loading...

Sekolah Peternakan Rakyat Sebagai Upaya Bojonegoro Meningkatkan Populasi Sapi Lokal

Posted by

Pemkab Bojonegoro, Jatim, mentargetkan populasi sapi di daerahnya bertambah 16.000 ekor lebih pada 2014 melalui berbagai usaha di antaranya, mendirikan sekolah peternakan rakyat (SPR) bekerja sama dengan pakar peternakan IPB.

“Pendirian SPR dilakukan di Kecamatan Temayang, Kedungadem dan Kasiman, dengan pertimbangan di masing-masing kecamatan tersedia minimal 1.000 ekor sapi betina dan 100 ekor sapi jantan,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Bojonegoro Subekti, Rabu.

Ia menjelaskan pendirian SPR di tiga kecamatan itu melibatkan ahli peternakan dari IPB yang akan memberikan pelatihan kepada para peternak mengenai mengenai berbagai aspek peternakan.

“Peternak di tiga kecamatan akan memperoleh pelatihan dari ahli peternakan IPB mengenai cara beternak yang baik mulai pembuatan pakan ternak, reproduksi sampai menjaga kesehatan sapi termasuk pemasarannya,” katanya.

Diharapkan, peternak yang tergabung di dalam SPR akan didorong membentuk semacam perusahaan bersama yang berfungsi untuk memasarkan sapi peternak melalui satu pintu.

Tidak hanya itu, katanya, di tiga kecamatan tersebut akan dijadikan pusat sapi unggul yang akan mengeluarkan sertifikat sapi yang dibeli peternak luar.

Ia juga mengatakan para peternak sapi di tiga kecamatan yang masuk dalam SPR akan memperoleh kartu ternak yang berfungsi untuk mendata jumlah sapi milik peternak, sehingga kalau ada sapi yang lahir atau dijual bisa diketahui.

“Pelaksanaan SPR akan berjalan mulai tahun ini. Di kecamatan lainnya nantinya juga akan didirikan SPR, tapi pelaksanaannya bertahap,” jelasnya.

Sesuai data di Dinas Peternakan dan Perikanan setempat, populasi sapi di Bojonegoro 160.037 ekor pada 2013, sehingga dengan adanya berbagai program tersebut akan meningkat menjadi 176.149 ekor pada 2014.

“Meningkatnya populasi sapi tersebut merupakan target, sehingga sapi yang terjual juga mati sudah masuk dalam perhitungan.

Selain program mendirikan SPR, menurut dia, pengembangan populasi sapi juga dilakukan melalui inseminasi buatan (IB) di seluruh wilayah, meningkatkan populasi sapi jenis Ongole yang mudah berkembang di Desa Napis, Kecamatan Tambakrejo.


loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:29
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.