loading...

Tingkatkan Kesuburan Wanita dan Pria Dengan Tanaman Obat, Buah dan Sayur-sayuran

Posted by

Cara Alami Meningkatkan Kesuburan Pasutri dengan Tanaman Obat
Alam Indonesia dikaruniakan Tuhan lengkap dengan segala flora dan fauna yang bermanfaat bagi kehidupan. Berbagai macam tanaman obat, buah-buahan dan sayuran tumbuh subur di negara kita. Banyak manfaat tanaman disekitar kita yang masih belum tergali secara maksimal khasiatnya.

Beberapa tanaman obat, buah dan sayuran ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk menambah kesuburan bagi pria dan wanita dan semoga bermanfaat untuk cepat mendapatkan keturunan bagi yang sudah lama mendambakan momongan.

Berikut ini Beberapa Jenis Tanaman Obat, Buah dan Sayur Untuk Memperbaiki kesuburan Pasutri:

Pegagan

Tanaman Obat Pegagan (Centella asiatica, (Linn), Urb.)
Biasa juga disebut antanan (sunda) dan ditambahkan untuk bahan asinan sayuran. Bahan kimiawi yang terkandung dalam pegagan antara lain: Asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral.

Zat madecassosside mampu merangsang produksi kolagen dalam tubuh serta regenerasi sel telur (ovum) pada perempuan dan sel sperma laki-laki. Tak hanya itu, tanaman ini juga mengandung karoten yang berperan tak hanya sebagai antioksidan tapi juga menjaga mutu sperma dan sel telur. Caranya dengan melindungi dinding sperma dan sel telur dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral mineral seperti kalium, natrium, kalsium, besi dan fosfor dalam pegagan juga penting bagi kesehatan tubuh. Sertakan daun segar ini dalam menu harian sebagai lalapan untuk mendapat hasil maksimal.

Tanaman Kemangi atau Selasih
Selasih atau Kemangi juga dikenal sebagai sayuran yang dapat dimakan segar sebagai lalapan. Tak hanya membantu menghilangkan bau badan dan bau mulut. Kandungan arginine yang ada didalamnya ternyata dapat berfungsi untuk memperkuat daya tahan hidup sperma. Sperma yang memiliki daya tahan hidup bagus sangat diperlukan untuk proses pembuahan sel telur. Sedangkan kandungan boron dalam tanaman ini berperan untuk merangsang hormon estrogen yang sangat berperan dalam sistem reproduksi perempuan.

Kemangi



Tauge atau kecambah
Kacang hijau yang dibuat menjadi kecambah lebih berkhasiat untuk kesuburan dibandingkan anda mengkonsumsinya sebagai bubur atau sup kacang hijau. Kandungan Vit E didalam kecambah akan mendongkrak kesuburan anda.

Bayam Merah
Tanaman Sayur Bayam merah (amaranthus tricolor)

Bayam jenis ini kaya kandungan protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin, dan vitamin (A, B dan C). Bagian tanaman yang digunakan adalah daun dan akar. Jika berat badan kurang, biasanya kesuburan juga ikut terganggu. Nah daun bayam ini bisa jadi andalan juga lho, terutama yang daunnya berwarna merah

Daun bayam merah digunakan untuk pengobatan berkhasiat membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut, tekanan darah rendah dan kurang darah (anemia).

Buah Alpukat (Persea gratissima Gaertn.)
Buah alpokat yang dimakan teratur sebagai campuran dalam salad buah (dipotong-potong) atau dijadikan minuman dapat mengembalikan daur haid anda yang kurang teratur datangnya. Bisa jadi anda sulit mengetahui masa subur akibat menstruasi yang tidak teratur itu kan?. Buah dan daun alpokat mengandung tannin, saponin, alkaloid, flavonoida polifenol.

Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl.)
Untuk terapi pengobatan alami dengan madu dan cabe jawa memiliki beberapa fungsi, khasiat diantaranya dapat mengatasi lemah syahwat, letih, lemah, lesu. Sifat buah cabe jawa dengan rasa pedas, rasa pahit dan hangat memiliki efek utama untuk memperlancar peredaran darah. Penggunaan cabe jawa menurun pengobatan cina merupakan tumbuhan obat yang masuk meridian ginjal, paru-paru dan limpa.

Cara penggunaan ramuan cabe jawa dengan madu untuk mengatasi lemah syahwat, letih, lesu, kurang tenaga, peredaran darah tidak lancar anda dapat menggunakan 5-7 butir biji cabe jawa yang telah kering kemudian rebus dengan 5 gelas air sampai terisa hanya 3 gelas saja. Kemudian minum air rebusan cabe jawa dengan ditambahkan madu asli 1-2 sendok makan/ gelas. Dosis 1ramuan untuk 3X minum 1gelas sekali minum plus madu asli.

Ramuan jamu cabe jawa dengan tambahan madu asli juga memiliki manfaat lain untuk memperkuat sistem pencernaan, penguat lambung, jantung dan paru-paru. Manfaat lain juga dapat atasi masalah batuk dan hidung berlendir. Ibu-ibu yang baru melahirkan bisa memanfaatkan akar kering cabe jawa untuk dipakai membersihkan rahim. Caranya, akar cabe jawa seberat tiga gram ditumbuk halus, dan diseduh air panas. Air tersebut diminum sehari sekali.

Cabe Jawa

Cabe jawa merupakan tumbuhan asli Indonesia, ditanam di pekarangan, ladang, atau tumbuh liar di tempat-tempat yang tanahnya dak lembap dan berpasir. Banyak dipakai dalam ramuan jamu tradisional untuk menguatkan dan menyuburkan rahim. Buah rasanya pedas dan panas, masuk meridian limpa dan lambung. Akar cabe jawa pedas dan hangat rasanya.

Buah Buni

Tanaman Buni (Antidesma bunius (L.) Spreng.)

Buah Buni jika di kota besar termasuk langka, tapi biasanya di tukang rujak sering dijadikan sebagai campuran bumbu rujak Daunnya oleh pembuat jamu disebut mojar, biasa dipakai untuk campuran ramuan jamu kesehatan. Daun muda rasanya sedikit asam, dapat disayur atau dimakan mentah sebagai lalab. Buah muda dirujak dengan buah lain, sedang yang masak dapat dimakan langsung, diekstrak dengan brandi, dibuat selai atau sirop. Khasiat yang diperoleh dari tanaman ini antara lain :dapat mengobati : kurang darah, darah kotor, antihipertensi, jantung berdebar, batuk dan gangguan pencernaan.

Tanaman Jintan Putih (Cuminum cyminum, Linn.)
Jintan putih (cuminum cyminum) dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan untuk memasak. Disamping itu, biji jintan putih juga digunakan sebagai pelengkap ramuan obat-obatan tradisional. Biji jintan putih memiliki aroma yang harum dan menarik. Tanaman Jinten Putih ini dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan pasutri.

Ginseng Jawa / Som Jawa(Talinum paniculatum (jacq.) Gaertn.)
Som jawa ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat, kadang ditemukan tumbuh liar. Akar bersifat manis dan netral yang berkhasiat menguatkan paru, tonikum, dan afrodisiak. Sedangkan daunnya berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Akarnya berkhasiat pula untuk mengobati menstruasi yang tidak teratur, keputihan, dan meningkatkan produksi ASI.

Degan

Buah Degan.
Dikenal sebagai obat penyubur, namun ingat, yang dimaksud degan degan haruslah degan asli, bukan setengah degan setengah kelapa. Manfaat degan bisa memperbanyak sperma.

Tanaman Lempuyang.
Lempuyang atau puyang entah itu lempuyang emprit, lempuyang manis maupun lempuyang gajah, ketiganya telah dikenal oleh sebagian herbalis dan masyarakat Jawa sebagai obat penyubur rahim atau kandungan. Oleh karena itu, tidak jarang pada wanita pria yang sedang mengalami masalah kesuburan disarankan untuk mengkonsumsi lempuyang, terutama lempuyang emprit

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:59
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.