loading...

Seputar Kloset: Cara Mudah Membuat Porselen dan Kloset Kamar Mandi Mengkilap Kembali

Posted by

Kloset Kamar Mandi.  Kloset, seperti juga barang-barang atau perabot rumah yang lain memang memerlukan perawatan agar bisa tahan lama dan juga terlihat bersih dan sehat. Bayangkan berapa rupiah yang harus Anda keluarkan setiap bulannya untuk membeli cairan pembersih kamar mandi. Ternyata, Anda bisa menekan biaya tersebut dengan menggunakan bahan-bahan yang umumnya sudah tersedia di dapur. Gunakan bahan-bahan tersebut untuk menyelesaikan masalah-masalah toilet berikut ini.

Kloset

Membersihkan Kloset dengan Soda Rasa Kola
Jika Anda menemukan noda membandel di kloset, cobalah menggunakan satu kaleng soda rasa kola untuk menghilangkannya. Tuangkan satu kaleng penuh soda tersebut ke dalam kloset. Pastikan dinding-dinding kloset juga terkena soda. Biarkan air soda tersebut melapisi "mangkuk" kloset selama satu jam. Asam yang ada dalam soda kola mampu menguraikan noda tersebut selama satu jam. Setelah itu, gosok kloset dengan sikat khusus dan guyur (flush).

Gunakan Cuka Putih Sebagai Pembersih Kloset
Noda juga bisa terjadi akibat penumpukan mineral pada kloset Anda. Gunakan cuka putih untuk membersihkannya. Rendam kertas tisu pada cuka putih dan letakkan kertas tisu basah tersebut pada permukaan tumpukan mineral. Biarkan kertas tisu tersebut diam di sana sepanjang malam dan guyur keesokan paginya.

Cara Mengatasi Kloset Mampet

Cara yang jauh lebih mudah bisa Anda tempuh untuk menyelesaikan masalah kloset mampet. Anda hanya perlu mendidihkan air dan mengguyurnya langsung pada lubang kloset. Tanpa perlu berbagai bahan kimia berbahaya, masalah Anda bisa diselesaikan.

Menghilangkan Karat Pada Kloset
Selain itu, kloset Anda juga bisa terancam dengan adanya karat pada sekrup yang ada pada dudukan kloset. Untuk menghindari adanya karat, Anda bisa mengaplikasikan pewarna kuku (kuteks) pada permukaan sekrup. Pastikan saja pewarna kuku tersebut sudah kering sebelum Anda menggunakan kloset. Namun, jika karat sudah telanjur "menyerang" kloset, Anda bisa menggunakan batu apung untuk membersihkannya. Pastikan batu apung dan kloset dalam keadaan basah. Bila tidak, kloset yang terbuat dari porselen bisa tergores.

Cara Mengkilapkan Porselen
Jika ingin membuat porselen Anda lebih mengilap, gunakan saja baby oil. Tuangkan beberapa tetes baby oil pada kain bersih, kemudian seka kloset porselen hingga kering dan mengilap.


Cara Mudah  Cek Kloset Bocor

Kloset yang mengalami kebocoran, ternyata, bisa menghabiskan sekitar 3.800 liter air setiap bulannya. Daripada menyesal di kemudian hari, lebih baik Anda mengeceknya terlebih dahulu. Berikut ini cara mudah mengetes ada atau tidak adanya kebocoran pada kloset duduk. Anda hanya butuh menyediakan waktu sekitar 30 menit dan pewarna makanan.

Pertama, buka penutup tangki air dan letakkan di sisi kloset. Setelah itu, teteskan lima atau enam tetes pewarna makanan ke dalam tangki air kloset tersebut. Ketika Anda sudah melihat pewarna makanan mulai menyebar dan mewarnai air yang ada di dalam tangki, tutup kembali tangki. Setelah itu, bukalah penutup atau dudukan kloset agar Anda bisa melihat air yang ada di bagian dasar mangkuk kloset (toilet bowl).
Biarkan selama 30 menit dan jangan mengguyur, apalagi menggunakan kloset tersebut. Jika air yang semula tidak berwarna sudah berubah, maka artinya kloset Anda mengalami kebocoran. Kemungkinan, ada kebocoran kecil yang membuat air dalam tangki terus mengalir pada mangkuk kloset.

Jika hal tersebut terjadi, cobalah membuka kembali penutup tangki. Kini, guyur (flush) kloset Anda. Perhatikan rantai dan kenop antara tangki dan mangkuk kloset. Kemungkinan, rantai di dalam tangki kloset Anda tersangkut. Setelah Anda betulkan posisinya dan kenop mampu kembali pada dudukannya, maka masalah Anda selesai.
Namun, jika penyumbat bagian dasar tangki tidak dapat duduk dengan sempurna, maka Anda perlu mengencangkannya lagi. Gunakan tangan Anda untuk membuatnya kembali pas pada dudukan. Namun, pastikan kenop karet tersebut tidak lembut atau cenderung lembek. Ganti segera jika yang Anda temukan sudah terasa lembut. Ketika mengganti kenop karet, pastikan Anda menghentikan aliran air dengan memutar keran yang ada di belakang kloset. Jangan lupa, nyalakan kembali setelah memasangnya.


Menjaga Bakteri Bermanfaat Pada Kloset

Ada bakteri bermanfaat yang mengurai kotoran pada saluran pembuangan Anda. Untuk itu, simak beberapa hal berikut yang perlu dilakukan:

Jangan menggunakan cairan pembersih kamar mandi secara berlebihan pada kloset Anda. Cara kerja cairan pembersih selain untuk mengangkat noda, juga berfungsi untuk membunuh kuman.

Penggunaan berlebihan cairan pembersih akan membunuh bakteri yang bermanfaat pada saluran pembuangan Anda. Hal ini akan berdampak pada proses penguraian kotoran yang terhambat. Akibatnya, saluran pembuangan Anda akan sering mampat dan penuh. Karenanya, gunakan cairan pembersih seperlunya.

Memanfaatkan Soda Api. Cara lain yang juga jitu bisa dilakukan adalah menjaga bakteri pengurai pada kloset Anda, yaitu soda api. Menggunakan soda api pada kloset setiap seminggu sekali akan melancarkan saluran pembuangan. Pasalnya, soda api dapat merangsang pertumbuhan bakteri pengurai yang terdapat pada saluran pembuangan Anda.Pastikan untuk rutin membersihkan kloset Anda, namun tetap dengan memperhatikan beberapa hal di atas. Rajin membersihkan kloset, kamar mandi Anda pun bersih dan tetap wangi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:14
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.