalu di lengkapi pula dengan kursi. Fungsi dari kedua furnitur tersebut memang saling melengkapi antar satu dengan lainya. Namun, hak ini akan berbeda jika anda berbicara tentang kursi yang berada di luar ruangan (taman) yang dapat di hadirkan secara tunggal sebagai tempat untuk bersantai.

Pada umumnya, kursi dengan model built-in hadir di tengah-tengah ruangan dengan alasan yang hampir sama dengan meja. Jenis kursi buatandapat juga anda hadirkan untuk mengoptimalkan sudut-sudut ruangan yang bersifat pasif misalnya, sudut siku ruangan yang biasanya menjadi area mati atau tidak di manfaatkan, akan lebih baik jika di tambahkan ambalan sebagai penutup bagian atasnya sehingga dapat di duduki.

Bukan hanya kursi, anda juga dapat membuaat sofa dengan desain saendiri. Dengan demikian, anda dapat menyesuaikan ukuran sofa agar ruang tidak menjadi lebih sempit dengan kehadiranya.

Furnitur Built-in pada Tempat Tidur
Pada ruangan tidur, baik yang berukuran besar maupun terbatas, furnitur yang paling penting untuk di hadirkan adalah tempat tidur. Jika di lihat sepintas, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana jika furnitur tersebut tidak sesuai dengan ukuran ruang. Oleh karena itu, tempet tidur customized merupakan salah satu solusinya.

Selain tempat tidur, tentunya anda tetap memerlukan tempat penyimpanan dalam kamar. Untuk menyiasati keterbatasan ruang, maka bagian bawah tempat tidur dapat anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Buatlah beberapa laci yang befungsi sebagai tempat untuk menyembunyikan berbagai macam barang yang jarang anda pergunakan. Anda tidak perlu memaksakan untuk membuat laci berukuran sama dengan panjang dan lebar tempat tidur, namun buatlah secukupnya sesuai kebutuhan. Selain itu, sesuaikan tarikanya dengan ukuran tangan anda. sebagai alternatif lain, anda juga dapat menghadirkan tempat tidur tambahan yang diletakan pada bagian bawah tempat tidur utama.

Pada umumnya, furnitur yang satu ini menggunakan material berbahan dasar kayu. Agar tampil indah dan cantik saat di gunakan, maka serasikan warnanya dengan selera pengguna dan tema ruangan yang ada. Selain itu, kembali tebal panel kayu yang anda pilih dan sesuaikan dengan bahan yang akan dipikulnya. Karena di buat khusus, maka anda dapat berkreasi secaar bebas dalam men desain headboard-nya. Atau, anda dapat menghilangkanya jika di butuhkan.

Sumber:http://furniturebandung.com/

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:10
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.