loading...

Pohon Manis Rejo, Daunnya Bermanfaat Untuk Mengobati Demam, Antiradang, Obat Luka, Mencegah Penuaan Dini dan Menambah Stamina

Posted by

Manfaat Buah dan Daun Muda Tanaman Manis Rejo (Cantigi) Untuk Menambah Stamina Tubuh dan Mengobati Demam, Mencegah Penuaan Dini, Sebagai Antiradang, Antivirus dan Analgesik.




Pohon Manis Rejo bermanfaat untuk mengobati demam dengan memanfaatkan buah dan daunnya yang masih muda. Tanaman Manis Rejo atau Cantigi ini juga bermanfaat untuk menambah stamina tubuh. Pohon Manis Rejo merupakan kawan perjalanan para pendaki gunung yang dapat dijadikan cadangan makanan saat kekurangan makanan di gunung karena daun dan buahnya bisa dimakan.

Populasi pohon Cantigi sekarang masih bisa ditemukan di hampir semua gunung di Indonesia. Cantigi merupakan tumbuhan yang tahan terhadap asap belerang dan tanah kawah beracun. Tapi sayang banyak pendaki gunung yang tidak tahu dengan Cantigi. Cantigi masih kalah dengan kepopuleran Edelweis yang di puja dan menjadi legenda bunga abadi di puncak gunung oleh para pendaki.

Pohon Cantigi (Vaccinium Varingiaufolium) memiliki beberapa julukan antara lain, seperti Manis Rejo (Jawa), Cantigi (Sunda), Delima Montak (Kaltim). Pohon yang cantik ini biasanya hidup atau mudah terlihat di vegetasi menjelang puncak atau di puncak gunung, sama dengan wilayah tumbuhnya Edelweis. Cantigi dominan tumbuh di hutan Sub Alpin. Juga ada yang hidup di pantai tetapi lebih terkenal Cantigi gunung.

Pohon Cantigi banyak memberikan bantuan terhadap pendaki, Akarnya yang kuat mencengkeram tanah dan tebing sering menjadi tumpuan atau pegangan pendaki ketika merangkak naik dan turun gunung. Pohon ini pulalah yang melindungi pendaki dari terjangan badai dan juga menyediakan lantai yang nyaman untuk bivak. Tanaman manis rejo ini menghasilkan buah dan pucuk daun yang bisa dimakan bagi pendaki yang tersesat. Cantigi memiliki daya tahan yang hebat, dapat tumbuh di tempat yang tinggi dimana sedikit tersedia akses makanan dan nutrisi. Sehebat apapun badai, Cantigi tak akan tumbang. Kuat mengadapi cuaca yang ekstrim dingin, dan menepis panas yang lekang.

Manfaat Cantigi (Manis Rejo) Bagi Kesehatan

Mencegah Penuaan Dini. Cantigi memiliki kandungan antosianin yang merupakan antioksidan, sehingga bisa membuat awet muda, terutama pada buahnya yang berwarna gelap. Karena sistem kerja daun Cantigi adalah mengeluarkan racun-racun atau toksin, jika tubuh bebas racun membuat aura seseorang terpancar. Dengan cara merebus daun Cantigi, lalu diminum secara rutin maka akan membuat wajah menjadi awet muda dan kencang. Ini berpotensi pada pengembangkan industri farmasi di kemudian hari.

Mengatasi keriput halus. Cara penggunaannya dengan mengambil beberapa daun cantigi, kemudian dicuci hingga bersih dan direbus dengan air sebanyak tiga gelas, hingga mendidih. Lalu didiamkan hingga airnya menjadi hangat, kemudian disaring. Lantas mengoleskan cairan yang bersifat pengelupasan kulit, membuat kulit mati dan menggantinya dengan kulit baru. Sesudah itu, cairan tersebut akan merangsang bantalan kulit untuk tumbuh menjadi lapisan kolagen, sehingga kulit terisi dan terlihat awet muda.

Untuk menyembuhkan luka, bengkak, terbakar, nyeri dan bisul.
Cara penggunaannya dengan menyediakan daun cantigi yang segar, kemudian dikeringkan dan dijadikan bubuk yang dipakai sebagai astringent, lalu tempelkan pada luka. Bahkan diduga akan menjadi obat kangker.

Sebagai obat analgesik, antiradang, spasmolitik, antivirus dan agen hipotensif, serta gangguan lambung. Rebuslah daun cantigi hingga matang, air cantigi akan berubah menjadi warna kemerahan seperti air teh. Rebusan air daun cantigi ini dapat diminum dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, sebaiknya dilakukan sesudah makan, agar tidak menimbulkan masalah pada perut. Jangan khawatir bila terasa pahit, air rebusan ini tidak berbau dan terasa hambar di lidah.

Berkhasiat sebagai obat demam dan penyegar badan. Cantigi dikenal sebagai obat demam dan penyegar badan, serta buahnya bisa menambahkan nutrisi. Sistem kerja daun Cantigi adalah mengeluarkan racun-racun atau toksis tadi, sehingga tubuh bebas racun dan membuat badan menjadi segar.

Nilai Seni Cantigi Sebagai Bonsai Yang Indah

Bonsai Pohon Manis Rejo

Daun tanaman ini berasa sedikit asam dan berserat. Selain untuk tujuan survival, buah dan daun muda Cantigi bisa dimakan untuk menambah stamina serta nutrisi bagi para pendaki. Ada juga yang bilang kalau Cantigi juga berkhasiat sebagai obat demam dan penyegar badan. Bisa dikatakan bahwa Cantigi ini adalah teman akrab para pecinta alam. Tanaman Santigi merupakan tanaman yang bagus buat bonsai, kalian tentu tahu bukan, keunikan dari bonsai santigi adalah kayu yang berserat dan tahan lapuk, bentuknya pun alami disertai bebatuan keras yang membingkai membuat santigi menjadi pujaan para penghobi bonsai tanaman. Para pemburu bakalan bonsai santigipun semakin marak meskipun sulit untuk mendapatkannya dibukit tebing bebatuan, dikarenakan banyaknya peminat dan harganyapun lumayan mahal dibandingkan jenis bonsai yang lain. Tanaman ini harus dijaga kelestariannya, sebagian wilayah telah menetapkan tanaman santigi menjadi tanaman yang dilindungi.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:38
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.