Resep Keripik Biji Durian, Bahan-bahan dan Cara Membuatnya

Musim Durian Tiba, Saatnya Mengolah Biji Durian Menjadi Camilan Yang Lezat dan Renyah, Ini Caranya!

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu. Jadi Keripik biji durian adalah makanan ringan berupa irisan tipis-tipis biji durian dan digoreng dalam minyak panas hingga menghasilkan camilan yang renyah dan khas.

Cara Membuat Makanan Unik Keripik Biji Durian Renyah dan Lezat

Bahan-bahan :

1 kg biji durian, masih segar, cuci hingga bersih dan kesat
160 gram kapur sirih

Haluskan :
20 gram bawang putih

CARA MEMBUAT KERIPIK BIJI DURIAN :

Biji durian diiris tipis-tipis dengan menggunakan alat perajang pada ketebalan 1-2 mm sambil ditampung dalam baskom yang berisi air lalu cuci kembali sampai bersih.

Masukkan ke dalam baskom perendaman kapur sirih yang telah diberi air kunyit, diamkan selama 30 menit.

Cuci kembali dan tiriskan.

Campur bumbu halus dengan sedikit air, rendam irisan biji durian selama 5-10 menit supaya bumbu meresap.

Tiriskan lalu goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Keripik biji durian dapat diolah dengan beragam bumbu seperti balado pedas. Kemudian bisa disantap atau disimpan dalam wadah kedap udara atau dikemas dalam plastik yang tertutup rapat dan disimpan pada tempat yang kering.

sumber:http://kewirausahaan06.files.wordpress.com


Tentang Buah Durian, Manfaat dan Bahayanya Jika Berlebihan

Dalam daging durian kalorinya tergolong tinggi. Oleh karena itu, penyantapan durian dibatasi bagi orang dewasa pada umumnya satu porsi daging durian adalah 100-200 gram per satu kali makan. Makan satu porsi durian akan menyediakan 33 persen asupan vitamin C dan 25 persen tiamin yang kita butuhkan setiap hari. Durian juga merupakan sumber vitamin B-6 dan kalium yang baik, mengandung 16 persen B-6 dan 12 persen kalium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Selain itu, manfaat durian bagi tubuh adalah Menurunkan Risiko Depresi, Menjaga Kesehatan Tulang, Menyehatkan Sistem Pencernaan, Menyehatkan Kulit, dan Mengatasi Masalah Migrain. Lebih lengkap kandungan gizi yang cukup beragam, lihat tabel berikut ini.

Tips Cara Mengatasi Bau Durian pada Tangan dan Mulut

  • Bersihkan cekungan kulit durian (kulit bagian dalam yang berwarna putih) dari sisa-sisa daging buah.
  • Tuangkan air minum ke dalam cekungan tersebut.
  • Untuk mengatasi bau durian pada mulut, gunakan air dalam cekungan kulit durian tersebut untuk berkumur.
  • Untuk mengatasi bau durian pada tangan, gunakan air dalam cekungan tersebut untuk cuci tangan sambil menggosok-gosokkan jari-jari tangan pada permukaan cekungan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Peternakan dan Herbal Updated at: 06:27
Copyright@2014-2018. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.