loading...

Manfaat Tanaman Bunga Melati Jepang Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Industri Tekstil

Posted by

Manfaat Jenis Bunga Melati JepangTanaman bunga melati Jepang. Tumbuhan Melati Jepang merupakan jenis tanaman semak, bersifat perdu dan merambat, tinggi batang antara 0,3-2 m, serta memiliki helaian daun berbentuk bulat dengan panjang 2,5-10 cm dan lebar 1,5-6 cm. Tanaman bunga melati Jepang dapat tumbuh mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi.



Agar tumbuh dengan baik, tanaman ini membutuhkan beberapa persyaratan. Di antaranya, tanah yang tidak mudah tergenang air, curah hujan antara 112-119 mm/bulan, kelembaban udara (rH) 50-80%, mempunyai pH tanah 6-7, dan kandungan tanah yang kaya akan bahan organik. Walaupun di negeri asalnya mempunyai empat musim, bunga melati Jepang akan tumbuh lebih cepat di daerah kering dan tersedia cukup panas sinar matahari. 

Selain dikenal luas sebagai tanaman hias, bunga melati Jepang juga mempunyai nilai ekonomis tinggi. Bunga melati jepang digunakan sebagai bahan baku industri kosmetika, minyak wangi, tekstil, dan penyedap teh. Potensi tersebut dikarenakan oleh kandungan minyak atsirinya yang dikenal bermutu baik, meliputi senyawa-senyawa seperti livalylacetat, indol, dan benzyl.

Bunga melati juga bermanfaat dalam terapi-terapi kesehatan, antara lain untuk mengobati penyakit sesak napas, sakit kepala, demam, dan stres. Salah satu produk pengolahan pasca panen bunga melati Jepang adalah minyak jasmin, yang terbagi ke dalam beberapa kategori, yaitu:
  • Minyak melati istimewa, yaitu minyak melati dengan mutu tertinggi yang diekstraksi dari bunga melati dengan menggunakan pelarut eter minyak bumi, biasanya digunakan sebagai bahan baku minyak wangi.
  • Minyak melati biasa, yakni minyak mutu sedang yang diekstraksi dari bunga melati dengan menggunakan pelarut benzole, sebagai bahan baku minyak wangi dengan mutu sedang.
  • Minyak pomade istimewa, yakni minyak yang diperoleh dengan teknik enfleurage bunga melati, sebagai bahan baku minyak rambut.
  • Minyak pomade biasa, yakni minyak yang diekstraksi dari bunga melati bekas enfleurage, sebagai pewangi teknis dengan kualitas rendah hingga sedang. 

Di pasaran minyak bunga melati Jepang dijual bebas dalam dua bentuk, yaitu minyak melati bentuk konsentrat dan absolut. Dalam bentuk konsentrat, minyak bunga melati masih banyak mengandung zat warna, lilin, dan berbagai komponen penyusun minyak atsiri, sedangkan dalam bentuk absolut komponen-komponen tersebut telah mengalami pemisahan lebih lanjut atau telah mengalami pemurnian. Dalam suhu ruang minyak melati konsentratakan berbentuk padat dan tidak larut dalam alkohol.

Sedangkan Manfaat Tanaman Bunga Melati Secara Umum Untuk Pengobatan:
Kandungan kimia dalam bunga dan daunnya seperti indol, benzyl, livalylacetaat, terbukti efektif untuk:

  • Menghentikan ASI yang keluar berlebihan. Caranya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.
  • Sakit mata. Penyakit mata yang ringan seperti mata merah atau belek karena iritasi, bisa diatasi dengan segenggam daun melati. Caranya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.
  • Bengkak akibat serangan lebah. Caranya, ambil 1 genggam bunga melati, remas-remas sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang tersengat lebah.\
  • Demam dan sakit kepala. Ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semua bahan, remas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakannya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.
  • Demam berdarah. Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:28
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.