loading...

Sesuaikan Bagian dan Jenis Daging Sapi dengan Masakan dan Cara Mengolahnya

Posted by

Nama-nama Bagian Daging Sapi Mulai dari Sengkel, Daging Paha, Sirloin, Tenderloin, Lamusir, Paha Depan sampai Daging Punuk.
 
Agar Masakan menjadi lebih nikmat dan daging juga tidak menjadi terlalu alot atau bahkan hancur maka jenis masakan harus disesuaikan dengan jenis daging yang diambil dari tubuh sapi. Banyak sekali jenis daging yang dibedakan perbagiannya pada seekor sapi, tetapi secara garis besar terbagi menjadi dua bagian yaitu primary cut dan secondary cut. Khusus untuk steak, bagian daging terbaik yang paling sering digunakan adalah daging sapi import, karena teksturnya lebih lebut dan empuk. Jenis daging sapi yang biasanya digunakan untuk membuat steak adalah tenderloin, sirloin, rib eye, dan T-Bone. dengan beberapa macam tingkat kematangan (blue rare, rare, medium rare, medium, dan welldone.)

Peta Bagian-bagian Daging Sapi dan Cara Memasaknya dengan Jenis Masakan Yang Paling Sesuai dengan Macam Daging Yang akan Diolah
Pembagian Daging Sapi
Jenis daging sapi lainnya yang juga lezat untuk diolah adalah Wagyu yang berasal dari bahasa Jepang (wa=Jepang, gyu=daging sapi). Wagyu banyak disukai karena juicy, karena sapi-sapinya diberi pakan berkualitas seperti gandum, rumput pilihan dan vitamin. Bagian daging marble-nya adalah bagian terlezat. Anda dapat melihat wahyu bagian marble dengan mengenali guratan-guratan putih dan berlemak di potongan wagyu.

Bagian yang cocok untuk masakan Sate & Gulai
Pilih bagian paha (inside), bentuk dadu kecil, tebal 1-2 cm untuk satai. Bentuk dadu besar, tebal 2-4 cm untuk rendang dan gulai.

Daging yang sesuai untuk diolah menjadi Dendeng & Empal
Pilih bagian paha depan, lalu sayat tipis arah membujur. Setelah itu potong sayatan sesuai ukuran yang dikehendaki8. Untuk empal, rapikan pinggirannya sampai berbentuk balok lalu potong membujur setebal 1 cm.

Daging Untuk Semur
Pilih daging paha dalam dan anda tinggal merapikan pinggiran daging. Agar bagus bentuknya, potong melintang setebal 1-2 cm.

Memasak daging ala Jepang, Sukiyaki
Untuk daging jenis ini, pilihlah daging has luar (sirloin). masukkan daging dalam lemari pendingin sampai cukup keras dan mudah dipotong. Potong tipis dengan pisau tajam melintang serat.

Bagian Daging Sapi yang cocok untuk Tumis
Has dalam cocok untuk masakan sayur yang dicampur daging iris karena cepat empuk. Potong daging agak tebal, melintang serat. lalu potong tipis sehingga diperoleh potongan tipis memanjang.

Cara Mudah dan Sederhana Membersihkan Daging Sapi dan Menyimpannya dengan Benar Agar tidak tercemar Kuman dan Cepat Rusak.

Sebelum daging dipotong untuk berbagai keperluan memasak, bersihkan otot-otot dan lemak yang tidak diinginkan. Jika perlu, cuci dan keringkan dengan tisu dapur atau serbet bersih. Hindari mencuci daging setelah dipotong. Buang lemak-lemak yang menempel pada daging, arahkan mata pisau tajam ke permukaan otot. Setelah dicuci, masukkan ke dalam wadah tertutup, kemudian simpan dalam freezer.
Kemas daging dengan ukuran tertentu cukup untuk sekali masak sehingga daging yang lain tidak sampai ikut keluar masuk freezer saat kita akan memasak daging dan hanya membutuhkan sedikit daging karena daging yang berulang-kali di thawing atau diencerkan akan menjadi cepat rusak dan tercemar kuman meskipun disimpan kembali dalam freezer.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:26
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.