loading...

Manfaat Serangga Undur-undur Untuk Mengobati Penyakit Diabetes, Asam Urat sampai Darah Tinggi Secara Alami

Posted by

Undur-undur merupakan jenis serangga yang biasa hidup didalam tanah.Undur-undur termasuk hewan yang bermetamorfosis sempurna atau dalam istilah ilmiahnya disebut holometabola. Ciri dari sayap dan mulut undur termasuk serangga yang yang mempunyai sayap jala dan tergolong dalam ordo Neuroptera, setelah menjadi dewasa, undur-undur akan berjalan maju dan akan terbang menyerupai capung.

Undur-undur

Menurut penelitian dari berbagai ahli di Indonesia, undur-undur mempunyai kandungan zat yang berupa Sulfonylurea. Zat sulfonylurea dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam melancarkan sistem kerja pankreas dan memproduksi zat insulin, zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kekebalan. Peran penting insulin dalam tubuh yaitu pada saat insulin di dalam tubuh manusia mengalami penurunan, sedangkan kadar glukosa dalam darah meningkat maka terjadilah ketidakseimbangan pada tubuh manusia, akibatnaya rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

Manfaat Undur-undur untuk Pengobatan

Mengobati Penyakit Diabetes
Undur-undur adalah hewan yang mengandung zat sulfonylurea yang dapat melancarkan sistem kerja pankreas untuk memproduksi hormon insulin, akibatnya kadar gula di dalam darah akan menurun, hal ini sudah diteliti oleh kelompok ilmuan di Indonesia pada tahun 2006 silam. Di Tiongkok, undur-undur dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat penyakit diabetes. Undur-undur diolah menjadi serbuk, kemudian serbuk tersebut dicampurkan ke dalam kapsul herbal, sedangkan di dalam termologi orang awam merupakan pengobatan dukun.

Mengobati Stroke
Penyakit stroke diakibatkan karena di bagian otak mengalami gangguan atau disebabkan karena pecahnya pembuluh pada darah, akibatnya mengalami kelumpuhan, perubahan mental, gangguan emosional dan hilangnya indra perasaan, sehingga undur-undur cocok dalam mengobati penyakit stroke.

Mengobati Rematik dan Asam Urat
Rheumatoid Arthritis atau yang sering dinamakan rematik disebabkan karena kondisi pada saat kekebalan tubuh yang keliru menyerang jaringan sendi-sendi, akibatnya mengalami peradangan pada sendi tersebut dan mengakibatkan pembekakan, kaku, panas dan terasa sakit, hal ini kalau dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan yang permanen, akibatnya pergerakan sendi menjadi terbatas. Peran undur-undur dalam penyakit ini yaitu meningkatkan kekebalan pada tubuh sehingga dapat terhindar dari gejala-gejala yang mengakibatkan rematik.

Untuk Hipertensi / Mengobati Darah Tinggi
Penyakit darah tinggi atau yang sering disebut dengan hipertensi dapat dialami oleh setiap manusia khususnya pada orang yang sudah lanjut usia, hal ini disebabkan oleh naiknya tensi darah pada manusia yang melebihi batas normal, sehingga kehilangan kontrol emosional, dalam hal ini undur-undur dapat membantu mengurangi tensi darah pada manusia.

Mengobati Ashma
Penyakit ashma adalah penyakit yang mana paru-paru mengalami pembekakan dan keterbatasan dalam bernafas, otot dinding pada cabang tenggorokkan menyempit dan menghasilkan banyak lendir pada saluran pernapasan, gejala ashma bermacam-macam dari yang ringan sampai yang berat yang dapat membahayakan nyawa. Penyakit ashma hanya dapat dikontrol dan tidak dapat disembuhkan. Undur-undur dapat membantu untuk memperbaiki paru-paru yang bengkak sehingga dapat membantu dalam mengurangi resiko penyakit ashma.

Mengobati Sakit Kuning
Penyakit kuning terjadi akibat banyaknya penumpukan zat yang berwarna kuning dibagian bilirubin dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin adalah zat yang dihasilkan dari terurainya sel darah merah. Sebelum melewati proses pembuangan oleh tubuh, bilirubin dibawa ke hati dengan melalui aliran darah, kemudian bilirubin bercampur dengan cairan empedu, setelah itu keduanya dibuang melewati saluran pencernaan, inilah yang menyebabkan urin berwana kuning dan tinja berwarna coklat. Pada saat hati tidak sanggup menangani bilirubin yang diproduksi tubuh maka akan mengalami penumpukan bilirubin dan menyebabkan gejala penyakit kuning, hal ini berdampak pada kulit, mata, lapisan lendir yang ada di hidung serta mulut berubah menjadi warna kuning. Undur-undur dampat mencegah terurainya sel darah merah sehingga mencegah terjadinya penyakit kuning.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah
Kolesterol mempunyai peran penting pada tubuh manusia, sebetulnya kolesterol merupakan zat lemak yang disebut dengan lipid. Zat lipid diproduksi oleh hati, akan tetapi dapat juga berasal dari makanan. Apabila kadar lipid pada tubuh terlalu tinggi maka disebut Hiperlipidemia yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia, meskipun kolesterol yang tinggi tidak menimbulkan gejala, akan tetapi dapat membahayakan kesehatan, peran fungsi Undur-undur adalah meminimalisir produksi zat lipid di dalam hati, sehingga tidak mengakibatkan kolesterol yang terlalu tinggi.

Cara Menggunakan Undur-undur sebagai Obat
Cara mengkonsumsi undur-undur yaitu tanpa membersihkan terlebih dahulu dan dimakan secara hidup-hidup, dikarenakan undur-undur yang terkena air akan menghilangkan khasiat atau kandungan yang ada didalamnya. Bulu undur-undur sangat dipercaya dalam menyembuhkan penyakit diabetes. Undur-undur juga tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mati. Di negara Cina undur-undur dikemas didalam kapsul dalam keadaan hidup-hidup, hal ini bertujuan agar pasien tidak merasa jijik untk mengkonsumsinya, selain itu juga ada yang dikonsumsi dengan makanan seperti pizza, daging, kebab dan lain sebagainya.

Undur-undur dapat bertahan hidup ditempat yang terbuka selama dua hari, akan tetapi jika hidup di tanah yang gembur dapat bertahan hidup lama. Makanan yang disukai undur-ndur berupa bubuk roti dan serbuk makanan ringan, hawan jenis ini sangat sulit dicari karena undur-undur hanyak akan hidup dan berkembang biak dimusim panas, sedangkan di musim dingin, larva ini akan berubah wujud menjadi serangga yang dapat terbang menyerupai capung.

METAMORFOSIS UNDUR UNDUR
Metamorfosis pada undur undur adalah metamorfosis sempurna (telur, larva, pupa, dan imago). Undur undur termasuk dalam kelompok hewan holometabola, yaitu kelompok serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Berdasarkan ciri sayap dan mulutnya, undur undur masuk dalam ordo Neuroptera (serangga bersayap jala).

Telur Undur-undur

Telur Undur-undur
Capung undur undur betina biasanya akan meletakkan telur mereka di dalam tanah berpasir halus atau berdebu. Namun, ada juga jenis undur undur yang bertelur pada permukaan daun. Setelah 5 hari, telur akan menetas dan berkembang menjadi larva. Ditandai dengan adanya sarang berupa galian tanah.
Larva Undur-undur
Larva Undur-undur
Telur capung undur undur betina akan menetas menjadi larva yang kita kenal dengan nama undur undur atau doodlebug. Undur undur menghabiskan hampir seluruh hidupnya sebagai larva. Pada tahap ini, undur undur menggali lubang di pasir dan menunggu serangga lain, seperti semut, untuk lewat dan jatuh ke dalamnya. Dengan rahangnya yang besar, undur undur akan menghancurkan tubuh mangsanya hingga cairan tubuhnya keluar dan dihisapnya. Tahap larva berlangsung antara 1 hingga 3 tahun.

Pupa / Kepompong Undur-undur
Pupa Undur-undur
Pupa adalah kepompong pada saat undur undur sudah tidak lagi melakukan kegiatan, pada saat itu juga terjadi penyempurnaan dan pembentukan organ. Adanya gumpalan tanah berbentuk bola merupakan ciri undur undur dalam fase pupa. Proses ini biasanya berlangsung sekitar 3 minggu sampai 1 bulan.

Imago Undur-undur
Imago Undur-undur
Imago adalah fase dewasa atau fase reproduktif undur undur. Imago lebih aktif saat malam (nokturnal). Makanan imago sebagai dewasa adalah nektar. Fokus utama imago undur undur adalah reproduksi. Capung undur undur dewasa dapat kawin hingga 2 jam lamanya. Imago hidup antara 1 bulan hingga 45 hari. Banyak orang yang tidak tahu kalau bentuk fase dewasa undur undur adalah capung. Meskipun demikian bentuk tubuh capung undur undur dengan capung biasa tidak sama.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:36
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.