loading...

Tempat Wisata Alam di Sumatera Utara Yang Indah dan Layak Dikunjungi

Posted by

Tujuan Wisata Alam Yang sangat Indah dan Layak dikunjungi di Propinsi Sumatera Utara
Places Nature in North Sumatra Beautiful and Worth Visited

Danau Toba Dengan Pulau Samosirnya Yang Indah dan Khas Batak

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Sumatera Utara tidak singgah di danau Toba dan mengunjungi pulau Samosir. Jadi bukan tanpa alasan jika Danau Toba saya tempatkan pada awal tulisan tempat wisata alam yang layak dikunjungi di Sumut. Danau Toba adalah danau yang paling terkenal di Indonesia karena ukurannya yang besar dan keunikan yang berupa adanya sebuah pulau di tengah Danau Toba.

Dengan panjang sekitar 100 KM dan lebar sektiar 30 KM, Danau Toba adalah danau vulkanik yang terbesar di Asia Tenggara. Danau Toba adalah tempat wisata di Sumatera Utara yang paling terkenal, sehingga tidak perlu kuatir apabila anda ingin menginap di Danau Toba karena di sepanjang tepian Danau Toba banyak terdapat penginapan.

Not complete it if visiting North Sumatra sail on the lake Toba and Samosir island visit. So it was not without reason that Lake Toba I put at the outset natural attractions worth visiting in North Sumatra. Lake Toba is the most famous lake in Indonesia because of its large size and unique form for an island in the middle of Lake Toba.

With a length of about 100 KM and 30 KM wide sektiar, Lake Toba is the largest volcanic lake in Southeast Asia. Lake Toba is a tourist place in North Sumatra's most well-known, so no need to worry if you want to stay in Lake Toba because along the banks of Lake Toba there are many lodging.


Danau Toba


Pulau Samosir
Pulau Samosir adalah pulau yang terletak di tengah Danau Toba yang berada di ketinggian 1,000 meter di atas permukaan laut. Wisatawan dapat menyeberang ke Pulau Samosir dengan menggunakan kapal ferry, atau dengan menggunakan jalur darat. Di Pulau Samosir anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, menikmati wisata sejarah, wisata budaya dan kuliner Batak, sampai dengan mengunjungi permandian air panas.

Wisata Alam Sekaligus Pendakian Gunung, Taman Nasional Gunung Leuser 

Pintu Gerbang Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Jika di Jawa Timur ada Taman Nasional Hutan Baluran dan Taman Nasional Bromo Tengger maka di Sumatera Utara ada Taman Nasional Gunung Leuser. Taman Nasional Gunung Leuser adalah sebuah area pelestarian alam yang berlokasi di 2 Provinsi yaitu Sumatera Utara dan Aceh. Selain berfungsi sebagai area pelestarian alam, Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi tempat wisata alam di Sumatera Utara yang cukup menarik karena keanekaragaman fauna dan floranya. Taman Nasional Gunung Leuser sangat cocok untuk mencari ketenangan dari keseharian suasana kota yang biasa kita rasakan.

If in East Java there Baluran Forest National Park and the National Park Bromo Tengger then in North Sumatra there Gunung Leuser National Park. Mount Leuser National Park is a nature conservation area which is located at 2 North Sumatra province and Aceh. In addition to functioning as a natural conservation area, Gunung Leuser National Park is also home to nature in North Sumatra that is quite interesting because of the diversity of fauna and flora. Mount Leuser National Park is perfect for quiet from the everyday city atmosphere that we usually feel.

Lokasi Wisata Taman Nasional Gunung Leuser Terdiri dari:
  • Gurah. Melihat dan menikmati panorama alam, lembah, sumber air panas, danau, air terjun, pengamatan satwa dan tumbuhan seperti bunga raflesia, orangutan, burung, ular dan kupu-kupu.
  • Bohorok. Tempat kegiatan rehabilitasi orangutan dan wisata alam berupa panorama sungai, bumi perkemahan dan pengamatan burung.
  • Kluet. Bersampan di sungai dan danau, trekking pada hutan pantai dan wisata goa. Daerah ini merupakan habitat harimau Sumatera.
  • Sekundur. Berkemah, wisata goa dan pengamatan satwa.
  • Ketambe dan Suak Belimbing. Penelitian primata dan satwa lain yang dilengkapi rumah peneliti dan perpustakaan.
  • Arung jeram di Sungai Alas. Kegiatan arung jeram dari Gurah-Muara Situlen-Gelombang selama tiga hari.
Gunung Leuser adalah gunung yang memiliki puncak tertinggi (3.404 meter) yang berada di kawasan taman nasional. Jika memiliki stamina prima mungkin pengunjung dapat mendaki hingga ke puncaknya dengan waktu perjalanan 14 hari. Tracking ke puncak Leuser dimulai dari Desa Angusan, sebelah barat Blangkejeren.


Wisata Air di Air Terjun Sipiso-piso

Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso terletak dekat dengan Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso dikelola sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Kata piso berasal dari kata pisau karena derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia.

Wisata Danau di Sumut, Danau Linting 

Danau Linting

Danau Linting memang tidak sepopuler Danau Toba, namun Danau Linting adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik. Danau Linting merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna kehijauan. Apabila anda ingin berenang berhati-hatilah karena Danau Linting yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang memiliki kedalaman lebih dari 100 meter. Harga tiket masuk Danau Linting adalah 5,000 Rupiah.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja 

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara, Salju Panas Dolok Tinggi Raja murupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu bewarna putih sehingga menyerupai salju. Selain itu, di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum terkenal namun sangat menarik untuk dikunjungi, namun perlu diingat bahwa jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang bagus bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

Air Terjun Sigura-gura 

Air Terjun Sigura-gura

Berlokasi di Kabupaten Toba Samosir, Air Terjun Sigura-gura adalah air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 250 meter. Karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba, banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat ini, mereka menyempatkan diri berkunjung ke air terjun tertinggi di Indonesia ini bersamaan dengan mengunjungi Danau Toba. Selain wisatawan dalam negeri, Air Terjun Sigura-gura juga banyak mendapat pengunjung dari luar negeri.

Located in the district of Toba Samosir, Sigura-Gura Falls is the highest waterfall in Indonesia with a height of about 250 meters. Due to its proximity to Lake Toba, many tourists who come to this place, they took a visit to the highest waterfalls in Indonesia coincides with a visit Lake Toba. In addition to domestic tourists, Niagara Sigura-Gura also received a lot of visitors from abroad.

Pantai Lagundri

Pantai Lagundri

Pantai Lagundri adalah pantai yang masih berada dalam 1 garis pantai di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara. Kedua pantai ini sangatlah terkenal di dunia karena ombaknya yang besar dan sangat disukai para peselancar dari berbagai belahan dunia. Bila anda tidak dapat berselancar, tidak perlu kuatir karena di kedua pantai ini banyak terdapat pelatih selancar. Selain itu ada puluhan penginapan di sepanjang pantai sehingga anda tidak perlu kuatir kesulitan mendapat penginapan.

Wisata Air dan Trekking, Tangkahan 

Tangkahan

Tangkahan merupakan kawasan yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Dengan bentuk tanah berbukit, hutan tropis yang rindang, dan suasana yang sejuk, Tangkahan sangatlah cocok untuk pecinta wisata alam. Kegiatan yang dapat anda lakukan di Tangkahan adalah berenang, trekking, menaiki gajah, masuk goa kelelawar, bermain di air terjun, dan lain-lain.

Danau Lau Kawar 

Danau Lau Kawar

Kondisi sebelum gunung Sinabung meletus, Danau Lau Kawar termasuk tempat yang layak dikunjungi, tetapi sejal gunung Sinabung meletus kondisi sekarang sudah jauh berubah karena letusan Sinabung yang panjang dan berbulan-bulan. Danau Lau Kawar terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Dengan airnya yang berwarna biru, Danau Lau Kawar memiliki luas sekitar 200 hektar, lebih kecil dari Danau Toba. Walau lebih kecil dari Danau Toba, Danau Lau Kawar memiliki suasana yang asri dengan banyak pepohonan hijau di kaki gunung sehingga tidak kalah indah dari Danau Toba. Di pinggir Danau Lau Kawar sering terdapat grup yang berkemah, beristirahat saat mendaki Gunung Sinabung. Selain itu kita juga dapat melihat beberapa orang memancing di tengah danau dengan menggunakan perahu kecil.

Cagar Alam Sibolangit 

Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit adalah sebuah kawasan dengan luas sekitar 24 hektar yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang. Memiliki bentuk tanah yang berbukit dan berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, Cagar Alam Sibolangit menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk. Selain untuk wisata alam, Cagar Alam Sibolangit adalah lokasi favorit untuk kegiatan perkemahan pramuka.

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit 

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit mempunyai keunikan tersendiri apabila dibandingkan dengan air terjun lainnya, yaitu air terjun ini memiliki 2 warna. Dengan ketinggian sektiar 100 meter, Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit mempunyai warna putih ke abuan dan biru muda karena kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya. Untuk dapat mencapai lokasi Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, anda akan melewati hutan jadi persiapkan diri anda sebelumnya. Apabila takut tersesat, anda dapat menyewa pemandu jalan.

Waterfall Lake Dwi Color and articles have unique characteristics when compared to the other waterfall, the waterfall has 2 colors. With a height of 100 meters sektiar, Waterfall Lake Dwi Color and articles have white color to gray and light blue for the content of phosphorus and sulfur has. To be able to reach the location of Niagara Telaga Dwi Color and articles, you will pass through the woods so prepare yourself beforehand. If the fear of getting lost, you can hire a guide.

Bukit Lawang 

Bukit Lawang

Bukit Lawang terletak sekitar 80 KM dari kota Medan, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Lauser. Karena berada di kawasan pegunungan yang penuh dengan pepohonan hijau, udara di Bukit Lawang sangatlah sejuk tanpa adanya polusi seperti di kota. Kegiatan yang dapat anda lakukan di sini yaitu trekking, melihat orang utan, tubing, dan lain-lain. Bila ingin menginap tidak perlu kuatir karena ada penginapan di sini.

Bukit Gundaling 

Bukit Gundaling

Bukit Gundaling adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang berlokasi sekitar 60 KM dari kota Medan. Berada di pinggir kota Berastagi, Bukit Gundaling berada di ketinggian lebih dari 1,500 meter di atas permukaan laut. Apabila anda pernah pergi ke tempat wisata di Puncak, anda akan cepat terbiasa dengan suasana di Bukit Gundaling karena suasananya serupa dengan puncak. Yang unik dari Bukit Gundaling adalah kita dapat melihat pemandangan 2 gunung berapi di puncak Bukit Gundaling.

Wisata Air dan Pemandangan Alam, Danau Siombak 

Pemandangan Indah di Danau Siombak


Danau Siombak

Danau Siombak adalah danau seluas kira-kira 40 hektar yang terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan, Sumatera Utara. Danau Siombak adalah lokasi akhir pekan favorit warga Medan, terutama bagi mereka yang ingin bersantai sambil memancing. Selain itu terdapat juga kawasan bermain anak-anak hingga berbagai jenis permainan air sehingga Danau Siombak sangat cocok untuk tempat wisata akhir pekan warga Medan dan sekitarnya. Jarang ada wisatawan asing yang datang ke Danau Siombak.

Berbeda dengan Danau Toba, danau ini bukanlah danau yang terbentuk secara alami, melainkan buatan. Kawasan ini tadinya berupa rawa-rawa. Sekitar tahun 1980, tanah di rawa-rawa ini dikeruk untuk digunakan sebagai penimbun pembuatan jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera). Panjang jalan tol ini mencapai 34 km. Bekas pengerukan tanah tadi menjadi danau, dengan luas sekitar 40 hektar. Danau ini memiliki kedalaman kurang lebih 12 meter, dengan diameter sekitar 1000 meter.

Beberapa Tempat wisata alam diatas sebenarnya masih masuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, jadi tempatnya memang disekitar Taman Nasional tersebut. Lokasi-lokasi tersebut sangat layak dikunjungi jika anda berpetualang ke Taman Nasional Gunung Leuser. Horas Bah !!!

Siombak lake is a lake covering an area of ​​approximately 40 hectares located in the village of Paya Pasir, Medan, North Sumatra. Siombak lake is a favorite weekend location Medan residents, especially for those who want to relax while fishing. In addition there is also a children's play area to the various types of games Siombak lake water so that it is suitable for a weekend tour of Medan and surrounding residents. Rarely foreign tourists who come to Lake Siombak.
In contrast to Lake Toba, the lake is not a lake formed naturally, but rather artificial. This area had been a swamp. Around 1980, the land in swamps is dredged for use as a toll road making hoarders Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera). The length of this highway reaches 34 km. Former dredging the land had become a lake, with an area of ​​approximately 40 hectares. This lake has a depth of approximately 12 meters, with a diameter of about 1000 meters.
Some place nature above is actually still on the Gunung Leuser National Park, so the place is around the National Park. These locations are very well worth a visit if you venture to the Gunung Leuser National Park. Horas Bah !!!

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:28

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.