loading...

Manfaat Tanaman Kwalot Atau Buah Makasar Untuk Mengobati Disentri, Malaria dan Masalah Pencernaan

Posted by

Manfaat Tanaman Kwalot / Buah Makasar
Kwalot. Habitat biasanya terdapat pada belukar, di tepi sungai, hutan jati, hutan sekunder muda, dan sebagai tanaman pagar. Tumbuhan ini dapat hidup pada daerah dengan ketinggian 0,5-550 m dpl. Perbanyakan Kwalot berkembang dengan mengunakan biji. Tanaman Kwalot Rasanya pahit dan bersifat dingin, beracun (toksik). Khasiat brucea javanica dapat membersihkan panas dan racun, menghentikan pendarahan (hemostatis), membunuh parasit, abtusebdi dan antimalaria.



Efek Biologi dan Farmakologi Kwalot
Biji : ekstrak biji Brucea javanica efektif sebagai amubisida. Bruseantin dan brusein C berhasil diisolasi dari ekstrak biji yang larut dalam n-butanol, senyawa tersebut aktif terhadap Entamoeba histolytica. Potensi tersebut diperkirakan karena terjadinya penghambatan sintesis protein parasit malaria. Di samping itu ekstrak biji Brucea javanica aktif terhadap Shigella shiga, S.Boydii, Salmonella derby, Salmonella typhi tipe II, Vibrio cholerae inaba, Vibrio cholerae ogawa. Brusatol yang diisolasi dari biji dilaporkan efektif untuk penyembuhan disentri. Dari hasil penelitian in vitro maupun in vivo diketahui bahwa ekstrak buah makasar berefek sebagai antiplasmodia. Secara in vitro diketahui bahwa keberadaan bruseantin berefek positif terhadap Plasmodim falciparum yang resisten terhadap klorokuin. Efek positif ekstrak kwalot ditemukan pula pada Plasmodium berghei secara in vivo pada percobaan dengan mencit.

Berikut Manfaat Tanaman Kwalot atau Buah Makasar Bagi Kesehatan:
Penggunaan Bagian Tanaman Kwalot

  • Biji : secara tradisional pada umumnya digunakan pada pengobatan berbagai penyakit antara lain kanker, disentri, malaria.
  • Akar : digunakan untuk mengobati demam, disentri, batuk, rematik.
  • Daun : digunakan untuk mengobati demam, kudis, bisul, penawar racun lipan
  • Buah : digunakan untuk mengurangi perdarahan, disentri.
  • Seluruh bagian tumbuhan: digunakan dalam peng-obatan demam, kejang perut, disentri.
Kwalot untuk pengobatan disentri amuba :
  • 7-10 buah biji kwalot dibuat infusa dengan 110 ml air; diminum 1 kali sehari 100 ml, diulang selama 12 hari.14)
Untuk pengobatan malaria :
  • Tujuh sampai sepuluh buah biji kwalot, 
  • 7 gram herba meniran, 
  • 1 gram kulit kayu pule dan 
  • 110 ml air, 
  • Caranya dibuat infusa; diminum 1 kali sehari 100 ml; diulang selama 14 hari dan untuk pemeliharaan diminum 1 kali sebulan 100 ml.
Di Kalimantan, biji buah makasar dimakan untuk meringankan masalah pencernaan pada perut. Di Indonesia sendiri, buah makasar dimakan untuk menghentikan pendarahan pada usus. Sedangkan, lumatan buah makasar di masyarakat kampung Gunung Dieng, Wonosobo, diminum seperti kopi.


Perhatian:  
Buah sebaiknya tidak digunakan pada anak-anak, wanita hamil dan wanita yang baru menyusui.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:06
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.