loading...

Manfaat Tanaman Plasa Sebagai Obat Cacingan, Diare dan Gangguan Pada Hati

Posted by

Tanaman Plasa atau Ploso.
Tumbuhan Plasa ditemukan tumbuh secara alami di padang rumput terbuka dan di hutan-hutan campuran. Di Himalaya, pohon ini didapati hingga ketinggian 1.200 m dpl.; sedangkan di Jawa, ploso tumbuh terbatas di daerah kering terutama di bagian timur pulau, hingga ketinggian 1.500 m dpl. Palasa tahan terhadap kekeringan, dan dapat tumbuh baik di tanah-tanah yang bergaram dan tanah yang berdrainase buruk 


Getahnya yang kemerahan akan mengeras di udara menjadi gom, yang dikenal sebagai ‘kino Benggala’ atau ‘gom Butea’. Gom ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pewarna, bahan penyamak, serta sebagai bahan pengelat (astringensia) dalam pengobatan tradisional, misalnya sebagai obat diare.
Dari bunganya yang berwarna menyala dihasilkan bahan pewarna kuning hingga jingga-merah tua; yang dipakai untuk mewarnai bahan sutera dan kadangkala katun. Pewarna ini juga digunakan oleh orang-orang Hindu untuk menandai dahi. Subtansi kimiawi dari pewarna jingga ini dinamai butein.

Gomnya dipakai untuk menghentikan mencret. Bijinya dimanfaatkan sebagai obat cacingan; biji ini memperlihatkan efek antelmintika (anti cacing), bakterisida, serta fungisida. Minyak bijinya digunakan sebagai obat. Daun mudanya yang ditumbuk digunakan untuk mengatasi sengatan kalajengking. Bunganya dipakai untuk mengatasi gangguan pada hati. Akar tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami.

Manfaat Tanaman Ploso Bagi Kesehatan:
  • Obat Batuk
  • Obat Cacingan
  • Gangguan Hati
  • Sebagai Bakterisida
  • Sebagai Fungisida
  • Obat Diare/Mencret
  • Mengatasi Sengatan Kalajengking

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:14
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.