loading...

Resep Tahu Susu, Bahan dan Cara Membuatnya

Posted by

Cara Membuat Tahu Susu Alami, Gurih dan Lezat

BAHAN :
Bahan Dasar
Kacang Kedelai
Susu Sapi Murni (Susu Sapi Segar)
Bawang Putih
Kunyit sebagai bahan pewarna alami untuk Tahu Kuning
Bumbu lainnya

PERALATAN :
Tong Pencucian (Tong Plastik)
Tungku perebusan
Tong Plastik
Saringan Besar dan Kecil
Serok Cetak dari logam
Kayu Pengaduk
Kain Saring.

Cara membuat tahu susu kedelai:

Melalui Tahapan Proses Produksi sebagai berikut :
Proses pembuatan Tahu Susu yang berkualitas baik, dimulai dengan perendaman kacang kedelai selama 4 jam, setelah itu kacang kedelai dicuci sampai bersih lalu dimasukan kedalam mesin penggilingan sedikit demi sedikit. 

Setelah digiling kacang kedelai dimasukan kedalam air mendidih untuk direbus selama kurang lebih 1 jam sambil diaduk - aduk.Setelah di rebus kacang kedelai tersebut di pindahkan kedalam tong kayu untuk dipisahkan antara ampas dan sari kedelai (Susu Kedelai) .

Kemudian Sari Kedelai dicampur susu sapi murni (hmm, kalau diganti dengan Susu Kambing Etawa gimana ya jadinya?), mentega, garam, serta bibit tahu sambil diaduk - aduk sampai tercampur dengan rata dan dibiarkan mengendap.

Endapan sari kedelai di tuangkan kedalam cetakan lalu di press. Setelah di press selama kurang lebih 1 jam kemudian Tahu Susu diangkat dari cetakan.

Selanjutnya Tahu Susu dipotong - potong sesuai ukuran cetakan untuk selanjutnya dimasukan kedalam air yang mendidih yang telah diberi garam dan bawang putih untuk direbus kembali kurang lebih 10 - 15 Menit.

Untuk Tahu Susu Kuning kita beri tambahan kunyit sebagai bahan pewarnanya. Tahu Susu yang telah diberi garam kemudian diangkat dan ditiriskan, setelah dingin Tahu Susu kemudian dikemas dan diolah menjadi aneka makanan bergizi tinggi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:29

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.